Cara Atasi Stress di Kantor

23.36.00

Pagi berangkat ke kantor, sore pulang ke rumah. Hal itulah yang menjadi rutinitas para pekerja kantoran selama seminggu penuh. Apalagi kalau setiap hari menghadapi rutinitas kantor yang cukup melelahkan. Akhirnya rasa stress pun lama – lama akan datang sendiri tanpa diundang, jiah kaya jelangkung ajah. Ada beberapa kiat yang mungkin dapat mengatasi kejenuhan dan bahkan stress dikantor dengan tepat. Mau ngikut? Yuk akh lanjut.

Pertama, jika mulai merasa stress, sebaiknya lakukan sedikit peregangan tubuh, sesibuk-sibuknya rutinitas dikantor jangan biarkan tubuh terlalu kelelahan akibat terlalu banyak duduk dan berpikir, saat merasa lelah, lakukan peregangan tubuh dengan melakukan stretching ringan di tempat. Tau stretching kan? Ya Peregangan.

Caranya, regangkan kedua tangan atau gerakkan kepala ke kiri dan kekanan, lalu keatas dan kebawah yang penting asal jangan sampai dilepas kepalanya. Kemudian, kira-kira setiap dua jam sekali, keluar sejenak dari rungan untuk menghirup udara yang lebih segar. Saya banget nih. Jika anda merokok, dengan merokok mungkin keluar ruangan akan sedikit membantu walau ini sangat tidak baik buat kesehatan.

Kedua, manfaatkan waktu istirahat makan siang. Setelah setengah hari bekerja, tentu akan merasa suntuk, lapar juga tentunya. Tanpa disadari, rasa lapar dapat memicu tingkat stress seseorang. Pulihkan kondisi pada jam istirahat, sambil menyegarkan pikiran dengan berkumpul bersama rekan kerja atau mungkin kalau punya sahabat dikantor.

Bicarakan hal-hal yang ringan dan dengarkan cerita-cerita humor dari mereka. Jangan terlalu serius, nanti boros muka loh, umur muda tampang udah tua. Bersantai seperti ini terbukti ampuh untuk mengembalikan kesegaran pikiran. Jangan lupa, saya sarankan untuk tidak membahas masalah pekerjaan ketika makan siang, biar stress tidak muncul kembali. Gimana?

Ketiga, manfaatkan waktu libur untuk menyenyapkan segala beban pekerjaan dikantor. Olahraga, masak mungkin buat karyawan emak-emak, ngurusin tamanan hias dirumah juga boleh, atau tidur juga merupakan cara untuk mengisi waktu libur. Ya seperti saya ini :D

Jangan gunakan waktu libur untuk hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Nikmati dan manfaatkan waktu libur sebelum menyambut kembali hari-hari sibuk dikantor.

Keempat, bagi banyak orang musik juga terbukti ampuh untuk mengatasi stress. Jika anda termasuk salah satu penikmat music, dengarkanlah musik dari computer. Pilih lagu sesuai selera musik anda, sambil bekerja, sambil bersenandung, selama suara anda tidak mengusik rekan kerja yang lain juga dapat mengurangi rasa stress. Tapi mungkin saja, fasilitas komputer yang bisa nyetel musik tidak ada disemua kantor, ya kalau ga ada pakai HP boleh juga.

Kelima, usahakan untuk selalu berpikir positif. Terkadang rasa stress itu dapay berasal dari pikiran negative kita sendiri. Coba deh berpikir segala sesuatu dengan positif agar terhindar dari stress. Lagipula, jika bias menghindari stress hidup akan terasa lebih indah dan damai bukan? :)

post signature

You Might Also Like

4 komentar

  1. saya stress kalo mensyen anda aneh2....
    hahahhaa...

    BalasHapus
  2. Sayapun jika tidak melihat comment nt di blog saya, bru tau klo ini blognya :D :D

    BalasHapus
  3. Sayapun jika tidak melihat comment nt di blog saya, bru tau klo ini blognya :D :D

    BalasHapus
  4. @Emot : bahhh... bukannya anda juga aneh ya?

    @Wawan : hahahaha... thanks sudah berkunjung balik bro

    BalasHapus

Followers

Flickr Images