Memilih Tujuan yang Tepat

19.43.00

Dengan menentukan tujuan, dan mengukur pencapaiannya, anda akan dapat melihat apa yang telah anda kerjakan dan apa kemampuan anda. Proses mencapai tujuan dan melihat pencapaiannya memberi anda rasa percaya diri dan keyakinan terhadap diri sendiri bahwa anda dapat mencapai tujuan-tujuan yang lebih tinggi dan lebih sulit. Asalkan anda memiliki disiplin diri untuk memperjuangkannya, penentuan tujuan itu relatif mudah. Bagian berikut tentang penentuan tujuan akan memberi anda pedoman yang efektif untuk membantu anda menggunakan teknik ini secara efektif.

Menentukan tujuan itu sendiri bukanlah satu-satunya persoalan yang harus anda hadapi. Kadang-kadang memilih tujuan yang tepat sebagai permulaan lebih sulit. Pada dasarnya, anda dapat memilih untuk mengejar tujuan apa saja yang anda rasa perlu bagi kesehatan, kestabilan, dan kebahagiaan anda.

Penentuan tujuan tidak lain adalah proses formal untuk perencanaan pribadi. Dengan menentukan tujuan secara teratur, anda memutuskan apa yang ingin anda capai, kemudian bergerak selangkah demi selangkah ke arah pencapaian tujuan tersebut. Proses menentukan tujuan dan sasaran memungkinkan anda untuk memilih ke mana anda ingin pergi dalam hidup anda. Dengan mengetahui secara tepat apa yang ingin anda capai, anda tahu dalam hal apa anda harus berkonsentrasi. Anda juga tahu apa yang hanya sekadar pengalih perhatian anda.

Penentuan tujuan adalah teknik standar yang digunakan oleh para atlet profesional, pengusaha yang berhasil, dan orang-orang yang berprestasi dalam segala bidang.

Penentuan tujuan akan memberi anda visi jangka panjang dan memberi anda motivasi jangka pendek. Penentuan tujuan membantu anda untuk memfokuskan perhatian dan pengetahuan anda, sehingga anda dapat mengelola sumber daya anda. Dengan menentukan tujuan yang tepat dan terdefinisi dengan jelas, anda dapat mengukur dan berbangga atas pencapaian tujuan tersebut. Anda dapat melihat kemajuan anda atas apa yang sebelumnya mungkin tampak sebagai upaya yang tidak ada manfaatnya.

Dengan menentukan tujuan, anda akan meningkatkan rasa percaya diri anda, karena anda mengenal kemampuan anda untuk mencapai tujuan yang telah anda tentukan. Proses mencapai tujuan dan melihat pencapaiannya memberi anda rasa percaya diri bahwa anda akan dapat mencapai tujuan-tujuan yang lebih tinggi dan lebih sulit di kemudian hari.

Tujuan ditentukan pada berbagai tingkat yang berbeda. Pertama-tama, anda memutuskan apa yang ingin anda lakukan dalam hidup anda dan apa tujuan skala besar yang ingin anda capai. Selanjutnya, anda membagi tujuan skala besar tersebut menjadi tujuan-tujuan lebih kecil yang harus anda capai sehingga anda dapat mencapai seluruh tujuan hidup anda.

Akhirnya, setelah anda memiliki rencana, anda mulai berusaha untuk mencapainya Dengan membuat sejumlah rencana anda dapat membagi tujuan hidup yang terbesar sekalipun menjadi sejumlah tugas kecil yang harus anda kerjakan setiap hari untuk mencapai tujuan hidup anda. Langkah pertama dalam menentukan tujuan pribadi adalah memikirkan apa yang ingin anda capai dalam hidup anda, karena menentukan tujuan hidup akan memberi anda perspektif menyeluruh yang membentuk semua aspek lain dalam proses pengambilan keputusan anda untuk membantu memberi anda pandangan yang luas dan seimbang atas semua hal penting dalam hidup anda, cobalah untuk menentukan tujuan berdasarkan kategori.

Setelah anda membagi tujuan anda berdasarkan kategori, anda harus menentukan prioritas jika anda ingin berhasil. SEMOGA...!!!

post signature

You Might Also Like

4 komentar

  1. mas tukeran link yuk mas,,,

    pgen dpt pr ne,,

    kch tw saya mas low udh di backlink,,
    mkch,,,
    mari berteman,,,

    BalasHapus
  2. selama ini saya ibarat kapal yang terjebak di tengah lautan tak tahu arah... tapi setelah membaca tulisan sahabat .. saya jadi seperti menemukan sebuah kompas.. terima kasih... salam kenal dari blogger-bloggeran (bukan blogger betulan) hehe.. kalau ada waktu ditunggu kunjung baliknya terima kasih.

    BalasHapus
  3. Saya setuju mas... Kita harus betul-betul menentukan tujuam dengan tepat dengan perencanaan yang matang

    BalasHapus
  4. yuk...
    mari menentukan tujuan kita dengan tepat

    BalasHapus

Followers

Flickr Images