Kilas Balik IT pada 2009

02.04.00

Biasanya, tahun yang ditinggalkan membawa beragam cerita yang menarik, baik senang maupun sedih dan umumnya kisah-kisah tersebut akan sulit terlupakan. Begitu juga dengan di dunia Informasi dan Teknologi, sepanjang tahun 2009 ini ternyata sangat banyak perubahan yang terjadi baik yang kecil hingga perubahan yang besar. Namun semuanya itu akan menjadi pijakan untuk beralih ke teknologi yang lebih hebat lagi di tahun 2010. Wah…wah….

Saya akan mengajak anda melakukan flashback untuk menelusuri kembali yang sudah terjadi ditahun 2009 yang tinggal menghitung hari ini. Bisa jadi, dari catatan kecil (yang kemudian menjadi besar) saya ini ada beberapa hal yang atau bahkan sama sekali anda lupakan dari perkembangan IT.

Apakah itu….???

Ikuti Artikel singkat ini.

JANUARI
Intel Merilis Processor Quad-Core Untuk Apple
Acer telah lebih dahulu merilis notebook pertamanya dengan fasilitas chip processor Intel Core 2 Quad Q9000, yang berjalan dengan kecepatan 2GHz. Laptop Acer yang dinamakan Aspire 8930G-7665, memiliki screen 18.4 inch, merupakan laptop kelas gamer dan pengganti desktop, seharga $1,799.


Konfik di Gaza menyebabkan sekitar 5000 Website Terkontaminasi
Konflik yang terjadi di jalur Gaza antara Israel dan Palestina menyebar luas ke Internet. Ratusan halaman web telah ternoda oleh grup hacker yang beroperasi di Maroko, Libanon, Turki, dan Iran. Pencemaran website tersebut telah berimbas ke bisnis kecil web yang memiliki hosting domain .il milik Israel.

Di China, Hacker di Hukum 7 Tahun
Hacker di Cina mendapat ganjaran hukuman penjara selama tujuh tahun, atas dasar hukum dari negara Cina untuk memerangi pencurian data computer. Selasa lalu, China Daily melaporkan bahwa siapa saja yang menyediakan software atau tools bagi intruder atau penyusup untuk mencuri data atau memanipulasi data computer secara illegal, akan mendapatkan penalty yang sama..

Microsoft Men-Disable Download Otomatis IE8

Gadis berusia 8 Tahun di Nobatkan sebagai IT Professional Termuda
Ketika anak-anak sekolah dasar masih berkutat dengan komik mereka, lain halnya dengan Marko Calasan yang telah mengirimkan copy dari tulisannya yang berjudul “Implementing and Administering Security in a Microsoft Windows Server Network”. Dengan usianya yang baru menginjak 8 tahun, Marko telah menjadi orang termuda dalam penerimaan sertifikat system administrator computer dan mendapat julukan sebagai "Mozart of Computers", setelah Marko lulus ujian untuk professional IT, yang diselenggarakan oleh perusahaan computer raksasa, Microsoft.

Intel, Perusahaan Pembuat Chip/Processor Memecat 6000 Karyawannya

Komunitas Online Obama diserang Hacker
enulis virus berhasil mengeksploitasi sebuah website yang berasosiasi dengan Presiden Barack Obama dalam rangka mendistribusikan Trojan. Website Presiden baru Amerika yang menggunakan teknologi web 2.0 dalam kampanye pemilihannya tersebut telah disalahgunakan dengan adanya video palsu yang menyerang My.BarackObama.com, sebuah komunitas online untuk para pendukung Obama.

Seorang Engineer Membuat Boom Server yang bisa menghapus seluruh data dalam server hanya dengan satu script, Hingga Di Penjara 10 Tahun.

Acer Menghentikan produksi Aspire One 8,9 Inch. Dan akan mengantikan dengan Aspire One 10,1 Inch

FEBRUARI
Virut, virus terganas yang pernah ditemukan.
Pada 2008 lalu, dunia IT dihebohkan oleh adanya virus yang menyebut dirinya sebagai virus conficker yang sangat cepat dalam menginfeksi komputer korban. Namun, conficker ini masih dapat di atasi dengan cepat, bahkan sudah banyak tools untuk melakukan pendeteksi lalu menghapus virus ini. Tapi Conficker belum seberapa dibandingkan dengan Virut yang sangat sulit membongkar skemanya, sehingga para developerpun merasa kesulitan untuk membuat antivirus khusus menangani Virut tersebut. Virut dapat menginfeksi semua file *.exe yang ada dikomputer korban. Hebatnya lagi Virut ini mampu melakukan uninstall atau disable antivirus yang sudah pernah terinstall.
Bahkan, Kaspersky bekerjasama dengan OpenDNS untuk membuat penangkal Virut ini.

