latest Post

7 Hal Penyebab Depresi

Realitas kehidupan kini semakin kejam, banyak orang mengalami depresi. Depresi diartikan sebagai sebuah kondisi batin yang tertekan dalam waktu panjang dan dapat mengakibatkan hilangnya harapan hidup, makna hidup, dan kepercayaan diri. Mungkin Anda yang mengalami depresi ingin menghilangkan rasa depresi Anda, namun tak jarang malah justru memperparah kondisi Anda sendiri. Berikut beberapa penyebab depresi :

Mencari saran atau tips mengatasi depresi. Tip dari buku atau dari orang lain itu sangat dibutuhkan tetapi posisinya untuk membantu, bukan penentu, dan malah mengandalkannya. Saran akan berguna ketika Anda dalam keadaan sedang berusaha untuk mengatasi depresi dan tidak berguna kalau hanya duduk dan diam saja.

Menyalahkan orang atau keadaan. Mungkin saja yang membuat Anda depresi adalah dunia atau orang lain yang kejam. Namun, akan sangat berbahaya apabila Anda justru hanya mengutuk dunia dan mengutuk orang lain. Anda setidaknya harus memiliki inisiatif untuk menghilangkan hal tersebut.

Menganut paham perfeksionis yang tidak rasional. Konon yang menghambat upaya recovery adalah seseorang yang berpikir bahwa dia akan bebas dari depresi langsung seketika. Padahal mengatasi depresi butuh proses yang berkelanjutan, dan jika Anda menolak proses itu bukan malah cepat tetapi malah semakin lama.

Membiarkan merasuknya pikiran negative. Misalnya, saya muak melihat diri saya, saya sudah tidak punya apa-apa lagi, hidup saya sudah hancur, dan sebagainya. Jika hal ini terus berlanjut maka akan mempersulit upaya penyembuhannya.

Skeptis atau tidak percaya terhadap saran atau pendapat orang lain. Menutup diri, atau melecehkan semua orang atau menjauhi orang malah akan membuat diri semakin depresi.

Rutinitas yang terlalu taat. Ini juga bisa membuat depresi itu makin mendalam. Ada saran agar kita membagi aktivitas menjadi tiga: a) aktivitas positif yang wajib, b) aktivitas yang untuk fun atau pleasurable, dan c) aktivitas yang untuk menabur kebajikan pada orang lain seperti membantu atau menyambung hubungan.

Menolak realitas dengan cara yang merugikan. Jika menolak realita dengan cara yang salah, maka malah membuat depresi makin parah. Namun bila diterima dengan pasrah juga tidak menyembuhkan. Hal yang mestinya dilakukan adalah menerima untuk memperbaiki karena penderitaan yang tidak diikuti dengan perbaikan dapat menjadi trauma yang abadi.

Source :
BeritaNet.com

About Bungzhu Zyraith

Bungzhu Zyraith
Recommended Posts × +

1 komentar:

  1. ikutan kompetisi saya aja..pasti stressnya ilang

    BalasHapus