'Secuil' Jaguar Coba 'Beli' Kesetiaan Pelanggan

12.34.00


Jakarta - Indosat kembali memberikan hadiah mobil Jaguar sebagai bagian dari program Poin Plus Plus. Namun, efektifkah program seperti itu untuk menjaga kesetiaan pelanggan?

Direktur Pemasaran Indosat Guntur S. Siboro tidak bisa menjawab tegas pertanyaan yang satu ini. Padahal, biasanya, pria bergelar doktor dari Amrik ini paling lugas dalam menjawab pertanyaan model apapun.

"Memang, kemungkinan pelanggan untuk menang, kecil dan untung-untungan. Tapi kami harap ini cukup untuk meretensi pelanggan. Lagipula, kan, hadiahnya tidak cuma mobil saja, tapi ada hadiah lain seperti pelunasan tagihan," ujarnya dalam obrolan singkat dengan detikINET via ponsel, Selasa (29/4/2008).


Program Poin Plus Plus merupakan salah satu bagian dari program pemasaran Indosat yang kini digelar empat kali dalam setahun. Program apresiasi pelanggan tersebut menyedot dana pemasaran--yang total dianggarkan Indosat sebanyak 5% dari pendapatan (revenue). Kata Guntur, tahun lalu saja (2007), Indosat berhasil meraup revenue Rp 13 triliun.

Artinya, biaya yang disediakan untuk program pemasaran Indosat tahun lalu saja, dengan jumlah pelanggan yang waktu itu baru berkisar 21 juta-an, bisa mencapai Rp 650 miliar. Apalagi tahun 2008 ini dengan proyeksi pelanggan akhir tahun mencapai 30 juta-an. Bisa diperkirakan biaya pemasaran yang dianggarkan bakal melonjak, mengingat tingginya tingkat persaingan di segmen telekomunikasi, khususnya seluler.

Kalau Indosat cuma menyediakan empat mobil Jaguar setiap tahunnya, yang mungkin harga per satuan mobil tersebut maksimal cuma mencapai Rp 1 miliar, bisa dibilang sedikit sekali yang diberikan untuk pelanggan jika dibandingkan keuntungan pendapatan yang diraup Indosat.

"Program ini membuktikan Indosat tidak hanya berupaya menambah jumlah pelanggan namun juga memberi nilai lebih bagi para pelanggan yang sudah ada, khususnya pelanggan yang setia menggunakan produk Indosat sejak dulu," klaim Dirut Indosat Johnny Swandi Sjam. "Kami berharap dengan program ini pelanggan akan mendapatkan manfaat lebih dan semakin setia menggunakan produk kami," imbuh dia melalui rilisnya.

Indosat yang baru saja menerima penghargaan dari Selular Award untuk tiga kategori yaitu The Best CSR Program (Indonesia Belajar), The Best VAS (Matrix) dan The Best Mobile Banking (Matrix), telah menyerahkan mobil Jaguar kepada Dharma Arindra Dangkua, seorang mahasiswa dan pelanggan IM3 dari Surabaya, yang berhasil meraih hadiah utama Program Poin Plus Plus tahap pertama 2008. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Dirut Indosat di Makassar, Sulawesi Selatan

By :
DETIKINET.COM

You Might Also Like

0 komentar

Followers

Flickr Images