Terima Kasih sudah berkunjung ke Blog ini. Tidak dapat mengatakan blog ini bermanfaat tapi semoga ada manfaat yang bisa dipetik. Semoga enjoy. Thanks

PERISTIWA YANG TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA PADA BULAN MEI.

Ini berawal dari iseng-iseng nyari peristiwa yang tercatat di bulan Mei. Wah, ternyata banyak banget ya peritiwa yang terjadi di Bulan Mei ini.

Tulisan ini, saya copy paste bulat-bulat tanpa merubah sedikit pun dari tulisan falahluqmanulhakiem dengan judul tulisan pada Blognya MENGENAL “PERISTIWA YANG TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA PADA BULAN MEI.”

INILAH PERISTIWA-PERISTIWA YANG TERJADI DAN TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA PADA BULAN MEI :

1 Mei

Peringatan Hari Buruh Sedunia

1 Mei tahun 1886, sekitar 400.000 buruh di AS mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka. Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnnya dihukum mati. Sebelum peristiwa 1 Mei itu, di berbagai negara, juga terjadi pemogokan-pemogokan buruh untuk menuntut perlakukan yang lebih adil dari para pemilik modal. Pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di AS tanggal 1 Mei itu sebagai hari buruh sedunia dan mengeluarkan resolusi bahwa “Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis.”

Resolusi ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai negara dan sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei, yang diistilahkan dengan May Day, diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara, meskipun mendapat tekanan keras dari pemerintah mereka. Indonesia pada tahun 1920 juga mulai memperingati hari Buruh tanggal 1 Mei ini, namun sejak Orde Baru berkuasa, peringatan seperti itu dilarang pemerintah.

Duke Of Wellington Lahir


1 Mei tahun 1769, Arthur Wellesley yang bergelar Duke of Wellington, Perdana Menteri Inggris tahun 1828, terlahir ke dunia. Arthur Wellesley menempuh pendidikan di Eton College Inggris dan akademi militer Perancis. Ia kemudian bergabung dengan angkatan bersenjata Inggris dan terlibat dalam berbagai pertempuran. Wellesley menjadi terkenal atas kemenangannya dalam pertempuran melawan Napoleon di Perang Waterloo tahun 1815. Setelah kemenangan atas Napoleon itu, Jenderal Wellesley pun tinggal di Perancis selama tiga tahun sebagai pemimpin tentara pendudukan koalisi. Tahun 1818, Jenderal Wllesley kembali ke Inggris dan diangkat menjadi menteri. Pada tahun 1827, ia diangkat sebagai Panglima Angkatan bersenjata Inggris. Atas desakan dari Raja George IV, pada tahun 1828 ia dipilih sebagai Perdana Menteri. Namun dua tahun kemudian ia mengundurkan diri karena banyak mendapat penentangan.

Ayatullah Sayyid Hasan Shadr Gugur Syahid

11 Rabiul Awwal tahun 1354 Hijrah, Ayatullah Sayyid Hasan Shadr, seorang ulama terkemuka Islam, meninggal dunia. Beliau berhasil mencapai derajat mujtahid pada usia muda dan masuk ke jajaran ulama terkemuka di hauzah ilmiah Najaf pada masa itu. Ayatullah Hasan Shadr yang terkenal pula dengan nama Shadruddin ini memiliki ilmu yang luas di bidang fiqih, ushul fiqih, teologi, hikmah, hadis, dan lain-lain. Beliau banyak meinggalkan karya-karya penulisan di antaranya berjudul “Ta’sisu-Syiah al-Kiram lifunuunil Islam” dan “Tahsiilul Furu’ ad-Diiniiyah fi Fiqhil Imaamiyah.”

2 Mei

Dinasti Romanov Dimulai


2 Mei tahun 1613, dengan diangkatnya Mikhail Romanov sebagai Tsar Ruisa, dimulailah masa 304 kekuasaan Dinasti Romanov di negara itu. Sebelum Dinasti Romanov berkuasa, Rusia diperintah oleh Dinasti Rurik. Setelah Fyodor I, raja terakhir dari Dinasti Rurik meninggal tahun 1598, Rusia mengalami 15 tahun masa chaos yang berakhir ketika para anggota dewan tanah, memilih Mikhail Romanov sebagai Tsar baru. Kekuasaan Dinasti Romanov berakhir tragis pada tahun 1917, ketika rakyat Rusia bangkit menentang penguasa mereka akibat kemiskinan dan kelaparan yang merajalela di negeri mereka. Tsar terakhir dari Dinasti Romanov, yaitu Nicholas II beserta keluarganya dihukum mati oleh rakyat dan rezim sosialis pun kemudian berkuasa di Rusia.

Perang Irak-Inggris Dimulai

2 Mei tahun 1941, dimulailah perang antara Irak dan Inggris. Alasan utama terjadinya peperangan ini adalah berlanjutnya penguasaan Inggris terhadap ladang-ladang minyak milik Irak dan besarnya campur tangan yang dilakukan Inggris dalam urusan dalam negeri Irak. Pendudukan Inggris di Irak dimulai sejak berakhirnya Perang Dunia Pertama yang mengakibatkan kekalahan Imperium Ottoman sehingga wilayah kekuasaannya, di antaranya Irak, dibagi-bagi oleh negara-negara pemenang perang. Inggris kemudian mengangkat Amir Feisal, putra Husain, penguasa Mekah, sebagai raja di Irak. Namun, secara bertahap partai-partai politik di Irak mulai bangkit dan berusaha untuk meraih kemerdekaan Irak. Rashid Ali Gilani, salah seorang pejuang kemerdekaan Irak, memimpin perang melawan Inggris dengan mengharapkan dukungan dari Jerman. Namun, bantuan dari Jerman tak kunjung sampai, sehingga pejuang Irak terpaksa menelan kekalahan dan Inggris kembali menduduki Irak. Sementara itu, Rashid Ali sendiri melarikan diri ke luar negeri.

Murtadha Muthahhari Gugur Syahid

2 Mei 1979, Ayatullah Murtadha Muthahhari, seorang cendekiawan besar muslim, gugur syahid akibat serangan kelompok teroris Furqan. Ayatullah Muthahhari lahir pada tahun 1299 Hijriah Syamsiah (1921 Masehi) di kota Fariman, timur laut Iran dalam sebuah keluarga yang relijius. Pada usia 12 tahun beliau masuk ke hauzah ilmiah Mashad dan beberapa tahun kemudian melanjutkan pendidikannya ke hauzah ilmiah di kota Qom. Di sana beliau menuntut ilmu dari berbagai ulama terkemuka, di antaranya Ayatullah Burujerdi, Ayatulah Khomeini, dan Allamah Thabathabai. Selama menuntut ilmu di hauzah ilmiah Qom, Muthahhari bersama ulama-ulama pejuang lainnya aktif dalam gerakan perlawanan terhadap rezim despotik Shah Pahlevi. Revolusi Islam Iran yang dipimpin oleh para ulama itu akhirnya meraih kemenangan di bulan Februari tahun 1979, namun tiga bulan kemudian, Ayatullah Muthahhari gugur syahid.

Rasulullah Lahir

12 Rabiul Awwal 53 tahun sebelum Hijrah, berdasarkan catatan sebagian sejarawan, di antaranya Mas’udi, Rasulullah Muhammad SAWW terlahir ke dunia. Namun, sebagian sejarawan lainnya menyatakan bahwa tanggal kelahiran Nabi Muhammad adalah 17 Rabiul Awwal. Atas dasar inilah, Republik Islam Iran menetapkan hari-hari antara tanggal 12 hingga 17 Rabiul Awwal sebagai Pekan Persatuan Kaum Muslimin. Setiap tahun, dalam peringatan Pekan Persatuan Kaum Muslimin ini Iran mengadakan konferensi yang mengundang ulama-ulama muslim dari berbagai negara Islam dan dari berbagai mazhab. Masalah utama yang dibahas dalam Konferensi Persatuan Muslimin ini adalah mencari jalan untuk mempersatukan kaum muslimin dalam melawan musuh-musuh dunia Islam.