Microsoft Menemukan Lubang Keamanan Di Office 2007
Celah keamanan telah ditemukan oleh Microsoft. Menurut Microsoft penyusup telah berusaha untuk mengeksploitasi lubang keamanan di Excel yang belum diperbaiki. Hal ini menyebabkan seseorang dapat mengambil alih control dari computer yang telah ‘diganggu’. Penyerangan tersebut secara langsung mengeksploitasi kelemahan kode eksekusi jarak jauh yang tidak dikenali di Excel, tentunya dengan bantuan pengguna komputer yang bersangkutan untuk membuka sebuah attachment yang dikirimkan melalui email, yang membawa dokumen Excel ‘jahat’.

Satelit Nasa Jatuh Di Antariksa Karena Gagal Mencapai Orbit
Satellite NASA senilai 278 juta dollar sebenarnya dirancang untuk memantau emisi karbon dioksida (CO2) bumi secara global. Hal ini sebagai salah satu upaya NASA untuk mengatasi pemanasan global (global warming) yang semakin mengancam dunia. Satelit ini telah bekerja selama 9 Tahun.


MARET
Microsoft Menutup Ensiklopedia Encarta karena mengakui kekalahannya dengan Wikipedia

Demam Facebook di Indonesia
Saya pikir anda juga pengguna facebook (kata saya “LATAH”). Apakah anda mengetahui bahwa Indonesia adalah Negara pemegang rekor tertinggi dan tercepat di Asia Tenggara. Developer Garage Indonesia, mencatat pada Februari 2009 tercatat pengguna facebook ada sekitar 1,3 juta account. Negara Jepang, Filipina, Malaysia dan bahkan india masih jauh 80 persen dibawahnya. Hebat bukan…??? Indonesia memang hebat kalau urusan latah melatah.

Hard Disk SATA3, dengan kecepatan hingga 6GBps diluncurkan
Dalam kolaborasinya dengan AMD (Advanced Micro Devices), Seagate telah mendemonstrasikan sebuah harddisk dengan interface SATA (Serial ATA), yang untuk sementara ini diberi nama SATA3, dengan kecepatan hingga 6Gbps atau 600Mbps. Harddisk SATA3 atau SATA 6GB per second tersebut dikembangkan oleh perusahaan Serial ATA International Organization di bawah spesifikasi Serial ATA Revision 3.0.


Facebook Melakukan Perubahan Term of Service (TOS)
Setelah sebelumnya sempat terjadi permasalahan terkait dengan TOS (Term of Services) yang mereka buat (saya lupa kapan tepatnya), Facebook berusaha memperbaikinya dengan memberikan kebebasan kepada user-nya untuk memilih kebijakan dan product yang akan mereka pergunakan dalam situs social networking ini.

Bill Gates kembali meraih pangkatnya sebagai Orang Terkaya di Dunia, sementara Raja Facebook Mark Zuckenberg turun Pangkat.
Walaupun telah mengalami penurunan pendapatan sebesar $18 miliar pada tahun 2008, namun Bill Gates masih tetap menyandang status orang terkaya di dunia dengan pendapatan netto $40 miliar. Laporan tersebut diperoleh dari survey yang dilakukan Forbes.com untuk ranking orang terkaya tahunan. Mantan co-founder Microsoft tersebut telah mengalahkan teman karibnya, Warren Buffet yang juga harus kehilangan pendapatan $25 miliar hingga tergelincir di peringkat kedua.

Mark Zuckerberg sedang dalam ‘bahaya’ akan kehilangan status miliarder termudah di dunia yang pernah diraihnya. Hal ini juga diungkapkan oleh Forbes, bahwa Mark Zuckerberg memang telah kehilangan status miliarder-nya karena dia memang bukan miliarder lagi, walaupun menurut Forbes, Mark Zuckerberg masih termasuk orang kaya dan bisa kembali ke dalam list miliarder.

BERSAMBUNG Kesini, Kesana, dan Kesitu

post signature


You Might Also Like

1 komentar

  1. sudah saya masukkan linknya di list, "blogger Indonesia" di nomer urut 58, mohon dicek.
    oia, masukin juga link saya yah, trims...

    BalasHapus

Followers

Flickr Images