Hati – Hati berPesbuk Ria di Warnet..!!

13.01.00

Pagi tadi, seorang Senior bahkan guru saya mengirimi saya pesan lewat facebook yang intinya minta sedikit penjelasa kenapa beberapa hari terakhir ini facebook beliau ngirim pesan sendiri ke orang yang tidak di kenal bahkan tidak menjadi teman di facebooknya dengan kata – kata kasar dan yang tidak sepantasnya di ucapkan.

Beliau bertanya, Apakah kemungkinan facebook saya jadi korban phising..?? Apa facebook saya terkena virus…?? Atau apa mungkin ada orang yang tau password saya …??

Kalau saya sendiri menjawab bahwa saya lebih condong ke ada orang yang mengetahui password selain beliau.


Kenapa…??

Yang pertama, sangat tipis kemungkinan akan terjadi phising di daerah yang biasa – biasa saja (menurut saya), apalagi bukan siapa-siapa. Dan juga teman di facebooknya tidak ada yang eksis. Hallagh….

Yang kedua, Facebook ada virus bernama koobface namun sepanjang riset yang saya lakukan ternyata koobface tidak pernah mengirimkan pesan dan comment kepada siapapun kecuali hanya merusak system dalam computer. Jadi facebook juga bisa merusak system lewat aplikasi yang tidak dikenal.

Kenapa saya lebih condong ke yang ketiga..?? ya iya, itu pasti. Secara beliau kan mengakses facebooknya lewat computer yang ada di warnet milik beliau yang siapa saja kapan saja bisa di gunakan oleh orang lain. Dan apalagi di warnet beliau tidak menggunakan Deep Freeze.

Itulah resiko membuka akun di tempat umum yang seharusnya PRIVASI tapi malah jadi santapan yang paling enak.

Saran saya, ketika anda membuka facebook atau bahkan situs lainnya yang menjadi privasi anda usahakan jangan menggunakan http://facebook.com tapi dengan http://www.facebook.com. Kenapa..??? karena halaman login seperti http://facebook.com tidak terenkripsi, tapi karena form login facebook ini ada di dalam sebuah frame, banyak orang yang tidak mengetahui jika form login yang seperti ini terenkripsi atau tidak.

Kemudian, yang harus di waspadai adalah, apakah si komputer yang kita gunakan di warnet itu terdapat WORM dan Keylogger di dalamnya yang dapat menyimpan password anda tanpa anda ketahui.

Seperti yang pernah saya coba, ternyata versi mobile di komputer lebih enak di gunakan, karena akan terasa lebih bahkan sangat ringan. Karena tidak ada flash dan segala macam yang membuat komputer yang kita gunakan menjadi berat.. Aksesnya di http://m.facebook.com.

Dan selanjutnya, setelah menggunakan facebook atau akun lainnya pastikan sudah me-log out akun anda. Selepas itu jangan merasa sudah aman, karena masih banyak celah yang bisa di manfaatkan oleh dedemit maya untuk ngoprek akun anda.

Terrruuss apa donk yang harus saya lakukan..???

Bersihkan Private data dalam browser yang anda gunakan, saya contohkan untuk Mozilla Firefoz aja, karena saya rasa sudah banyak orang yang menggunakan, caranya klik Menu Tools di jendela Firefox, kemudian pilih Clear Private Data dan akan muncul sebuah kotak dialog, anda checklist semua yang ada disana dan selanjutnya klik CLEAR PRIVATE DATA NOW..!!!


Sekian dan Terima Kasih…
Selamat Mencoba Teman…..

You Might Also Like

0 komentar

Followers

Flickr Images