Mesjid Pertama Dibangun

12 Rabiul Awwal tahun pertama Hijrah, Rasulullah membangun masjid pertama dalam Islam di sebuah desa bernama Quba, di dekat Madinah. Pembangunan mesjid itu dilakukan ketika Rasulullah dalam perjalanan beliau hijrah dari Mekah ke Medinah, berhenti di desa Quba untuk menunggu kedatangan Ali bin Abi Thalib a.s. dan rombongannya. Sebelumnya, pada malam ketika Rasulullah akan berhijrah, Ali a.s. berbaring di tempat tidur Rasulullah untuk mengelabui kaum musyrik yang berniat membunuh Rasulullah. Setelah itu, Ali.as. tinggal selama tiga hari di Mekah dan kemudian bersama beberapa sanak keluarganya, menyusul Rasulullah. Mesjid Quba yang bersejarah itu hingga kini masih berdiri meskipun mengalami banyak perubahan.

Ahmad bin Hanbal Meninggal


12 Rabiul Awwal tahun 241 Hijriah, Ahmad bin Hanbal, seorang ulama muslim terkemuka, meninggal dunia di kota Bagdad. Dia dilahirkan pada tahun 164 Hijriah di Bagdad dan melewati masa pendidikannya di kota tersebut, juga di kota-kota lainnya. Ahmad bin Hanbal menuntut ilmu dari berbagai ulama, di antaranya Imam Syafii. Ahmad bin Hanbal amat giat dalm mengumpulkan hadis sehingga ia melakukan perjalanan ke kota Kufah, Basrah, Mekah, Madinah, Suriah, Yaman, dan Aljazair, dalam rangka pengumpulan hadis. Hadis-hadis tersebut kemudian dikumpulkannya dalam sebuah buku bernama Musnad bn Hanbal. Ahmad bin Hanbal juga merupakan pendiri mazhad Han

4 Mei

Costa Rica Ditemukan


4 Mei tahun 1502, Christopher Columbus dalam perjalanan ekspedisinya yang keempat, menemukan kawasan Costa Rica dan selama tiga abad kemudian, kawasan ini dijajah oleh Spanyol. Pada tahun 1821, seiring dengan kemerdekaan Amerika Tengah dari penjajahan Spanyol, Costa Rica pun menjadi negara merdeka yang bergabung dengan Meksiko. Dua tahun kemudian, setelah terjadi perang saudara, Costa Rica melepaskan diri dari Meksiko dan bergabung dengan Federasi Amerika Tengah. Pada tahun 1824, Juan Mora Fernandez terpilih sebagai pemimpin negara Costa Rica pertama dan selama masa pemerintahannya ia banyak melakukan reformasi seperti pendirian sistem pengadilan modern, penerbitan surat kabar nasional pertama, dan perluasan pendidikan. Namun, Costa Rica masih dipenuhi dengan persaingan poltik dan pada September 1835 meletuslah perang saudara. Braulio Carrillo kemudian merebut kekuasaan di Costa Rica dan pada tahun 1838, ia menarik Costa Rica dari Federasi Amerika Tengah serta memproklamasikan kemerdekaan penuh Costa Rica.

Perjanjian Finkenstein Ditandatangani

4 Mei tahun 1807, Iran dan Perancis menandatangani perjanjian Finkenstein. Dalam perjanjian ini disebutkan bahwa segala jenis senjata yang diperlukan Iran dalam melawan Rusia akan diperolehnya dari Perancis. Perancis juga berjanji akan mengirimkan sejumlah perwira artileri dan arsitek militernya untuk melatih para tentara Iran. Di pihak lain, Iran berjanji akan menghentikan hubungannya dengan Inggris dan akan mendampingi Perancis dalam pengiriman pasukan ke India. Namun dalam jangka waktu pendek, dengan ditandatanganinya perjanjian persahabatan antara Tsar Rusia dengan Napoleon, dan bersatunya mereka dalam melawan Inggris, perjanjian Finkenstein dilupakan sehingga Iran tinggal sendirian dalam menghadapi invasi Rusia.

NAZI Bubar


4 Mei tahun 1945, Partai Nasionalis-Sosialis Jerman atau NAZI, secara resmi dibubarkan. Partai ini mulai berkuasa di Jerman pada tahun 1932 dan menerapkan diktatorisme, kekerasan, dan represi dalam pemerintahan. Cikal bakal Partai Nazi adalah Partai Buruh Jerman. Tak lama setelah Hitler bergabung dengan partai tersebut, pada Oktober 1920 partai itu berubah nama menjadi Partai Nazi. Dalam waktu singkat, pada tahun 1921, Hitler berhasil mengambil alih kepemimpinan di Partai Nazi karena kemampuan orasinya yang hebat. Dalam jangka waktu tiga tahun, Hitler mampu menarik anggota sebanyak enam juta orang dengan mengemukakan isu-isu hiper-inflasi yang diderita Jerman dan nasib kelas buruh. Setelah kekalahan Jerman dalam PD II, Partai Nazi dibubarkan dan dinyatakan sebagai organisasi terlarang.

Yazid Bin Muawiyah Meninggal

14 Rabiul Awwal tahun 64 Hijriah, Yazid bin Muawiyah, cucu dari Abu Sufyan, meninggal dunia. Yazid dinobatkan sebagai khalifah umat Islam oleh ayahnya, Muawiyah bin Abu Sufyan. Para sejarawan Islam mencatat, selama hampir empat tahun masa pemerintahannya, Yazid banyak melakukan kezaliman terhadap kaum muslimin, di antaranya pembantaian terhadap Imam Husain a.s., cucu Rasulullah, dan keluarga beliau di Padang Karbala, pembunuhan massal di Madinah, dan penyerangan ke Mekah serta perusakan terhadap Ka’bah.

Muhammad bin Hakim Lahir

14 Rabiul Awwal tahun 1019 Hijriah, Muhammad bin Hakim, atau Chong Ji Moy, seorang ulama muslim di Cina, terlahir ke dunia di Isfahan, Iran. Nenek moyang Muhammad bin Hakim berasal dari Uzbekistan dan pada umur sembilan tahun ia dibawa pamannya ke Cina. Muhammad bin Hakim mengabdikan hidupnya untuk menyebarkan Islam di daratan Cina. Selain itu, ia juga mengajarkan bahasa Arab dan Persia kepada warga muslim Cina. Muhammad bin Hakim adalah orang yang membangun masjid besar Ji Nin dan di kalagan umat muslim Cina, ia dikenal sebagai pakar tafsir Al-Quran.

5 Mei

Karl Marx Lahir


Tanggal 5 Mei tahun 1818, Karl Marx, filsuf Jerman pendiri aliran Marxisme, terlahir ke dunia. Marx menuntut ilmu di Universitas Berlin dengan mendalami bidang sejarah dan filsafat. Ketika kuliah itulah ia berkenalan dengan kelompok anti agama dan anti otokrasi pendukung pandangan filsuf Jerman, Hegel. Setelah meraih gelar doktor, ia diundang oleh kelompok politik oposisi beraliran Hegel untuk menjadi penulis utama di koran mereka. Marx kemudian menulis artikel-artikel yang menentang pemerintah dan mendapat sambutan luas dari masyarakat. Akibatnya, koran tersebut ditekan oleh pemerintah dan Marx pun mengundurkan diri. Pada tahun 1843, Marx menikahi Jenny von Westphalen dan kemudian mereka pindah ke Paris. Di Paris, Marx mempelajari ekonomi politik dan sejarah revolusi Perancis. Di Perancislah Marx memulai kritiknya terhadap agama dan membangun konsep komunismenya. Pada tahun 1844, Friedrich Engels datang ke Paris dan bertemu dengan Marx untuk pertama kalinya. Mereka berdua lalu bekerjasama dalam membangun pemikiran-pemikiran revolusioner dan komunis. Karya-karya bersama mereka di antaranya berjudul “The Holy Family”, “The German Ideology,” dan “The Communist Manifesto”.

Napoleon Bonaparte Meninggal Dunia

Tanggal 5 Mei tahun 1821, Napoleon Bonaparte, mantan kaisar Perancis, meninggal dunia di tanah pengasingan. Napoleon dilahirkan pada tahun 1769 dan pada usia muda, ia masuk Akademi Militer Perancis. Karir militer Napoleon semakin meningkat pasca Revolusi Perancis tahun 1789 dan pada tahun 1802, rakyat perancis memilihnya sebagai Konsul seumur hidup. Pada tahun 1804, Napoleon dinobatkan sebagai Kaisar Perancis. Napoleon sangat berambisi untuk memperluas wilayah kekuasaannya sehingga periode kekuasaannya dipenuhi dengan berbagai peperangan. Namun pada tahun 1812 setelah mengalami kekalahan besar dari Rusia, kekuatan Perancis semakin melemah. Setelah kalah dalam melawan pasukan gabungan Rusia, Inggris, dan Austria pada tahun 1814, Napoleon digulingkan dari kekuasaannya dan dibuang ke pulau Elba. Namun Napoleon berhasil melarikan diri dari Pulau Elba dan kembali ke Perancis untuk merebut kekuasaan. Setelah 100 hari berkuasa, Napoleon kembali digulingkan setelah kalah dalam Perang Waterloo melawan Inggris. Ia pun ditawan Inggris dan dibuang ke pulau St. Helen dan enam tahun kemudia ia meninggal dunia.

