Kerja di Bidang IT..??

05.26.00

Ratusan bahkan ribuan orang lulusan IT atau TI (Teknologi Informasi) saat ini sedang bertempur untuk untuk mendapatkan pekerjaan di bidang itu. Sengit memang persaiangan itu. Betapa tidak, jumlah lulusan dibidang ini meningkat dan akan selalu bertambah setiap tahunnya, sementara lowongan kerja yang dibuka tidak banyak. Memang bukan hal yang mudah untuk menjadi pemenang dalam persaingan itu, tapi juga tidak begitu sulit. Loh…???

Bagaimana caranya bisa menjadi pemenang dalam perang tersebut..?? Saya punya caranya. Ikutin saja.

Kuliah Dulu
Bukan hal yang aneh ketika banyak perusahaan yang menjadikan Sarjana atau setidaknya D3 sebagai standar untuk mengisi posisi kerja di perusahaan tersebut ( hari gini mau kerja hanya modal Ijazah SMA..?? mau ngapain…???). Nilai atau IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) memang menjadi hal yang menjadi tolak ukur kebersilan di dunia pendidikan, walau sebenarnya dalam dunia kerja hal ini jarang-jarang berlaku. Namun tidak jarang perusahaan menginginkan IPK yang tinggi.

Bagusin Dulu Skillnya
Biasanya, lowongan pada bidang IT ini syaratnya spesifik. Misalkan seorang developer / programmer, otomatis harus menguasai setidaknya satu dari berbagai bahasa pemograman yang ada seperi bahasa C, C++, Visual Basic .Net, Java, dan lain sebagainya. Belum lagi banyak perusahaan yang mengharuskan para pelamar harus memahami UML alias Unified Modelling Language.

Kemudian menjadi seorang Network Engineer, setidaknya anda bisa mengelola dan memahami berbagai troubleshooting dalam berbagai jenis jaringan. Saya tidak menyarakan anda harus memahami semua pekerjaan dalam bidang IT, namun anda harus paham dan bisa menguasai satu bidang tertentu dalam pekerjaan IT. Misalkan anda sedikit menguasai tentang programming, ya mantapin tuh skill programmingnya.

Caranya bagaimana..?? saat ini sangat banyak kelas training yang ditujukan untuk mempertajam skill didikannya agar mampu bersaing di dunia kerja. Setidaknya ini akan menjadi nilai tambah walau anda tidak memiliki pengalaman sama sekali.

Jangan menjadi seorang lulusan IT yang memiliki nilai IPK yang sangat bagus namun dianggap belum bisa menjawab kebutuhan perusahaan karena tidak memiliki skill atau pengetahuan dasar tentang bidang pekerjaan yang akan anda rebut.

Sertifikasi Internasional..???, Harus..!!!
Setelah mempertajam skill jangan langsung bangga dong, karena belum tentu diakui. Saran saya, sebaiknya ikutan aja sertifikasi internasional. Memiliki sertifikasi internasional berarti anda dianggap mampu dan diakui secara interlokal Internasional. Ini sangat mirip dengan visa kerja karena jika memiliki seritifikasi internasional ini anda bisa bekerja bahkan diluar negeri karena sertifikat anda diakui secara internasional. Yang penting jangan mencari kerja di kutub. :D

Ada dua jenis sertifikasi internasional, yaitu sertifikasi oleh Asosiati IT yang bersifat netral dan Oleh Vendor IT-nya langsung. Contohnya, CompTIA merupakan vendor yang bersifat netral. Sedangkan Oracle, Cisco, Novell, Microsoft, dan Citrix adalah vendor IT yang mengeluarkan sertifikasinya sendiri.

Anda bisa mendapatkan sertifikasi internasional secara online dari Brainbech. Juga bisa di Prometric atau di Virtual University Enterprise (VUE) yang memiliki testing center di kota-kota besar di Indonesia.

Kampus tempat saya kuliah tidak populer..?? anda bisa mengalahkan pesaing anda dari kampus yang bahkan sangat populer karena anda memiliki sertifikasi internasional.

Misalkan saya, ketika banyak orang bertanya kuliah dimana..?? Saya jawab di STTIKOM Insan Unggul Cilegon, namun tidak banyak orang tau kampus itu ada dimana/benar-benar ada atau tidak, bahkan saya pernah dicurigai karena belum pernah mendengar nama kampus saya tersebut dan menganggap saya berbohong (maksudnya = bener ga nih anak kuliah…???). Karena memang benar-benar tidak populer kampus saya ( tapi kalau di Banten mungkin sedikit terkenal). Tapi jangan salah, justru saya mendapatkan sertifikasi Internasional-nya Cisco dari sana (CCNA 1 dan CCNA 2, sedangkan CCNA 3 dan CCNA 4 saya selesaikan di SidolaTech-Bandung). Namun saya mampu bersaing dengan lulusan Unikom, Gunadharma, BudiLuhur, Akakom, dan bahkan dari ITB.

Makanya, ga usah pake rebutan masuk kuliah ke kampus negeri dan populer namun tidak dapat apa-apa dari sana.

Banyakin Relasi
Yang ini juga sangat berpengaruh. Karena dengan memiliki jaringan yang luas, apalagi dekat dengan yang istilahnya orang dalam akan mempermudah langkah anda. Apalagi sampai direferensikan, wah kesempatan yang sangat bagus bukan..??

Oleh karena perluas jaringan anda dan jangan sungkan-sungkan untuk memintai bantuan terhadap siapapun yang anda kenal. Apakah itu saudara dekat/jauh, calon mertua, calon ipar, atau siapapun yang anda kenal. Yang penting jangan saya aja deh.. :D

Selamat berdjoeang…!!!!

post signature


You Might Also Like

20 komentar

  1. la...saya malahan nggak tau sama sekali tentang IT, kompie saja nggak bisa hehe...salam kenal ya....

