Kilas Balik IT pada 2009 | Sambungan 1

18.58.00

Ini adalah sambungan Kilas Balik IT 2009 yang saya tulis sebelumnya. Selamat menikmati.... hehe

APRIL
Opera Kembangkan Fitur Face Recognition Pertama
Opera mengklaim dirinya telah menjadi browser yang paling lengkap daripada yang lain, mampu menyediakan fungsionalitas di luar segala kelemahan browser, seperti berjalan lambat, ataupun aplikasi yang menghabiskan memory computer. Sekitar delapan tahun setelah diperkenalkannya “Mouse Gestures” di browser Opera 5.1, kini Opera telah mengumumkan adanya integrasi fitur revolusioner “Face Gestures” ke dalam browser Opera versi terbaru, 10 Alpha.

Seperti Mouse Gestures, yang dapat membantu user untuk mengontrol aksi di browser mereka dengan pergerakan mouse, Face Gestures juga akan membuat browser melakukan segala hal yang memungkinkan, dengan wajah user atau ekspresi wajah user. Satu hal yang dibutuhkan adalah web camera yang diinstal di computer, dan finalnya akan ditangani oleh browser.

Opera Face Gestures memiliki lebih dari 45 kontrol. Semua yang dilakukan dengan menggunakan mouse, juga dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan mengekspresikan keinginan di wajah. Fungsi Opera Face Gestures dapat untuk membuka tab, mengembalikan session, atau bahkan scrolling halaman website. Jika hal tersebut belum cukup, bahkan user dapat digunakan untuk mengirim pesan email dengan menggunakan ekspresi wajah. Untuk mengaktifkan Opera Face Gestures, user hanya menekan satu tombol, F8.

BlakBerry Storm Masuk Indonesia
Anda juga tau, penjualan Blackberry di Indonesia begitu sukses (lagi – lagi saya menyebutnya “LATAH”). Bahkan, pengguna Blackberry terbesar di dunia adalah INDONESIA dengan sekitar 400.000 s/d 500.000 pengguna. Hebat bukan…??
Research In Motion (RIM) pemegang lisensi produksi Blackberry tidak menyiakan peluang yang ada di Indonesia untuk mengenalkan produk terbaru mereka ini. Storm dengan layar TFT 65.000 warna dengan ukuran 3.25 Inch dan lengkap dengan fungsi sentuh alias touch screen.

Microsoft Mengumumkan Windows server Foundation Level Netbook
Microsoft merilis beberapa detail dari software server Windows Server 2008 Foundation, yang didesain untuk bisnis kecil dengan karyawan kurang dari 15 orang. Microsoft akan meluncurkan Windows Server 2008 Foundation di lebih dari 40 negara dan dalam beberapa bahasa, seperti Inggris tradisional, Simplified Chinese, Jepang, Brazil Portugis, Spanyol, dan Turki.

“Tujuan Microsoft adalah untuk menyediakan solusi berbasis Windows Server untuk setiap kebutuhan konsumen. Dengan Windows Server 2008 Foundation, konsumen dapat mengupgrade ke member Windows Server lainnya, yang menyediakan fungsi tambahan seperti integrasi email, manajemen yang simple, virtualisasi, dan fitur advanced lainnya.” seperti yang disebutkan dalam press release Microsoft. Penjualan Windows Server 2008 Foundation akan ada di dua perusahan global non-profit, TechSoup.org dan Telecentre.org.

Intel Memperkenalkan Processor Atom 2GHz

Sebelum merayakan ulang tahunnya yang pertama sejak di luncurkan pada 2008 lalu, Intel memperkenalkan 2 seri teranyarnya pada bulan ini pada ajang Intel Developer Forum di Beijing, China.

Yaitu Seri Z550 dengan kecepatan 2GHz dan seri Z515 debfab clock speed 1,2 GHz. Keduanya sama-sama memiliki keistimewan yang sama yakni sama – sama hemat energi sehingga memungkin beroperasi dalam jangka waktu yang panjang.

Facebook Jadi Ajang Kampanye Pemilu Legislatif
Sejak kampanye, banyak calon legislative dari berbagai partai yang beramai-ramai menempelkan stiker, memasang spanduk, baliho, banner ataupun menyebarkan selebaran ke jalan-jalan ataupun langsung datang door-to-door. Bahkan, ada juga yang terinspirasi untuk mengiklankan diri di media massa, seperti di media cetak, media televisi dan radio, dan media online.

Tapi kini banyak calon legislative (caleg) yang tidak buta Internet. Mereka menggunakan situs jejaring social, seperti Facebook untuk mempromosikan kampanye dirinya ataupun partainya. Jika ditengok ke belakang, mungkin semua itu karena terinspirasi dari kesukesan Presiden Obama menjadi orang pertama di Amerika. Presiden Obama sukses menduduki kursi kepresidenan Amerika karena idenya yang kreatif untuk menguasai dunia kampanye online, seperti membuat blog, memanfaatkan semua situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter.
Oleh karena itu, para caleg dan atau capres-cawapres berbondong-bondong menampilkan profil diri, visi misi, program kerja, blue print kepemimpinan caleg, atribut kampanye, dan foto-foto terbaiknya di situs jejaring sosial tersebut, yang didirikan oleh seorang lulusan Harvard, Mark Zuckerberg, pada 4 Februari 2004 lalu. Sebagian dari caleg dan atau capres-cawapres akan membuat suatu profil page dirinya, atau group atau fan page, ataupun membuat RSVP atau dalam bahasa Perancis berarti Répondez S'il Vous Plait atau invitation untuk event-event partai atau kampanyenya.

MEI
Google Rilis Translasi Pesan Dalam 41 Bahasa di Gmail.
Gmail telah membuat fitur baru kembali dengan adanya pesan yang diterima oleh pengguna Gmail, yang dapat ditranslate secara otomatis ke dalam 41 bahasa. Pengumuman tersebut disampaikan Google, seperti yang dilansir dari PCWorld. Fitur translasi pesan secara otomatis dalam Gmail diharapkan dapat membuat komunikasi individu pengguna Gmail dan antar individu semakin mudah, terutama untuk yang berbicara dengan bahasa yang berbeda sehingga mereka dapat mengirim pesan sesuai dengan bahasa yang digunakan, seperti halnya menggunakan kolaborasi aplikasi dan komunikasi suite untuk perusahaan.

Mozilla Rilis Fennec Beta di Windows Mobile
Mozilla telah merilis browser Firefox mobile versi beta untuk platform Microsoft Windows Mobile. Mozilla menamakannya Fennec, browser yang siap rilis versi beta untuk Nokia N810 Internet Tablet, namun untuk versi Windows Mobile ini diharapkan dapat menarik massa yang lebih besar. Browser mobile Fennec ini menggunakan engine Gecko HTML, interface touch untuk zooming dan scanning. Selain itu, masih ada Awesome Bar yang ada di ada di Firefox 3.

Sementara Fennec menggunakan engine TraceMonkey untuk support JavaScript, dan Mozilla ingin membuat browser Fennec berjalan lebih cepat, terutama untuk zooming. Pengguna Fennec juga dapat men-download add-on untuk improvisasi fungsi browser, seperti improvisasi Firefox di desktop. Developer juga dapat membuat program seperti menambah blocker untuk browser mobile.

BERSAMBUNG LAGI Kesana………… (Ikutin terus ya.....)

post signature


You Might Also Like

2 komentar

Followers

Flickr Images