Bobby Sands Meninggal

Tanggal 4 Mei tahun 1945, Bobby Sands, seorang pejuang kemerdekaan Irlandia, meninggal dunia setelah melakukan aksi mogok makan. Bobby Sands dilahirkan tahun 1954 dan hidup bersama orangtuanya di tempat penampungan. Sepanjang hidupnya Bobby dan keluarganya banyak mendapat tekanan dan intimidasi dari kelompok pro Inggris dan kondisi hidup yang berat ini membuat semangat nasionalismenya bangkit untuk memperjuangan kemerdekaan Irlandia. Pada usia 18 tahun, Bobby Sands bergabung dengan Gerakan Republik. Pada tahun 1972, ia ditahan dan empat tahun kemudian kembali dibebaskan, namun ia tetap meneruskan perjuangannya. Enam bulan kemudian ia kembali ditahan. Selama dalam penjara, ia mulai menulis artikel-artikel perjuangan yang dimuat di Republican News. Pada tanggal 27 Oktober 1980, menyusul macetnya perundingan antara penguasa Inggris dan pemimpin Katolik Irlandia, Bobby dan tujuh tawanan lainnya memulai aksi mogok makan. Selama 17 hari pertama masa mogok makannya, Bobby menulis buku harian secara rahasia yang berisi pemikiran dan pandangan perjuangannya. Setelah 65 hari mogok makan, Bobby Sands akhirnya meninggal.

Muhammad Qazvini Lahir

Tanggal 15 Rabiul Awwal tahun 1294 Hijriah, Muhammad Qazvini, seorang sastrawan, peneliti, dan sejarawan kontemporer Iran, terlahir ke dunia di kota Teheran. Sejak muda, ia telah menunjukkan minat dan bakat dalam dunia sastra dan teologi. Ia pun menuntut ilmu dari ayahnya dan sastrawan lain pada masa itu. Selama beberapa waktu, Muhammad Qazvini tinggal di Eropa dan membuat penulisan ulang dari buku-buku yang berbahasa Persia yang tersimpan di museum-museum Eropa. Karya-karya yang ditinggalkan Muhammad Qazvini antara lain berjudul “Sejarah dan Kehidupan Hidup pada Masa Hafidz”. Peneliti besar Iran ini meninggal dunia tahun 1369 Hijriah dan dimakamkan di kota Rey, di selatan Teheran.

6 Mei

Joseph Stalin Mengangkat Diri Sebagai PM Rusia


Tanggal 6 Mei tahun 1941, Joseph Stalin mengangkat dirinya sebagai Perdana Menteri Rusia. Stalin lahir pada tanggal 21 Desember 1879 di Georgia dalam sebuah keluarga miskin. Ia kemudian masuk ke sebuah seminari teologi dan bergabung dengan gerakan bawah tanah beraliran Marxis. Pada tahun 1901, Stalin bergabung dengan Partai Buruh Sosial Demokratik Rusia dan karirnya meningkat setelah bertemu dengan Lenin, pemimpin revolusi komunis di Rusia. Pada tahun 1922, ia diangkat menjadi Sekjen Partai Komunis dan enam tahun kemudian, yaitu tahun 1928, Stalin menerapkan program industrialisasi lima tahunan yang diberi nama “revolusi dari atas” untuk mengejar ketertinggalan Soviet di bidang industri. Dalam program ini, pemerintah mengambil alih kontrol di bidang ekonomi, menasionalisasi industri dan perdagangan, serta memaksa 25 juta petani untuk menyerahkan tanah milik mereka. Para petani itu dipaksa untuk bekerja pada ladang pertanian milik pemerintah dan demi mengejar kuota produksi, mereka harus menanggung kelaparan. Hingga tahun 1937, revolusi paksaan ini menghasilkan kematian 14,5 juta petani di Soviet peasants. Pada tahun 1929, setelah kematian Lenin, Stalin diangkat sebagai pemimpin Soviet dan pada tahun 1941, ia mengangkat dirinya sebagai Perdana Menteri rusia

Maurice Maeterlinck Meninggal Dunia

Tanggal 6 Mei tahun 1949, Maurice Maeterlinck, seorang penulis terkenal asal Belgia, meninggal dunia dalam usia 87 tahun. Dia menuntut ilmu hukum dan sempat berpraktek sebagai pengacara, namun merasa tidak cocok dengan pekerjaan itu. Maurice Maeterlinck kemudian tinggal di Paris dan menggeluti bidang sastra. Karya pertamanya adalah kumpulan puisi berjudul Serres chaudes yang terbit tahun 1889. Pada tahun yang sama, Maeterlinck menerbitkan karya dramanya yang pertama berjudul La Princesse Maleine, sebuah karya yang membuatnya langsung terkenal. Maeterlinck juga menghasilkan karya-karya berupa prosa, di antaranya berjudul Wisdom and Destiny. Pada tahun 1911 Maeterlinck mendapat hadiah Nobel di bidang sastra.
Tentara AS di Philipina Menyerah Kepada Jepang

62 tahun yang lalu, tanggal 6 Mei tahun 1942, seluruh tentara AS di Filipina menyerah tanpa syarat kepada pasukan Jepang di bawah pimpinan Jenderal Homma. Pasukan AS di Filipina yang dikomandani Letjen Wainwright, saat itu berada di Pulai Corregidor yang merupakan satu-satunya basis Sekutu di Filipina yang masih bertahan. Namun, ketika tentara Jepang akhirnya mencapai pantai utara pulau itu, Letjen Wainwright memutuskan untuk menyerah karena kondisi pasukannya yang memburuk. Sejumlah 11.500 tentara Sekutu digiring Jepang ke penjara di Manila dan ditahan hingga tahun 1945 ketika Jepang menyerah kepada Sekutu.

Majid Sharif Waqi’iy Gugur Syahid

Tanggal 6 Mei tahun 1975, Majid Sharif Waqi’iy, seorang anggota Organisasi Mujahiddin Khalq, gugur syahid di tangan rekan-rekannya yang berhaluan Marxis. Organisasi Mujahidin Khalq atau MKO didirikan tahun 1966 oleh sekelompok pemuda dengan tujuan untuk melakukan perlawanan bersenjata terhadap rezim Shah. Namun, sebagian anggota MKO akhirnya terpengaruh paham marxisme dan mereka berusaha meraih kepemimpinan atas organisasi ini dengan cara membunuhi para anggota yang memegang teguh ajaran Islam, di antaranya Majid Sharif Waqi’iy. Setelah kemenangan Revolusi Islam Iran tahun 1979, MKO melakukan penentangan terhadap Republik Islam dan melakukan aksi-aksi teror untuk membunuh para pejabat Republik Islam, di antaranya Presiden Iran Syahid Rejai, dan Perdana Menteri Iran, Syahid Bahunar, pada tahun 1981.

Sholat Jumat Pertama

Tanggal 16 Rabiul Awwal tahun pertama Hijriah, menurut catatan sebagian riwayat Islam, Rasulullah SAWW mendirikan sholat jumat pertama. Ketika Rasulullah dalam perjalanan hijrah dari Mekah ke Madinah, sesampainya beliau di tempat kabilah Bani Salim bin Auf di wilayah Quba, beliau mendirikan sholat dan menyampaikan khutbah Jumat pertama itu.

Dimulainya Perlawanan Spanyol Terhadap Perancis

196 tahun yang lalu, tanggal 7 Mei tahun 1808, penduduk Spanyol memulai perjuangan melawan tentara Perancis yang menduduki negeri mereka. Spanyol pada masa itu merupakan salah satu imperialis besar dunia dan memiliki wilayah jajahan yang sangat luas di luar Eropa. Namun kali ini, rakyat Spanyol pun terpaksa merasakan kepahitan hidup di bawah penjajahan bangsa asing. Setelah lima tahun berjuang, akhirnya pada bulan Desember tahun 1813, rakyat Spanyol berhasil mengusir tentara Napoleon itu dari negeri mereka. Namun, dalam masa penjajahan itu pula Spanyol kehilangan sebagian besar kawasan jajahannya di Amerika Selatan yang berhasil memanfaatkan kelemahan Spanyol untuk memerdekakan diri.

