Apa itu Kleptomania ?

01.59.00

Penderita klepto adalah orang yang suka mengambil barang orang lain, tanpa mereka mengerti apa manfaatnya. Kadang2 mereka juga tidak sadar tentang apa yang dilakukannya. Pada penderita semacam ini, mereka punya hasrat berlebih untuk mengambil, atau mencuri sesuatu yang kecil dan mungkin tak berharga.

Kepuasan yang dicapai oleh kleptoman [pengidap klepto] bukan pada nilai ekonomis barang yang mungkin sangat kecil itu, tapi pada keberhasilan mengambil barang yang membuat dia ngiler untuk melampiaskan hasrat kleptonya.

Tapi sekarang, pengertian “barang kecil” mulai berubah. Menurut saya “barang kecil” itu termasuk pengertian untuk barang-barang yang memang secara harafiah punya ukuran kecil seperti ponsel, PDA, iPod, flashdisk, camera digital pocket dan lain lain, tapi punya nilai ekonomis yang lumayan membuat kita bersedih kalau sampai kehilangan itu.


Banyak anggapan yang mengatakan, klepto hanya dipengaruhi kebiasaan. Tapi kita harus tahu, pasti ada permasalahan yang membuat mereka mulai bertindak seperti ini.

Pada awalnya, mereka yang bertindak sebagai klepto akan dijauhi oleh teman-temannya. Tapi jika ini tetap berlanjut, keadaan mental pelaku klepto ini akan terpuruk. Untuk karena itu cobalah berusaha memberikan pengertian terhadap teman tsb.

masalah ini bisa diselesaikan dengan memberikan pengarahan serta nasehat terhadap pelakunya. Tentu saja terlebih dahulu kita harus mengetahui siapa pelakunya. Koordinasi dengan wali murid juga sangat penting. Dengan pengarahan dua arah yang dilakukan oleh orang tua dan guru. Setidaknya tindakan klepto lebih bisa terkontrol. Dan tentunya, perlu dukungan juga dari teman2nya..

klepto bisa saja dilakukan karena anak mengalami tekanan mental dan konflik batin. Yang harus dihindari oleh orangtua adalah mendidik anak yang klepto dengan cara kekerasan. Bisa jadi dengan cara kekerasan, kepribadian anak mereka akan semakin memburuk. Cara lemah lembut serta memberikan kasih sayang lebih efektif untuk menanggulangi masalah ini.

Pelaku klepto bukanlah hal yang begitu buruk untuk dijauhi. Mereka melakukan hal demikian karena memiliki permasalahan yang tidak bisa ditanggulangi dengan baik. Untuk itu, berikanlah mereka pengertian. Buatlah mereka sadar bahwa persahabatan itu adalah yang terbaik. Jika kita mengetahui mereka terlibat masalah yang besar, berusahalah untuk membantu. Bantuan itu tidak harus berupa materi, saran dan perhatian sudah cukup menghindarkan mereka dari tindakan-tindakan buruk.

Semoga Bermanfaat

tetap Istiqomah & sabar ya....

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.

_________________
Ya Allah Ya Robb, kuingin terjaganya keimanan dlm hati ini slalu, jgn palingkan hati ini pd yg lain

You Might Also Like

0 komentar

Followers

Flickr Images