Apakah Manajemen Waktu itu ?

09.49.00

Hidup di abad kedua puluh satu semakin sibuk. Tidak peduli apakah anda seorang pelajar / mahasiswa, pengusaha, orangtua, atau pramuniaga, waktu adalah komoditas yang berharga – sesuatu yang perlu dikelola dengan baik.

Setiap orang memiliki tenggat yang harus dipenuhi, baik berupa kegiatan yang membosankan seperti menunggu bus agar tidak ketinggalan atau kegiatan penting seperti menyelesaikan tugas sebelum waktu yang ditentukan.

Tekanan waktu selalu kita rasakan. Sayangnya begitu banyak waktu yang terbuang dalam bentuk penundaan, “Saya mau minum kopi dulu sebelum memulai pekerjaan saya”, atau pemborosan waktu yang luar biasa banyaknya seperti terus-menerus memeriksa email sepanjang hari.

Kita sering merasa seolah-olah tidak memiliki cukup banyak waktu untuk menyelesaikan segala sesuatu yang harus dikerjakan. Tetapi apakah itu masalah yang sebenarnya? Atau apakah anda tidak dapat menggunakan waktu secara efektif.

Anda memang tidak dapat memegang waktu di tangan anda dan melihatnya. Tetapi anda dapat melakukan banyak hal dengan waktu anda.

Pikirkanlah sejenak, betapa seringnya anda menggunakan kata waktu dalam kosakata anda sehari-hari? Anda menghemat waktu, anda membuang-buang waktu, dan anda menghabiskan waktu. Anda juga membunuh waktu, mengambil waktu, dan membeli waktu.

Ada banyak referensi lain tentang waktu. Namun seberapa sering anda sungguh-sungguh menyadari menit-menit yang berlalu dan bagaimana anda dapat memanfaatkannya seefektif mungkin?

Mungkin anda merasa bahwa mengelola waktu bukan sesuatu yang dapat anda lakukan. Tetapi mungkin itu merupakan hal paling membangun yang dapat anda lakukan terhadap seluruh waktu yang anda miliki!

Manajemen waktu dapat ditinjau dari berbagai sudut. Sesungguhnya ada banyak teknik untuk mengelola waktu secara efektif. Tetapi ingatlah hal ini, waktu tetap berlalu apa pun yang terjadi.

Secara realistis satu-satunya yang dapat anda kelola adalah bagaimana anda memanfaatkan waktu, bagaimana anda mengelola diri sendiri dengan waktu yang tersedia. Manajemen waktu berbicara tentang meningkatkan efisiensi dan menjadi lebih produktif.

Mengendalikan aset yang paling berharga ini akan memberikan apa yang anda dambakan, yakni lebih banyak waktu! Bukankah itu luar biasa? Lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dalam hidup anda, lebih banyak waktu untuk bersantai. Sehingga itu merupakan sesuatu yang layak dipikirkan.

Pentingnya manajemen waktu yang baik tidak boleh disepelekan. Jika anda dapat mengelola waktu dengan baik, anda akan dapat melakukan lebih banyak hal setiap hari, memiliki lebih banyak waktu luang, mengurangi stres, memiliki kehidupan yang lebih seimbang, dan dapat memenuhi tenggat dengan kekhawatiran yang minimal.

Apakah menurut anda manajemen waktu merupakan hal yang perlu anda lakukan? Apakah anda mendambakan kehidupan yang diwarnai dengan lebih banyak waktu dan lebih sedikit stres? Jika hal-hal tersebut penting bagi anda, maka mungkin inilah saatnya untuk memasukkan sedikit manajemen waktu ke dalam jadwal anda yang ketat.


Posted by : Xraith Bungzhu / Horas Kasih Sirait

You Might Also Like

0 komentar

Followers

Flickr Images