Penjajahan Inggris atas Zambia Dimulai116 tahun yang lalu, tanggal 7 Mei tahun 1888, penjajahan Inggris di Zimbabwe dimulai. Arsitek dan pelaksana penjajahan atas Zimbabwe itu adalah seorang politikus dan pedagang Inggris bernama Cecil Rhodes yang mendirikan Perusahaan Afrika Selatan-Inggris. Perusahaan itu kemudian diperluas hingga ke Zimbabwe dan dengan bantuan tentara Inggris, ribuan penduduk pribumi dibunuh massal dan sebagian lainnya ditawan. Ketika akhirnya seluruh wilayah Zimbabwe dikuasai, negeri itu diberi nama Rodhesia. Setelah puluhan tahun berjuang, rakyat Rhodesia berhasil memerdekakan diri dan mengubah nama negara mereka menjadi Zimbabwe.

Rasulullah Lahir

1478 tahun yang lalu, tanggal 17 Rabiul Awwal tahun 53 sebelum Hijriah, berdasarkan sebagian besar riwayat sejarawan Islam, Nabi besar Islam, Muhammad SAWW terlahir ke dunia. Ayah beliau bernama Abdullah yang berasal dari kabilah Bani Hashim dan ibu beliau bernama Aminah. Sebelum dilahirkan, Muhammad SAWW telah kehilangan ayahnya yang meninggal dunia akibat sakit dan ketika berusia enam tahun, ibu beliau juga berpulang ke rahmatullah. Muhamamd SAWW kemudian diasuh oleh kakek beliau, Abdul Muthalib, namun dua tahun kemudian kakek beliau wafat dan Muhammad SAWW diasuh oleh paman beliau, Abu Thalib. Sejak muda, Muhammad SAWW sudah digelari Al-Amin karena kejujurannya yang amat dikenal masyarakat. Sejak muda pula, beliau sering menyendiri di gua Hira’ untuk bertafakur dan menjauhkan diri dari kehidupan jahiliah kaumnya. Ketika Muhammad SAWW berusia 40 tahun, Allah SWT mengutus malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu dan menyampaikan kabar mengenai pengangkatan beliau sebagai Rasulullah. Sejak itu, Muhammad SAWW melaksanakan tugasnya sebagai rasul penyampai petunjuk Allah, dengan mengalami banyak penderitaan akibat penentangan dari kaum musyrik. Kini agama Islam telah tersebar ke berbagai penjuru bumi dan menjadi agama terbesar di dunia.

Imam Jafar Shadiq Lahir

1342 tahun yang lalu, tanggal 17 Rabiul Awwal tahun 83 Hijriah, Imam Jafar Shadiq a.s., cucu Rasulullah generasi kelima, terlahir ke dunia di kota Madinah. Sampai usia 12 tahun, beliau diasuh oleh kakek beliau, Imam Sajjad, dan sembilan belas tahun kemudian dilaluinya di bawah bimbingan ayah beliau, Imam Muhammad Baqir a.s.

Imam Jafar Shadiq a.s. hidup di masa ketika Dinasti Bani Ummayah sedang mengalami kemunduran dan Dinasti Bani Abbasiah mulai merebut kekuasaan. Masa itu dimanfaatkan oleh Imam Jafar Shadiq untuk menyebarkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan Islam yang murni dan hakiki.

Selain menguasai ilmu dan makrifat Islam, Imam Jafar Shadiq juga menguasai ilmu kedokteran, kimia, matematika, dan bidang-bidang ilmu lainnya. Pada masa hidupnya, Imam Jafar Shadiq a.s. merupakan sumber rujukan ilmu dan beliau dikunjungi banyak orang dari berbagai penjuru dunia untuk meminta jawaban atas berbagai persoalan ilmu. Tercatat ada empat ribu murid yang belajar kepada Imam Shadiq, di antaranya Jabir bin Hayyan, seorang kimiawan muslim terkenal.

Imam Shadiq a.s. gugur syahid pada tahun 148 Hijriah.

9 Mei

Amerigo Vespucci Lahir

9 Mei tahun 1454, Amerigo Vespucci, pelaut dan penjelajah Italia terkenal, terlahir ke dunia di kota Florence. Vespucci menuntut ilmu di bidang sastra, bahasa Latin, fisika, geometri, atronomy, dan kosmograpy, lalu bekerja di beberapa tempat. Keberhasilan penjelajahan Christopher Columbus membuat Vespucci tertarik untuk ikut serta dalam ekspedisi pencarian jalan tembus dari Eropa ke India. Setelah mendapat kapal dari Raja Ferdinand, Vespucci memulai ekspedisinya pada tahun 1497. Sekitar 27 hari kemudian, ia tiba di benua Amerika, kemungkinan wilayah Brazil, dan diterima baik oleh warga pribumi. Vespucci kemudian mengelilingi sebagian besar wilayah Amerika Serikat dan kembali ke Spanyol. Dia mendarat di Cadiz, Spanyol pada tahun 1498. Kisah perjalanan Vespucci diterbitkan oleh ahli geografi Jerman bernama Muller pda tahun 1507 dan di dalam bukunya itu Muller mengusulkan agar benua yang baru ditemukan itu diberi nama Amerika, sesuai dengan nama penemunya, Amerigo Vespucci. Vespucci meninggal dunia tahun 1512.

Taj Mahal Selesai Dibangun

9 Mei tahun 1653, Taj Mahal, yang merupakan salah satu bangunan arsitektur Islam terindah di dunia, selesai dibangun. Pada tahun 1631, Raja Mongol India, Shahjahan melakukan perjalanan ke selatan dengan ditemani istrinya Mumtaz Mahal, namun istrinya itu meninggal di Burhanpur. Saat itu, Mumtaz Mahal baru berusia 39 tahun dan telah melahirkan empatbelas anak. Setelah itu, selama dua tahun Shahjahan mengurung diri di istananya dan tidak mengadakan perayaan apapun. Untuk mengenang istri yang sangat dicintainya itu, makam Mumtaz Mahal dibangun dalam sebuah istana yang indah, di kota Agra, di utara Uttar Pradesh, di tepi sungai Yamuna. Pembangunan istana ini dimulai tahun 1633 dengan pekerja 20.000 orang dan masa pembangunan 17 tahun. Para ahli arsitektur, kaligrafi, dan pengrajin batu didatangkan dari berbagai negeri, termasuk arsitek Persia bernama Isa Isfahani.

Frederick Schiller Meninggal

9 Mei tahun 1805, Frederick Schiller, salah seorang tokoh sastra terbesar Jerman meninggal dunia. Puisi-puisi aliran romantis di Jerman sangat dipengaruhi oleh Schiller. Schiller bahkan dianggap sebagai pembangun kesusasreaan Jerman modern di samping Goethe. Naskah-naskah drama karya Schiller umumnya berupa tragedi atau epik dengan latar belakang sejarah dan politik yang mencerminkan idealisme dan prinsip etikanya yang tinggi, serta pembelaannya atas kebebasan. Krya drama Schiller di antaranya berjudul Wallenstein dan Don Carlos.

Armenia Menyerang Azerbaijan

9 Mei 1992, tentara Armenia memulai serangannya ke Azerbaijan. Pertentangan antara kedua negara ini berakar dari keinginan etnis Armenia yang tinggal di kawasan Nagorno-Karabakh yang terletak di Azerbaijan untuk memerdekakan diri, sejak tahun 1923. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, konflik tersebut semakin meruncing atas campur tangan pemerintah Armenia. Pada tahun 1992, Armenia memulai invasinya ke Azerbaijan sehingga mengakibatkan tewasnya ribuan orang dan mengungsinya 1,4 juta orang. Meskipun pada tahun 1993 telah diadakan gencatan senjata, namun sebagian wilayah Azerbaijan masih diduduki Armenia dan konflik Nagorno-Karabakh hingga kini masih belum tuntas.

10 Mei

Jerman dan Perancis Menandatangani Perjanjian Damai

10 Mei tahun 1871, menyusul kekalahan tentara Perancis dari Jerman pada perang yang berlangsung sebelumnya, kedua negara menandatangani perjanjian damai di kota Frankfurt, Jerman. Berdasarkan perjanjian itu, Perancis diwajibkan membayar ganti rugi perang sebesar satu juta frank kepada Jerman. Selain itu, Perancis juga diharuskan menyerahkan sejumlah kawasan koloninya seperti Strasburg dan Alsas kepada Jerman. Perjanjian tersebut semakin mengukuhkan Kanselir Jerman Bismark sebagai orang kuat Jerman, dan negara bangsa Aria itu juga semakin memperlihatkan diri sebagai imperium sangat besar di Benua Eropa.

