10 Langkah Memulai Bisnis Baru

15.04.00

Berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai bisnis baru :

Membuat daftar pekerjaan
Anda dapat membuat list pekerjaan atau bisnis yang ingin Anda lakukan agar dapat memandu Anda dala merintis bisnis. Tempelkan di tempat yang selalu terlihat oleh Anda, dan beri warna yang mencolok agar Anda bisa dengan cepat melihatnya.

Ambil tindakan
Segera ambil tindakan jika Anda sudah mengetahui bisnis apa yang akan Anda lakukan. Tidak menyerah walaupun harus jatuh bangun, atau hanya sedikit melangkah, tak perlu takut ataupun ragu-ragu. Cukup realisasikan dan focus terhadap semua keinginan bisnis Anda.

Cari klien
Berusahalah untuk mendapatkan klien pertama untuk memulai bisnis Anda. Dengan begitu, akan membuat Anda semakin mantap dan percaya diri dalam berbisnis, jika Anda sudah mendapatkan klien, dan Anda harus tetap merawat dan memberi kepuasan layanan kepada klien Anda.

Tidak ada yang sempurna
Setiap bisnis pasti ada rintangan dan masalah, namun semua itu sangat wajar, karena memang tidak ada yang sempurna, tanpa cacat. Untuk itu, diperlukan kesabaran dan ketekunan ketika menjalankan bisnis.

Pilih pegawai pekerja keras
Ketika memulai bisnis baru, carilah pegawai atau karyawan yang pekerja keras dan masih bersemangat, karena hal ini akan memacu kinerja bisnis Anda dan menciptakan lingkungan kerja yang penuh gairah.

Berlakulah sebagai pebisnis
Yakinkan diri Anda bahwa Anda sedang menjalankan bisnis, bukan hanya sebuah bisnis. Anda dapat mengatakan, “Ini bisnis saya”, bukan malah, “Saya sedang memulai bisnis”. Anda juga perlu mengganti kata atau bahasa dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu mengkondisikan Anda dalam dunia bisnis.

Hargai diri sendiri
Setidaknya satu minggu sekali, coba tanyakan pada diri Anda, apakah Anda telah melakukan sesuatu yang layak untuk dihargai, yang dapat berpengaruh terhadap bisnis Anda. Anda juga tidak perlu sungkan untuk merayakan sesuatu yang berharga yang sudah Anda lakukan.

Berjalan tetap pada komitmen
Anda bisa mencari rekan bisnis, organisasi atau pengusaha lain yang secara langsung atau tak langsung bisa mengawasi bisnis Anda. Hal ini akan membuat Anda bertanggung jawab dalam setiap langkah bisnis yang Anda bangun, sehingga tidak akan keluar dari komitmen awal jalur bisnis Anda.

Selalu up-to-date
Hal terpenting adalah melakukan sesuatu untuk bisnis Anda, dan untuk itulah Anda tidak perlu terpaku atau kaku terhadap satu waktu, karena bisnis akan berhasil jika Anda peka terhadap perkembangan zaman.

Keluarlah dari ‘zona aman’
Jika bisnis Anda sudah mulai berjalan, maka cobalah untuk keluar dari ‘zona aman’. Tak perlu takut menghadapi resiko sepahit apapun, dan Anda bisa menyegarkan semangat berbisnis Anda dengan menciptakan mimpi dan tujuan hidup yang baru, seperti ketika Anda mulai merintis bisnis baru Anda.

Source :
BeritaNET

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wah, brarti kalo mo bisnis mau tidak mau ke-10 langkah itu harus dijalani yah? Hmmm, belajar, belajar...

    Btw, thanks, Bro...

    BalasHapus

Followers

Flickr Images