Hati-Hati, Google Maps Bisa Deteksi Lokasi Lewat Komputer

21.33.00

Ternyata dengan menggunakan komputer rumah, Google pun bisa mendeteksi lokasi pengguna komputer. Pengguna Google Maps dapat menggunakan layanan tersebut melalui komputer dan menemukan lokasi mereka seperti yang pernah diaplikasikan di mobile phone. Google telah meng-update Google Maps, termasuk label icon baru bernama My Location, yang dapat melakukan pinpoin koordinat user di Google Maps.

“Ketika user mengunjungi Google Maps dengan support browser, maka user akan melihat tombol My Location di sudut kiri Google Maps. Dengan mengklik tombol tersebut, maka akan langsung memetakan perkiraan lokasi user. Jika lokasi dirasa cukup akurat, maka kemudian akan tertampil warna lingkungan biru, seperti Google Maps di ponsel.“ ungkap engineer software Steve Block dan Noam Ben Haim dalam posting blog Google Maps (google-latlong.blogspot.com). Klik tombol My Location untuk kedua kalinya maka dot yang mendesain lokasi pengguna akan seketika hilang.

Block dan Ben Haim stress ketika Google mengambil alih privacy user secara serius, tidak heran jika banyak kritik bermunculan karena Google dianggap mengancam privacy user. Namun, Google menegaskan bahwa mereka tidak akan menggunakan lokasi user tanpa izin user. Google Maps memang akan merekam lokasi user, baik interasi online dengan Google atau dengan website lainnya yang akan menampilkan alamat IP user.

Google Maps menggunakan API W3C Geolocation, yang support di Firefox 3.5 dan Google Chrome 2.0 dan browser lainnya dengan bantuan plugin Gears. API Geolocation ini akan mengkalkulasikan lokasi user menggunakan informasi yang diterima access point Wi-Fi terdekat. Jika informasi tersebut tidak ada, maka akan mereferensikan ke informasi alamat IP user, yang lebih akurat.

SOURCE

You Might Also Like

0 komentar

Followers

Flickr Images