latest Post

Membangun Team Building

Kesuksesan suatu organisasi tidak luput dari sumber daya manusia yang memiliki kompetensi atau keahlian khusus dalam mengelola atau memanage secara professional. Bagaimana caranya hal itu bisa terlaksana ?

Sering orang berpikir organisasi sukses itu yang utama adalah memiliki modal yang kuat dan nama besar organisasi yang dijalankannya. Tetapi jangan lupa modal yang kuat dalam suatu organisasi tanpa dikelola oleh ahlinya itu akan sangat mubazir dengan kata lain organisasinya akan koleps atau bangkrut.

Disinilah bagaimana kita bisa menciptakan pondasi yang kuat dalam menjalankan organisasi (business) diperusahaan tahu bumbunya atau resep yang jitu. Ada prioritas yang perlu diperhatikan dan penting untuk dilakukan yaitu membangun team building di tubuh organisasi.


Team Building yang dimaksud adalah sekumpulan orang – orang yang memiliki kualitas keahlian masing – masing yang dimilikinya dapat bersatu dalam merancang pengembangan dan kemajuan organisasi yang dijalankan. Hal ini memang tidak semudah orang mengucap perlu adanya proses adaptasi atau waktu yang diperlukan. Kenapa demikian, karena dalam team building setiap anggotanya memiliki pola pikir, sifat, karakter dan latar belakang yang berbeda dan hal ini perlu adanya pengertian dan saling menghargai satu dengan yang lain agar dapat mewujudkan rencana yang diharapkan.

Untuk membangun Team Building yang perlu diperhatikan :

1. Ciptakan suasana saling percaya satu dengan yang lain.
2. Persamaaan persepsi ( misi dan visi )
3. Ciptakan keterbukaan dalam membuat perencanaan kerja ( manajemen transparasi ).
4. Saling menghargai dan menghormati diantara tim
5. Mengedepankan kepentingan bersama
6. Saling memotivasi
7. Ciptakan penghargaan kepada anggota tim
8. Selalu positif thinking
9. Bertanggung jawab

Dari 9 point tersebut akan terciptalah yang namanya team building yang solid didalam tubuh organisasi dan tidaklah sulit jika hal ini dapat dijalankan dengan hati yang legowo ( rendah hati ) tanpa melihat siapa yang paling hebat dalam team. Semoga sekilas informasi ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pembaca.
post signature

About Bungzhu Zyraith

Bungzhu Zyraith
Recommended Posts × +

3 komentar:

  1. wah berkutat di maslah eksperiental learning bgt nih artikeklnya. Seputar outbound training. Thanks infonya

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya mas, jd banyak tahu sekarang

    BalasHapus
  3. bagus bgt nih gan info nya. trims
    slm kenal dari ane

    http://www.matarajaoutbound.com

    BalasHapus