Perbedaan Yang Indah

22.00.00

Besok saya belum memulai puasa. Tadi saya mengikuti Sidang Istbat hingga diketuk palu dan menetapkan Sabtu, 21 Juli sebagai awal Ramadhan. Namun, dalam berita di media onlie dan TV-TV sudah ada beberapa Ormas Islam yang sudah menentukan awal ramadhan. Seperti Muhammadiyah yang menetapkan Besok Jum’at, 20 Juli 2012 sebagai awal 1 Ramadhan, lalu ada Jamaah Naqsabandiyah di Sumatera Barat telah berpuasa Ramadan sejak Rabu, 18 Juli 2012.

Terus kenapa ya bisa berbeda? Padahal kan kita sama-sama beragama Islam ya? Ya karena penentuan awal Ramadhan memiliki dasar hukum dan cara tersendiri sehingga wajar bila hasilnya juga berbeda. Metode yang digunakan antara lain Hisab (menghitung), Rukyatul Hilal Lokal, Rukyatul Hilal Global. Ketiga sama-sama benar untuk digunakan. Namun jika bicara mana yang lebih benar dari yang benar, saya ikutin yang bilang Rukyatul Hilal Global yang lebih benar. Ini lebih mempersatukan.

Meski 1 Ramadhan berbeda, itu bukan masalah berat. Mungkin bagi kebanyakan warga Indonesia sepertinya bingung, bingung harus mengikuti yang mana. Khawatir malah memulai puasa pada 2 ramadhan dan malah masih puasa di 1 Syawal.


Jika mungkin posisi kita sebagai warga biasa yang tidak tahu dasar hukum dan metode untuk menentukan awal ramadhan itu, ya silakan mengikuti keputusan yang paling anda yakini. Mana saja pasti benar agar perbedaan itu terlihat indah.

Namun, Kapan pun 1 Ramadhan, saya rasa kita harus saling menghormati satu sama lain sesama islam dengan tidak menjadikan perbedaan sebagai bahan perpecahan. Namun saran saya, Keputusan pemerintah lewat sidang istbat itu menggunakan metode Rukyatul Hilal Global, yang mana banyak negara memutuskan 1 Ramadhan jatuh pada Sabtu, 21 Juli 2012 lebih benar untuk kita ikuti.

Saya secara pribadi mengucapkan Selamat Menjalan Ibadah Puasa Ramadhan 1433H bagi yang menjalankan, semoga puasanya lancar ga pake bolong.
Jangan banyakin nonton tivi mulai adzan subuh sampe adzan maghrib, karena sudah dipastikan akan banyak iklan sirup dan makanan berbuka puasa. Hati-hati kalau lewat warung banyak jin aneh. Yang biasanya kita temuin Jin adanya kepala doang ini sebulan penuh Jin-nya Cuma kaki doang. He he

Banyakin berbagi, banyakin ibadah, banyakin cari ilmu. Semoga manfaat. Amiin.

post signature

You Might Also Like

5 komentar

Followers

Flickr Images