Perjanjian damai antara kedua negara itu ternyata tidak mengakhiri konflik antara Paris dan Berlin. 69 tahun kemudian, Jerman dan Perancis juga terlibat perang secara langsung sebagai dua pihak yang bersengketa dalam Perang Dunia II. Saat itu, pasukan Jerman di bawah komando Hitler membombardir kota Paris dari udara. Akibatnya, untuk beberapa waktu, Paris diduduki oleh pasukan Nazi Jerman.
Polisario Dideklarasikan

10 Mei tahun 1973, sebuah organisasi pembebasan kawasan Sahara Barat di utara Afrika bernama Polisario dibentuk. Organisasi yang bertujuan untuk memperjuangkan kemerdekaan kawasan Sahara Barat dari koloni Spanyol itu mendapatkan sambutan meluas dari masyarakat setempat. Kuatnya dukungan masyarakat atas organisasi ini sampai menyebabkan tentara Spanyol angkat kaki dari Sahara Barat dua tahun berikutnya, yaitu tahun 1975. Tahun itu pula, Spanyol menyerahkan kekuasaan atas Sahara Barat kepada Maroko dan Mauritania. Akan tetapi, akibat tekanan sejumlah pihak luar, Mauritania kemudian menyatakan tidak bersedia menerima penyerahan itu. Maroko yang menerima penyerahan kekuasaan dari Spanyol langsung melakukan penyerangan ke kawasan Sahara Barat untuk menaklukannya. Serangan itu kemudian terbentur perlawanan gigih Polisario yang didukung oleh rakyat.

Tahun 1991, PBB datang menengahi konflik antara Maroko dan Polisario, dan kedua pihak sepakat untuk menyerahkan nasib kawasan Sahara Barat pada sebuah referendum. Akan tetapi, kesepakatan itu juga tidak bisa diimplementasikan gara-gara kedua pihak berselisih pendapat secara tajam mengenai syarat-syarat peserta referendum. Hingga kini, referendum itu masih belum bisa dilaksanakan. Status Sahara Barat pun hingga kini masih mengambang, meskipun sejumlah besar negara mengakui kemerdekaan Sahara Barat dan menyebut Polisario sebagai representasi sah rakyat di kawasan itu.

90 Anggota Keluarga Al-Hakim Ditangkap

10 Mei tahun 1983, Rezim Ba’ats Irak pimpinan diktator Saddam Husein menangkap 90 orang keluarga Ayatullah Al-Hakim, ulama paling berpengaruh di Irak pada zamannya. 10 orang di antara mereka kemudian dijatuhi hukuman mati. Ayatullah Al-Hakim sendiri wafat pada tahun 1969. Akan tetapi, keluarga Al-Hakim yang sejak beberapa dekade dikenal sebagai keluarga ulama sekaligus pejuang selalu saja melahirkan pemimpin-pemimpin kharismatis yang sangat dihormati rakyat Irak. Posisi kharismatis keluarga tersebut di tengah masyarakat Irak menimbulkan kekhawatirkan Rezim Ba’ats yang merasa terancam kekuasaannya. Untuk itu, Saddam tidak pernah berhenti melakukan represi terhadap keluarga besar Al-Hakim dengan cara menteror, menangkapi, bahkan membunuhnya.

Abu Thayyib Thabari Meninggal Dunia

20 Rabiul Awwal tahun 450 hijriah Abu Thayyib Thabari seorang ulama dan sastrawan muslim terkenal meninggal dunia di kota Baghdad dalam usia 102 tahun. Beliau dilahirkan di Amul, sebuah kawasan di utara Iran, pada tahun 347 hijriah. Setelah usianya beranjak dewasa, Thabari melakukan perjalanan ke Bahhdad dalam rangka menuntut ilmu. Di kota itu pulalah beliau akhirnya menetap dan menjalani tugas keulamaannya hingga akhir hayatnya. Di antara karya terkenal Thabari adalah buku-buku berjudul “Jawabun fis-Sima’ wal Ghina” dan “At-Ta’liqatul Kubra fil Furu’”.

Abiwardi Wafat

20 Rabiul Awwal tahun 507 hijriah, Muhamad bin Ahmad bin ‘Utsman, terkenal dengan nama Abiwardi, seorang penyair dan sastrawan terkenal Iran,meninggal dunia di kota Isfahan. Abiwardi adalah seorang sastrawan yang semasa hidupnya dikenal memiliki cita rasa sastra dan bahasa yang sangat tinggi. Hingga kini, karya tulisnya di bidang bahasa dan sastra masih dianggap sebagai salah satu sumber rujukan ilmiah yang cukup penting. Di antara karya tulisnya adalah kitab berjudul “Tarikh Abiward” dan “Thabaqatul Ulum”.

11 Mei

Ethel Lillian Winch Terlahir ke Dunia

11 Mei tahun 1864, Ethel Lillian Winch, seorang penulis terkenal Inggris terlahir ke dunia. Pada usia 21 tahun, Winch pergi ke Rusia. Di negara ini, Winch mempelajari sastra dan dan menunjukkkan minatnya yang sangat besar terhadap dunia sastra. Setelah itu, Winch menulis sejumlah karya sastra yang terkenal, di antaranya berjudul “Jack Diamond” dan “Tanggalkan Sepatumu”. Winch meninggal dunia pada tahun 1960.

Salvador Dali, Pelukis Perintis Aliran Kubisme, Lahir

11 Mei tahun 1904, Salvador Dali, pelukis kontemporer ternama asal Spanyol terlahir ke dunia di kota Fiqueras. Dali adalah perintis lahirnya aliran Kubisme dalam dunia seni lukis. Bakat melukisnya sudah terlihat sejak ia masih remaja dan dengan cepat, ia terkenal sebagai pelukis modern dengan ide-ide baru yang segar sekaligus mengejutkan. Dali meninggal dunia tahun 1989 pada usia 85 tahun.

Pemancar Televisi Pertama Beroperasi

11 Mei tahun 1939, untuk pertama kalinya, sebuah pemancar televisi dioperasikan di kota Berlin, Jerman. Dengan demikian, dunia mulai berkenalan dengan alat komunikasi secara visual. Stasiun televisi itu kemudian diberi nama Nipko, sebagai penghargaan terhadap Powel Nipko, ilmuwan terkenal Jerman dan salah seorang penemu alat televisi. Peranan besar Nipko dalam penemuan televisi terkait dengan penemuannya terhadap cara mengubah gambar menjadi gelombang dan pengubahan kembali gelombang itu menjadi gambar.

Tentara Inggris dan Perancis Memasuki Kawasan Belgia

11 Mei tahun 1940, tentara sekutu yang merupakan gabungan dari tentara Inggris dan Perancis memasuki kawasan Belgia. Tindakan itu dilakukan sebagai langkah pembelaan atas Belgia yang tengah menghadapi serangan militer tentara Nazi Jerman. Akan tetapi, kekuatan tentara Jerman ternyata tidak bisa ditandingi oleh pasukan sekutu. Jerman bukan hanya berhasil mengalahkan pasukan Belgia, melainkan malah berhasil mengusir pasukan gabungan Inggris dan Perancis. Akhirnya, seluruh kawasan Belgia dikuasai oleh tentara Nazi.

Kota Jerevan, Armenia, Jatuh ke Tangan Tentara Rusia

21 Rabiul Awwal tahun 1243 hijriah, kota Jerevan di kawasan Armenia jatuh ke tangan tentara Rusia. Kejadian itu menyusul perang yang berlangsung antara tentara Iran melawan tentara Rusia dalam rangka memperebutkan kota tersebut. beberapa waktu kemudian, Raja Iran Fath Alisyah Qajar secara resmi menyerahkan kekuasaan kota Jerevan kepada Rusia. Menyusul kekalahan tersebut, dibuatlah perjanjian Turkmanchai oleh kedua negara yang menyebabkan terlepasnya sejumlah besar kawasan kekuasaan Iran lain yang terletak di Azerbaijan utara dan Kaukasus, kepada Rusia.

