latest Post

Dongkrak Nilai dengan Ide… Bisa..!!!


“Ada Ide..???” Tanya seorang pimpinan kepada bawahannya dalam sebuah meeting.

Ruangan meeting menjadi senyap, ada yang menunduk dan ada yang saling pandang. Hingga pada akhirnya, seolah – olah seperti iklan multivitamin di tipi, seorang karyawan dengan sangat percaya diri angkat bicara dan bangkit dari duduknya dan mengatakan : “Ada pak..!!”

Ada (ide)… mungkin hanya jawaban singkat dan awalnya saja. Selanjutnya, bagaimana cara yang baik untuk menyampaikan ide tersebut, agar apa yang telah tersusun dalam pikiran kita dipahami oleh orang lain, terutama dalam hal ini, atasan kita.

Mungkin kita tidak mau, jika hanya karena salah menyampaikan, ide kita terdengar tak berguna sehingga bukannya menambah poin kita di mata pimpinan dan teman-teman sekantor. Melainkan, sebaliknya, mempermalukan kita dan ujung-ujungnya mengganggu perkembangan karir kita! Betul..???

Tahukah anda..?? feedback yang insightful dan ide-ide tidak hanya meningkatkan nilai seseorang bagi organisasi, tapi juga membuka pintu bagi perkembangan karir bagi yang bersangkutan.

"Tentu saja, berdiri di depan orang yang memiliki kontrol terhadap masa depan perusahaan bukanlah sesuatu yang mudah, tapi bagi yang bisa melakukannya, imbalannya sangat berarti,"

Dalam iklim bisnis yang berubah sangat cepat dan hiper-kompetitif, ide-ide kreatif, cemerlang dan inovatif dari karyawan maupun manajer selalu dinantikan oleh top leader. "Manajer dan karyawan yang baik adalah mereka yang mengetahui nilai yang bisa mereka berikan untuk organisasi, dan tahu cara-cara yang benar untuk menyampaikan ide-ide cemerlang.

Berikut 6 tips yang mungkin dapat membantu kita bagaimana sebaiknya menyampaikan ide kepada atasan, yaitu :

1. Know Your Role (Pahami Peran Anda)
Anda harus memahami di mana posisi Anda. Perlihatkan rasa hormat dan penghargaan baik pada orang yang levelnya di bawah Anda maupun di atas anda. Sebaliknya, dapatkan juga sikap yang sama dari orang lain dengan cara menghargai dan mendukung ide dari mereka.

2. Get Results (Dapatkan Hasilnya)
Mantapkan kredibilitas dengan pencapaian hasil-hasil melalui kinerja Anda. Bangunlah komitmen dalam kerja tim Anda, beri rasa percaya diri pada tim Anda. Dan Buktikan bahwa anda bisa.

3. Manage up (Kelola Ide Anda)
Semua karyawan, manajer, supervisor harus belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif kepada manajemen senior. Pelajari gaya pimpinan Anda dan pastikan pendekatan seperti apa yang dia suka.

4. Provide Your Rationale (Sampaikan Alasan Anda)
Pikirkan isu besarnya, siapkan diri untuk mempertahankan pemikiran Anda, tapi harus tetap fleksibel dengan masukan dan saran dari orang lain.

5. Follow The Chain of Command (Ikuti Struktur Organisasi)
Dalam organisasi besar dengan hirarki yang bertingkat-tingkat, sampaikan terlebih dahulu ide Anda kepada manajer / supervisor yang berada tepat di atas Anda, untuk mendapatkan masukan awal. Selebihnya, Anda bisa datang bersama manajer / supervisor tersebut untuk mendiskusikan ide Anda dengan pimpinan.

6. Keep Your Eye on The Goal (Tatap Tujuan Anda)
Ingat bahwa tujuan Anda tak lain meningkatkan kinerja organisasi, dan bukan sekedar ide Anda diterima.

Semoga Bermanfaat...

post signature

About Bungzhu Zyraith

Bungzhu Zyraith
Recommended Posts × +

9 komentar:

  1. wah..motivasi idenya bagus banget..aq suka.
    tahnks informasinya

    BalasHapus
  2. Infonya Untuk pengetahuan supaya kita ngga gegaba mencari nilai tapi hanya kehilangan nilai... terkadang orang mengejar karier dengan menjadi penjilat dan ujungnya menjadi pengemis.. hehehhe
    www.tvservicemenu.com
    Free Driver

    BalasHapus
  3. Semoga kita semua termasuk dalam orang2 yang bersyukur

    BalasHapus
  4. Ruang meetingnya keren nih sob.. oh ya cuman nitip lapak aja deh

    BalasHapus
  5. Info yang menarik sobat.. hehe

    BalasHapus
  6. Inovasi dan Improvement ditempatku biasanya ditumbuhkan dengan cara memebrikan Reward kepada yang memebrikan Sumbang Saran yang memang terbukti memilki manfaat yang signifikan.. Peace :) Ini aku kakaknya Restu.. Apa khabarnya ?

    BalasHapus
  7. semoga kita dapat mengambil ibrah dari acara itu,..

    BalasHapus
  8. thanks buat teman2 semua untuk komentar2nya.

    salam kenal semua.

    BalasHapus