Kilas Balik IT pada 2009 | Sambungan 2

01.34.00

Namanya sambungan kan..?? berarti ini sambungan dari tulisan yang ini dan sambungan pertama. Berikut laporannya.

JUNI
Indonesia Termasuk dalam 10 Besar Negara Pelaku Phising
Laporan ini sepertinya laporan yang agak pahit menurut saya. Bagaimana tidak..??? Indonesia masuk dalam 10 besar pelaku perusak dengan perkembangan yang paling tinggi dengan mengalahkan Malaysia dan Singapura. China adalah sebagai negara tertinggi pelaku phising.

JULI
Direktur Microsoft Indonesia Pergi Sudah…
Presiden Direktur PT.Microsoft Indonesia, Tony Chen mengundurkan diri. Faycal Bouchlaghem selaku Chief Operating Officer (CEO) Microsoft Indonesia yang menggantikannya untuk sementara. Pada masa kepemimpinannya sempat dianugerahi Microsoft’s Best Subsidiary in Emerging Markets Award.


AGUSTUS
Facebook Rilis Versi Lite
Anda pengguna facebook..?? Apakah keneksi yang anda gunakan stabil atau malah berjalan seperti kura-kura..?? coba deh jajal versi litenya facebook. Dengan alamat akses http://lite.facebook.com.
Perbedaan antara versi lite dengan versi yang sebenarnya sangat banyak, contohnya gambar yang tidak ditampilkan sama sekali. Tidak beda jauh sebenarnya dengan versi mobile.

Firefox, 1 Milyar Download.
Browser web Firefox mengalami kejayaan dengan download hampir 1 miliar dan mungkin akan lebih banyak lagi kedepannya. Mozilla memiliki website SpreadFirefox.com dan feed dari Twitter yang dapat menyimpan semua total track Firefox. di feed Twitter menunjukkan lebih dari 999,180,000 download, dengan perhitungan rata-rata 15 kali download terjadi di setiap detiknya. Mozilla mengungkapkan, bahwa kemungkinan besar akan menembus lebih dari 1 miliar di masa liburan bulan ini (JULI).

Perhitungan download tersebut dilakukan untuk semua versi Firefox, sejak rilis pertama di tahun 2004. Jika satu user men-download multi copy Firefox di komputer yang berbeda, mereka akan dihitung langsung per download. Jika user ke website Mozilla untuk men-download update versi Firefox, daripada menunggu update otomatis, juga akan dihitung. Namun, untuk update otomatis tidak masuk ke dalam hitungan

Opera Mini dengan 26.5 Juta Pengunjung
Opera telah merilis laporan statusnya dari bulan Juni. Browser mobile paling populer di dunia tersebut tampak mengalami peningkatan 4.2 persen secara global sejak Mei 2009 dan lebih dari 143 persen dari tahun lalu. Page view Opera juga meningkat 8 persen dari bulan Mei dan untuk bulan ini, mencapai 10 juta page view. Sejak Juni 2009, Opera telah memiliki 26.5 juta pengunjung unik untuk melihat lebih dari 10.4 juta halaman web, hanya dalam satu bulan. Sejak banyak website diproses oleh Opera Server, server perusahaan tersebut telah menangani 346 juta halaman per harinya.

SEPTEMBER
Michael Jackson Meninggal, Trojannya pun Menggila
Masih tersiar spekulasi berkaitan dengan sebab kematiannya. Tidak hanya banyak orang yang penasaran, namun spam pun juga ikut-ikutan ‘meramaikan’ masalah Jacko tersebut. Sebuah spam telah beredar dengan subject “Who Killed Michael Jackson?” yang datang dengan identitas pengirimnya bernama X-Files.

Dalam pesan spam Jacko tersebut memberikan sebuah link, dimana di dalamnya terdapat informasi siapakah yang membunuh Jacko. Dengan mengklik link tersebut, maka user akan masuk ke sebuah website, dimana user kemudian didorong untuk mengeksekusi sebuah file, yang mengandung informasi rahasia, untuk menemukan siapa pembunuh Jacko.

Namun, tentu saja file executable tersebut tidak ada kaitannya dengan kasus kematian Michael Jackson atau diri Jacko sama sekali, karena file tersebut merupakan program pencuri data, yang dideteksi perusahaan keamanan Trend Micro sebagai Trojan TROJ_ZBOT.AXY. Trojan tersebut kemudian akan mengkoneksikan user ke alamat URL tertentu, yang lalu secara otomatis men-download sebuah konfigurasi file yang berisi list website untuk Internet banking. Sekali user mengunjungi list website tersebut, maka situs mata-mata akan menampilkan website bank yang tampak asli padahal palsu, kemudian informasi penting milik user yang telah dimasukkan ke website tersebut, akan dikirim ke remote user.

Namun, spam Michael Jckson tersebut masih dapat ditangani oleh Smart Protection Network (itw.trendmicro.com/smart-protection-network) dari Trend Micro, yang kemudian dideteksi dan diblokir.

Servernya Overload, Gmail Mandek lebih dari 2 Jam
Gmail yang memiliki ribuan data dan ribuan tumpukan server mail yang dapat mengalami gangguan jika ada salah satu server yang gagal ketika replikasi data dan penyebaran ke seluruh server. Selain itu, ada request server yang hanya diam namun ikut menyebarkan request email ke server mana saja, yang nantinya ditangkap oleh si penerima yang dituju. Kelumpuhan terjadi ketika, Google melakukan rutinitas maintenance server email, dan karena adanya beberapa perubahan data, maka akan terjadi overload request router server sehingga dalam beberapa menit traffic menjadi lambat. Sebagai hasilnya, user tidak dapat mengakses Gmal karena request mereka tidak sampai ke server Gmail. Sementara proses akses IMAP/POP dan mail bisa berjalan normal karena request tersebut tidak menggunakan router yang sama. Menurut VP Google, Ben Treynor, begitu banyak redundansi di system Gmail.

Sebelumnya Gmail mengalami yang sama pada bulan Mei. Bahkan, di bulan Mei lalu, Google Mail juga sempat mati lebih dari 2 jam.

BERSAMBUNG LAGI Kesana………… (Ikutin terus ya.....)

post signature


You Might Also Like

1 komentar

  1. Ternyata bisa macet juga... yang saya heran adalah email saya sudah begitu besar di Gmail tapi malah ditambah lagi kapasitasnya...!! Hebat yah...Peace

    BalasHapus

Followers

Flickr Images