12 Mei

Gabriel Faure Lahir

12 Mei tahun 1845, Gabriel Faure, komposer ternama Perancis terlahir ke dunia. Dunia musik sudah digelutinya sejak ia masih remaja. Berkat bakat dan ketekunannya, Faure dengan cepat menjadi salah seorang master di dunia musik. Di antara karya terkenal Faure adalah komposisi musik berjudul “After a Dream”, “The Roses of Isfahan” dan “Moonlight”. Faure meninggal dunia pada tahun 1924.
Armenia dan Azerbaijan Melakukan Gencatan Senjata

12 Mei tahun 1994, Azerbaijan dan Armenia menyepakati gencatan senjata untuk mengakhiri perang di antara keduanya. Kedua negara yang baru saja merdeka dari Uni Sovyet itu terlibat perang sejak tahun 1992 mempersengketakan kawasan Karabakh. Ketika Sovyet bubar, warga Karabakh sebenarnya menyatakan diri sebagai kawasan merdeka. Akan tetapi, secara resmi, kawasan seluas 4.400 km² itu masuk sebagai bagian dari Azerbaijan. Sebagian warga Karabakh yang beragama Kristen ternyata menginginkan lepas dari Azerbaijan yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tahun 1992, tentara Armenia menyerbu kawasan perbatasan Azerbaijan dengan dalih untuk membantu warga Karabakh yang ingin merdeka. Akibat serbuan tersebut, sekitar 20 % kawasan Azerbaijan jatuh ke tangan tentara Armenia. Kemudian, pada tahun 1994, sebuah organisasi bernama Minsk yang diutus oleh PBB berhasil menjadi mediator persengketaan itu hingga akhirnya kedua negara itu menyepakati gencatan senjata.

Kabilah Bani Nadhir Diperangi kaum Muslimin

22 Rabiul Awwal tahun keempat hijriah, kaum muslimin memerangi Bani Nadhir yang beragama Yahudi akibat aksi makar yang dilakukan kabilah tersebut untuk membunuh Rasulullah SAWW. Bani Nadhir adalah satu dari tiga kabilah Yahudi yang diam di sekitar kota Madinah. Ketika Rasulullah datang ke Madinah, ketiga kabilah itu menjalin traktat perjanjian dengan kaum muslimin, yang di antaranya berisikan kesediaan kabilah-kabilah Yahudi untuk tidak melakukan tindakan serangan terhadap kaum muslimin. Setelah Bani Nadhir terbukti melakukan upaya untuk membunuh Nabi, beliau memerintahkan Bani Nadhir agar meninggalkan kota Madinah. Akan tetapi, Bani Nadhir yang mendapatkan janji dukungan dari sejumlah orang munafik di Madinah, secara terang-terangan menolak perintah Rasulullah itu. Akibatnya, Rasulullah memerintahkan pasukan muslimin untuk mengepung benteng pertahanan Bani Nadhir hingga mereka akhirnya terpaksa menyerah dan angkat kaki dari kawasan itu.

13 Mei

Perjanjian Kapitulasion Dinyatakan Tidak Berlaku

13 Mei tahun 1979, perjanjian Kapitulasion yang sebelumnya dibuat oleh AS dengan Rezim Syah Pahlevi dinyatakan batal oleh pemerintahan Islam Iran yang baru terbentuk. Perjanjian itu memang sangat kontroversial sekaligus mengandung unsur penghinaan, karena menurut perjanjian tersebut, seluruh warga negara AS yang tinggal di Iran memiliki kekebalan hukum atas setiap perbuatannya. Seandainya ada warga AS yang melakukan kejahatan di Iran, maka tidak ada lembaga hukum Iran yang bisa mengadilinya, dan yang bersangkutan hanya bisa diadili di negaranya sendiri, yaitu AS.

Sejak perjanjian itu disahkan pada tanggal 13 Oktober tahun 1964, pemimpin gerakan revolusi Islam Iran Imam Khomeini telah menjadikan hal ini sebagai salah satu isu perjuangan revolusinya. Penentangan yang tidak pernah berhenti dari Imam Khomeini terhadap perjanjian Kapitulasion tersebut menjadi salah satu alasan tindakan pengasingan terhadap Imam yang diambil Rezim Syah. Akan tetapi, tindakan Syah tersebut malah semakin mengobarkan api perjuangan revolusi hingga mencapai kemenangan pada tahun 1979.
Martin Luther Lahir

13 Mei tahun 1483, Martin Luther, seorang reformis dalam agama kristen, terlahir ke dunia di Eisleben, Jerman. Luther menuntut ilmu di Universitas Erfurt dan kemudian bekerja sebagai pengajar teologi. Martin Luther kemudian melakukan penelitian dan dia mengemukakan banyak pendapat yang berbeda dengan pandangan umum gereja Katolik saat itu. Sejak tahun 1517, Martin Luther menyampaikan kritikannya secara terang-terangan sehingga akhirnya terpaksa bersembunyi karena dikejar-kejar pihak gereja untuk dibunuh. Selama dalam persembunyian itu, Martin Luther menulis terjemahan Injil ke dalam bahasa Jerman, sesuatu yang dilarang keras oleh gereja Katolik. Ide-Ide Martin Luther kemudian berkembang menjadi aliran Protestan yang menjadi sumber dari berbagai perang dan pertarungan politik di Eropa.

Ekuador Lepas dari Colombia

13 Mei tahun 1830, Ekuador melepaskan diri dari Kolombia dan menjadi negara yang independen. Kawasan pantai dan pegunungan Andes yang kini disebut sebagai Ekuador itu, pada awalnya merupakan kawasan milik bangsa Indian. Pada tahun 1534, Spanyol mendirikan daerah pemukiman pertama di Ekuador. Ekspedisi ke Ekuador dimulai oleh Francisco Pizarro yang datang menjajah Peru dan kemudian memperluas wilayah jajahannya hingga ke Ekuador. Ekuador menjadi bagian dari Peru hingga tahun 1740 dan kemudian disatukan dengan New Granada, bersama dengan Colombia dan Venezuela. Sejak tahun 1809, penduduk negara-negara Amerika Latin memulai penentangan mereka terhadap pemerintahan kolonial Spanyol. Pada tahun 1822, Ekuador meraih kemerdekaannya sebagai bagian dari Federasi Gran Kolombia. Delapan tahun kemudian, yaitu tahun 1830, barulah Ekuador memisahkan diri dari Kolombia.
Aksi Mogok Makan Mahasiswa Cina

13 Mei tahun 1989, sejumlah mahasiswa Cina melakukan aksi mogok makan di lapangan Tiananmen Beijing. Sebelumnya, tanggal 27 April, ribuan mahasiswa dan pekerja mengadakan demonstrasi di lapangan tersebut untuk memprotes pemerintah mereka. Sehari setelah dimulainya aksi mogok makan itu, pemerintah Cina mengadakan perundingan dengan mahasiswa, namun tidak dicapai kesepakatan. Akhirnya pada tanggal 20 Mei, pemerintah Cina memberlakukan hukum militer di Beijing namun gerakan tentara ke arah lapangan Tiananmen diblokade oleh para mahasiswa dan rakyat. Akhirnya, pada tanggal 3 Juni tentara Cina menyerbu lapangan Tiananmen dan berhasil mengusir para demonstran dari lapangan tersebut.
Ayatullah Mirza Jawad Agha Tehrani Meninggal

23 Rabiul Awwal tahun 1410 Hijriah, Ayatullah Mirza Jawad Agha Tehrani, seorang ulama besar di Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1322 Hijriah di tengah keluarga relijius di kota Tehran dan kemudian pergi ke kota Qom untuk menuntut ilmu di hauzah ilmiah. Setelah itu, Mirza Jawad Agha Tehrani melanjutkan pendidikan ke Najaf hingga mencapai derajat mujtahid. Selain berilmu tinggi, Ayatullah Mirza Jawad Agha Tehrani juga amat dikenal atas sikap zuhud dan takwanya. Beliau juga meninggalkan karya penulisan, di antaranya berjudul “Aine Zendegi” dan “Mizaanul Mathalib”.

Mirza Husain Khan Danesh Meninggal

23 Rabiul Awwal tahun 1362 Hijriah, Mirza Husain Khan Danesh, seorang sastrawan dan penyair terkemuka Iran, meninggal dunia pada usia 70 tahun. Sebagian umur Mirza Husain Khan Danesh dilalui di Istanbul dan Ankara, Turki, dan di sana ia melakukan berbagai penelitian dan penulisan di bidang sastra. Karya-karya penulisan Mirza Husain Khan Danesh di antaranya berjudul “Tata Bahasa Persia” dan “Sar Amadane Sukhan”, yaitu sebuah buku yang memuat biografi lima belas penyair besar Iran, mulai dari Rudaki hingga Hafez.

