Selamat Natal, Masalahnya Apa?

18.31.00


Saya sedari dulu sebagai seorang muslim barangkali menjadi manusia yang tak pernah menjadi manusia yang fanatik dalam hal apapun. Dalam keyakinan? Ya barangkali itu juga termasuk.

“Lakum dinukum waliyadiin” Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Begitu bunyi Surah Al Kafirun : 6.

Jadi, intinya saya bukan menyembah yang mereka sembah dan mereka pun tak menyembah apa yang kusembah.

Lalu, apa masalahnya saya jika menyampaikan ucapan ‘Selamat Natal’ kepada saudara saya yang merayakan? Apa urusannya dengan manusia?
Apa karena MUI mengeluarkan fatwa bahwa seorang muslim dilarang mengucapkan ‘Selamat Natal’ kepada umat nasrani? Lho kan saya sudah bilang tadi, bagimu agamamu dan bagiku agamaku, bukan berarti saya menyampaikan ucapannya lalu saya menjadi seorang Nasrani. Oleh karenanya sehingga saya pun bisa beralibi untuk tetap menyampaikan ucapan Natal dan ucapan hari besar agama lainnya kepada saudara saya, teman saya, sahabat saya dan semua pembaca blog saya yang merayakan natal. Toh ini urusan saya dengan Allah saya nanti setelah maut memanggil saya, bukan urusan saya dengan manusia-manusia yang tidak mengerti apa pruralis.

Sekarang begini saja deh, apa bedanya saya dengan petinggi-petinggi parpol yang menyampaikan ucapan hari besar agama dengan alasan politik dan tak kepikiran soal agamanya?

Ah seperti kalau dipanjang-lebarin bisa melebar kemana-mana nantinya. Akhirnya saya mengucapkan, Selamat Natal bagi saudara, teman, sahabatku yg merayakan. Saya nitip doa untuk kedamaian kita semua, kedamaian Indonesia. Menuju negara yang sebenar-benarnya adil, makmur dan sejahtera.

Dan, selamat menyambut Tahun Baru 1 Januari 2014. Semoga kita semua sehat dan bahagia selalu dan tetap hati-hati menentukan resolusi Tahun 2014 masing-masing.

post signature


You Might Also Like

8 komentar

  1. You know, it's possible to find new ideas at essaywritingservices.org! just visit some links there

    BalasHapus
  2. I just wanted to thank you for this article - it is interesting! Blogging can overwhelming as it involves a lot things to be covered. Everything takes time. Our writing service is here to help you with onerous academic home works.

    BalasHapus
  3. This blog post is absolutely amazing! So much useful information, though I usually don't like to read the text as long as this. Thank you for sharing with us.

    BalasHapus

Followers

Flickr Images