    BalasHapus
  2. wah...itu brartti masih harus belajar mas...hehehe

    BalasHapus
  3. aq juga nih tertarik kerja di bidang ini, soale bkt n hobiku mmg di bidang ini, heheheh, nunggu luluus kul aja..
    mas bungZ sdiri pa ni krjany???

    BalasHapus
  4. oh... kalau menurut saya sih mas kenapa mesti nunggu lulus.
    bisa dijalal mulai sekarang bukan..??

    yang jelas sesuai dengan sertifikasi saya di Networkingnya Microsoft dan Cisco.
    kan udah jelas itu mas...heheh

    BalasHapus
  5. Walah, banyak amir bahasa pemrograman yg harus dipelajari. Gak kaya dunia jurnalisitik, bahasanya cuma satu: bahasa Idnonesia. Hehhe...

    Btw, melihat kenyataannya, masih banyak lulusan IT/TI yang ternyata install ulang komputer aja masih kedodoran. Gimana tuh..? :D

    BalasHapus
  6. @Bung Eko : kan udah bilang mas, "Misalkan seorang developer / programmer, otomatis harus menguasai setidaknya satu dari berbagai bahasa pemograman yang ada seperi bahasa C, C++, Visual Basic .Net, Java, dan lain sebagainya."

    bukan berarti harus menguasai semuanya bukan...????

    Masalah banyaknya lulusan IT yang install komputer kedodoran, itulah yang mesti dibenahin di perguruan tinggi tempatnya menyedot ilmu. + banyakin baca dan praktek ketimbang nongkrongnya.
    betul ga itu bung..??

    BalasHapus
  7. hualoooo...saya dh follow n ambil banner kk
    ditunggu balasannya yaa

    BalasHapus
  8. Tutorial dan tips yang patut tuk disimak...
    Salam kenal dan sukses selalu
    Saya akan balik lagi.
    Thanks sharenya

    BalasHapus
  9. @Lulus Sutopo : kirain tadi yang buat virus topo yang comment..ternyata bukan..hahah...salam kenal kembali mas... :i:

    BalasHapus
  10. Nama besar kampus memang tidak [selalu] jadi jaminan kesuksesan seseorang, meski pada beberapa orang ya berhasil juga dengan mengandalkan hal itu.

    Owh, kuliahnya di Cilegon ya? Saya bahkan belom pernah sampe Cilegon. ;-)

    Tetep semangat! Semoga sukses ke depannya.

    BalasHapus
  11. @Isnuansa: dengan mengandalkan ijazah dengan IPK 4 sekalipun kalau tidak m\punya skill sama aja bohong toh..??? bukan begitu..??

    Yaph, saya kuliah di Cilegon, dikampus yang sangat tidak populer di Indonesia apalagi di Dunia :D

    makanya main ke cilegon donk mba...jangan kalah sama Bang Zalukhu..heheh

    Makasih atas semangat dan Supportnya... :)

    BalasHapus
  12. Buat apa nyari pekerjaan.. solusinya perkuat skill terutama Webmastering dan Networking. Buka kantor sendiri! Buka lapangan usaha sendiri! Jangan tergantung sama orang lain! lapangan kerja makin sempit lo.. saatnya mandiri! Caranya? Masa anak informatika bisa kalah oleh seorang mantan copet yang bisa menghasilkan uang puluhan juta perbulan dari website?? Nah,.. itulah yang jadi pertanyaan penting. Mulai punya impian, mulai saat ini, ACTION..

    BalasHapus
  13. Menyambung koment nih.. IPK gak jaminan tuh... yang penting bisa memanfaatkan potensi yang ada di sekeliling kita.. Klo anak Informatika.. ya.. harus bisa mengelola informasi menjadi lapangan pekerjaan baru.. Terserah mau adsense kek...mau review kek.. punya bisnis OL kek... atau apalah yg penting menghasilkan.. he...he... Maaf komentarnya sedikit pedas.. soalnya saya punya temen anak informatika, tapi ogah banget klo diajak ngobrol soal wordpress apalagi kaintannya make money website... wah..wah anti banget.. klo jadi sales semangatnya luar biasa katanya lebih pasti...

    BalasHapus
  14. Nice info bro


    bocah edan
    http://bocahedan.info

    BalasHapus
  15. haduh"....

    gimana nich saya baru semester 1 tapi sudahh mau nyoba kerja coz ada kk d kantor nawarin saya kerja karna dsana lagi butuh 50 org tapi yang d butuhkan yg sudah lulus s1 tapi saya d daftarin sama kk saya walaupun baru semester 1, so saya harus bersaing sama senior" saya dunn so peluang saya tuk d terima jadi dikit dunn,kasih tips n web yang bisa saya pelajari lagi dunn biar saya bisa belajar lebih dalam lagi tenteng it.

    makasih banyak atas blognya saya jadi termotifasi.

    BalasHapus
  16. kalau lulusan smk jurusan rekayasa perangkat lunak bisa gk gan ?

    BalasHapus
  17. @Anonim : harus bisa... saya dulu masih kuliah tapi bisa menjajal tanpa harus S1 sesuai persyaratan yang diminta. semoga sukses..!!

    @bayu : bisa..!!

    BalasHapus
  18. Lumayan berat juga yah persyaratan untuk menjad seorang IT, terimakasih atas info dan sarannya!

    BalasHapus

Followers

Flickr Images