14 Mei

Angola Resmi Dijajah Portugis

14 Mei tahun 1575, Angola secara resmi dinyatakan sebagai koloni Portugis. Setelah dijajah Portugis, Angola yang sebelumnya merupakan bagian dari kerajaan Afrika Ghana, berubah menjadi kawasan perbudakan yang sangat mengerikan selama lebih dari 400 tahun. Selepas Perang Dunia II berakhir, muncul sejumlah bentrokan yang menginginkan diakhirinya kolonialisme di Angola. Akhirnya, pada tahun 1975 Angola berhasil memerdekakan diri.
Paraguay Merdeka

14 Mei tahun 1811, Paraguay memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan Portugis. Pada abad ke-16, para penjajah Spanyol datang ke kawasan Paraguay dan selama lebih dari dua abad, kawasan itu menjadi koloni Spanyol. Setelah merdeka, Paraguay terus dilanda konflik internal akibat terjadinya beberapa kali kudeta. Pemerintahan yang terbentuk hasil kudeta itu juga selalu memunculkan karakter diktatorisme. Barulah pada tahun 1989, rakyat negara itu berhasil mengadakan pemilihan umum pertama dalam sejarah untuk memilih seorang presiden, dan sejak itu, kondisi dalam negeri Paraguay relatif menjadi semakin stabil. Republik Paraguay terletak di kawasasan selatan Benua Amerika. Negera ini berbatasan dengan Bolivia, Brasil, dan Argentina.
Ben Gurion Proklamasikan Berdirinya Israel

14 Mei tahun 1948, David Ben Gurion, salah seorang tokoh zionis internasional, secara resmi memproklamasikan berdirinya negara Zionis yang kawasannya meliputi setengah dari kawasan Palestina. Proses pendirian negara ilegal ini dimulai sejak tahun 1917, setelah PD I berakhir, ketika Inggris menduduki Palestina. Pada masa itu, penduduk asli Palestina yang terdiri dari kaum muslim, Yahudi, dan Kristen hidup berdampingan dengan damai. Lima tahun kemudian Liga Bangsa-Bangsa menyetujui didirikannya negara khusus untuk kaum Yahudi di atas tanah yang diduduki Inggris tersebut. Sejak saat itu, organisasi-organisasi Zionis melakukan pengiriman kaum Yahudi dari berbagai penjuru dunia ke Palestina. Organisasi-organisasi teror Zionis seperti Irgun dan Hagana, juga melakukan berbagai teror dan pembunuhan massal untuk menakut-nakuti bangsa Palestina agar pergi meninggalkan tanah air mereka. Pada bulan November 1947, PBB mengeluarkan resolusi tentang pembentukan dua pemerintahan di Palestina, yaitu Arab dan Yahudi, dan Baitul Maqdis dijadikan zona internasional. Sementara itu, Inggris mengumumkan akan keluar dari Palestina pendudukan pada tanggal 15 Mei 1948, namun beberapa jam sebelumnya, Ben Gurion memproklamasikan berdirinya negara Israel di tanah bekas pendudukan Inggris itu.

Fatwa Ayatullah Shirazi Melawan Monopoli Tembakau

14 Mei tahun 1865, Ayatullah Mirza Hasan Shirazi, seorang ulama pejuang dan marji’ taklid kaum muslimin, mengeluarkan fatwa yang bertujuan untuk mencegah meluasnya imperialisme Inggris di Iran. Sebelumnya, dalam perjalananya ketiga ke Eropa, Raja Iran saat itu, Shah Nasiruddin menjalin kontrak dengan salah seorang penasehat perdana menteri Inggris bernama Jenderal Talbot. Dalam perjanjian ini, raja Iran memberikan hak kepada sebuah perusahaan Inggris untuk melakukan produksi, penjualan, dan ekspor atas tembakau Iran dan hak ini berlaku selama 50 tahun. Perjanjian monopoli tembakau yang sangat merugikan rakyat itu menimbulkan penentangan dari rakyat dan ulama Iran. Ayatullah Mirza Shirazi kemudian mengeluarkan fatwa haram untuk membeli dan menjual tembakau. Rakyat Iran yang sangat patuh dan hormat kepada ulama besar mereka itu, mematuhi fatwa tersebut sehingga perdagangan tembakau di Iran menjadi sangat terganggu. Akibatnya, Shah Nashirudin terpaksa membatalkan perjanjian monopoli tembakau tersebut.

15 Mei

Ferdowsi Lahir

15 Mei tahun 941, Abul Qasim Ferdowsi, seorang penyair besar Iran, terlahir ke dunia. Ferdowsi terkenal di seluruh dunia atas karya legendarisnya Shahnameh atau “Kisah Raja-Raja”. Penulisan buku itu dilakukan Ferdowsi sejak usia muda. Hingga akhir hayatnya, Ferdowsi melakukan penelitian atas buku itu, serta berkali-kali melakukan perubahan, penambahan, dan perbaikan. Shahnameh adalah salah satu warisan budaya yang bernilai tinggi yang dimiliki bangsa Iran selama ribuan tahun. Di dalamnya tersimpan catatan mengenai budaya dan sejarah Iran sejak zaman kuno sampai masa menjelang tersebarnya Islam di Persia. Menurut Ferdowsi, masa penulisan buku ini memakan waktu 30 tahun. Shahnameh telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia, termasuk ke dalam bahasa Indonesia. Kelegendarisan Ferdowsi membuat hari kelahirannya setiap tahun diperingati bangsa Iran sebagai “Hari Penghormatan Ferdowsi.”

Kapal Uap Pertama Dibangun

15 Mei tahun 1776, kapal uap pertama dibangun oleh seorang bangsawan Perancis, Marquis de Jouffroy d’Abbans. Sebenarnya, ada banyak perselisihan pendapat mengenai siapa sesungguhnya yang membuat kapal uap pertama karena Inggris, Perancis, dan Amerika sama-sama mengklaim bahwa mekanik dari negara merekalah yang pertama kali membuat kapal uap. Namun, sebagain besarnya sepakat bahwa usaha serius pertama dalam pembuatan kapal uap dilakukan oleh Marquis de Jouffroy. Awalnya Marquis de Jouffroy belajar di bidang filsafat dan sastra, namun kemudian bergabung dalam militer Perancis dan di sanalah ia banyak membelajari navigasi uap. Pada tahun1775 dia pergi ke Paris untuk mempelajari mesin uap yang diciptakan James Watt dan akhirnya membuat kapal eksperimen dengan menggunakan mesin uap yang berhasil berlayar di sungai Doubs di Perancis pada tahun 1776.

Jerman Menduduki Belanda

15 Mei tahun 1940, setelah melakukan serangan besar-besaran, tentara Nazi Jerman akhirnya berhasil menduduki Belanda. Sebelum terjadinya serangan tersebut, Duta Besar Jerman untuk Belanda menyampaikan deklarasi bahwa tentara Jerman akan dating ke Belanda dan bila pemerintah Belanda tidak melakukan perlawanan, Jerman akan menjamin kemerdekaan kerajaan Belanda. Namun, Ratu Wilhelmina dari Belanda menolak tawaran itu dan mengeluarkan pengumuman bahwa serangan Jerman merupakan pelanggaran hukum internasional dan meminta rakyat Belanda untuk berjuang membela tanah air. Namun, ketika Jerman memulai serangannya, Belanda tidak mampu berbuat banyak dan hanya dalam lima hari, Belanda diduduki oleh Jerman. Hitler kemudian mendirikan pemerintahan baru di Belanda yang brealiran Nazi. Sementara itu, Ratu Wilhelmina beserta keluarganya melarikan diri ke Inggris pada tanggal 14 Mei dan tinggal di sana sampai Nazi berhasil dikalahkan pasukan Sekutu.
Ali bin Husain Bagdadi Meninggal

25 Rabiul Awal tahun 436 Hijriah, Ali bin Husain yang terkenal dengan nama Sayyid Murtadha, seorang ulama besar muslim, meninggal dunia. Sayyid Murtadha juga dijuluki sebagai alamul huda, karena ketinggian ilmunya. Beliau lahir tahun 355 Hijriah di Bagdad dan sejak muda mulai menuntut berbagai ilmu dari berbagai ulama besar, di antaranya Syaikh Mufid dan Khatib Bagdadi. Sayyid Murtadha kemudian diangkat sebagai hakim dan mengemban tugas ini selama 30 tahun. Beliau juga mendirikan sebuah perpustakaan besar yang dimanfaatkan oleh para pelajar di kota Bagdad. Selain itu, Sayyid Murtadha juga menulis berbagai kitab, yang menurut sejarawan mencapai 66 jilid. Di antara karya beliau berjudul Tanziihul Anbiyaa dan Taqriibul Ushul. Beliau juga meninggalkan sebuah kumpulan syair yang terdiri dari 20.000 bait.

16 Mei

Honduras Dijajah Spanyol

16 Mei tahun 1502, Columbus pertama kali menginjakkan kaki di benua Amerika untuk pertama kalinya di Trujillo di utara Honduras. Kawasan itu oleh Columbus diberi nama Honduras yang berarti “kedalaman” karena letaknya di tepi laut Karibia yang sangat dalam. Bangsa Spanyol mendirikan pemukiman di Trujillo pada tahun 1525, namun kemudian mencari daerah jajahan lain yang lebih tinggi. Pada tahun 1537, Spanyol mendirikan pemukiman di Comayagua di Honduras tengah dan kota ini menjadi pusat politik dan agama Honduras hingga 350 tahun kemudian. Sejak tahun 1880, Tegucigalpa dijadikan ibu kota Honduras. Penduduk pribumi Honduras awalnya melakukan perlawanan terhadap kolonial spanyol, namun pada tahun 1538, perlawanan tersebut lenyap setelah terbunuhnya pemimpin perjuangan itu. Pada tahun 1821, bersama dengan negara-negara Amerika Latin lainnya, Honduras berhasil merdeka dari kekuasaan Spanyol.
Perjanjian Sykes-Picot Ditandatangani

16 Mei tahun 1916, perjanjian bersejarah Sykes-Pycot ditandatangani oleh wakil negara Perancis, Inggris, dan Rusia. Namun kemudian, karena pecahnya Revolusi Bolshevik, Rusia mengundurkan diri dari perjanjian ini. Atas dasar perjanjian Sykes-Picot, negara-negara Arab yang semula menjadi bagian dari Imperium Ottoman, dibagi-bagi oleh Perancis dan Inggris. Dengan demikian, Irak dan Yordania, termasuk juga kawasan Palestina, dikuasai oleh Inggris, sedangkan Syria dan Libanon dikuasai Perancis. Perjanjian Sykes –Picot memiliki dampak jangka panjang, yaitu persiapan pembentukan negara Zionis tahun 1948 di atas tanah Palestina yang semula dijajah Inggris.
Kapal Induk AS Diserang Irak

16 Mei tahun 1988, dalam era Perang Irak-Iran, pesawat tempur Irak menyerang kapal induk AS Stark, yang tengah berada di Teluk Persia. Dalam sernagn ini 37 tentara AS tewas dan sejumlah lainnya luka-luka. Pemerintah Irak segera meminta maaf kepada AS atas serangan yang disebut tidak sengaja itu dan menyatakan kesediaan mereka untuk mengganti rugi. Melihat reaksi AS yang lunak , sebagian pengamat menyatakan bahwa serangan ini sebenarnya adalah skenario AS dan Rezim Sadam untuk memunculkan ketidakamanan di Teluk Persia sehingga memberi alasan kepada AS untuk lebih banyak mengirimkan kapal-kapal perangnya ke Teluk Persia.
Shoko Asahara Ditangkap

16 Mei tahun 1995, Shoko Asahara, pemimpin sekte sesat Aum Shinrinkiyo di Jepang, ditangkap oleh polisi negara itu. Sekte ini menjadi buronan polisi setelah terbukti menjadi pelaku serangan bom kimia di kereta api bawah tanah Jepang yang menewaskan 12 orang dan melukai 5000 orang lainnya. Shoko Asahara lahir tahun 1955 dengan nama Chizua Matsumoto. Pada tahun 1984, ia dan istrinya memulai kelas pengajaran Yoga dan mulai mendapat pengikut. Pada tahun 1986, Matsumoto pergi ke India dan di sana ia mengaku mendapat wahyu ketika sedang bertapa di gunung Himalaya. Sepulangnya ke Jepang pada tahun 1987, Matsumoto mengubah namanya menjadi Shoko Asahara dan mengembangkan kelas relijius yang diberi nama Aum Shinrikiyo, yang artinya ajaran kebenaran mengenai penciptaan dan penghancuran alam.
Ayatullah Zanjani Meninggal

26 Rabiul Awal tahun 1330 Hijriah, Ayatullah Abul Makarim Zanjani, seorang ulama besar Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan tahun 1255 Hijriah di kota Zanjan, Iran dan menuntut ilmu-ilmu agama di hauzah ilmiah kota Najaf. Setelah mencapai derajat mujtahid, Ayatullah Zanjani kembali ke kampung halamannya dan menjadi marji’ atau ulama tempat rujukan kaum muslimin. Selama masa revolusi konstitusional, Ayatullah Zanjani, sebagaimana para ulama pejuang lain di Iran, turut aktif memimpin rakyat dalam menentang pemerintah Iran saat itu yang despotik. Ayatullah Zanjani juga menulis berbagai buku, di antaranya berjudul Makharijur-Ridhwan dan Miftahuz-Zhafr.

17 Mei

Hari Komunikasi Internasional

17 Mei tahun 1865, dengan ditandatanganinya perjanjian oleh wakil dari 20 negara yang berkumpul di Paris, berdirilah International Telegraph Union. Hari pendirian organisasi telegraf internasional ini hingga kini diperingati sebagai Hari Komunikasi Internasional. Pada tahun 1906, berdiri pula organisasi internasional lain di bidang telekomunikasi dengan nama International Radiotelegraph Union. Akhirnya pada tahun 1934, kedua organisasi itu dilebur menjadi satu dengan nama International Telecommunication Union yang kini menjadi salah satu badan resmi PBB.
Sekolah Maritim Pertama Didirikan

17 Mei tahun 1426, sekolah maritim pertama di dunia didirikan di Portugis. Tujuan didirikannya sekolah ini adalah untuk mendidik dan mencetak pelaut-pelaut yang berkemampuan tinggi dalam rangka mendukung berbagai ekspedisi pencarian wilayah baru yang saat itu tengah ramai dilakukan oleh negara-negara Eropa. Banyak sekali pelaut ternama yang berhasil menemukan wilayah-wilayah baru di luar Eropa yang merupakan lulusan dari sekolah ini. Oleh karena itu pula, secara bertahap sekolah maritim serupa juga didirikan di negara-negara Eropa lainnya.
Buku Putih Palestina Diterbitkan

17 Mei tahun 1939, pemerintah Inggris menerbitkan sebuah buku berjudul Buku Putih yang merupakan salah satu langkah persiapan didirikannya negara Zionis. Dalam buku ini disebutkan rencana pembentukan negara Palestina yang independen dengan dua kewarganegaraan, yaitu muslim dan yahudi. Selain itu, buku ini juga memprediksikan bahwa hingga tahun 1944, seratus ribu warga Yahudi akan hijrah ke Palestina dan sejak saat itu, kedatangan Yahudi harus mendapatkan persetujuan dari bangsa Arab. Bangsa Palestina menolak rencana yang tertuang dalam buku tersebut, begitu pula kaum Zionis. Pada tahun 1942, dalam konferensi di AS, kaum Zionis secara resmi merencanakan pendirian negara Zionis di atas tanah milik bangsa Palestina.
Perang Perancis-Inggris di Amerika Meletus

17 Mei tahun 1756, meletuslah perang antara tentara Perancis dan Inggris untuk memperebutkan tanah jajahan di benua Amerika. Sebelumnya, Perancis yang mengklaim seluruh wilayah sungai Missisipi dan St. Lawrence, semakin khawatir melihat perluasan wilayah yang dilakukan Inggris. Oleh karena itu, Perancis membangun benteng di berbagai tempat untuk melindungi wilayahnya dan hal yang sama juga dilakukan oleh Inggris. Pada tahun 1750, perwakilan Inggris dan Perancis bertemu di Paris untuk merundingkan masalah perebutan wilayah ini namun tidak berhasil mencapai titik temu. Pasukan dari kedua pihak beberapa kali terlibat peperangan, namun secara resmi perang dideklarasikan pada tanggal 17 Mei 1756. Perang itu berakhir tahun 1763 dengan ditandatanganinya Perjanjian Paris.
Mahyuddin Maghribi Meninggal

27 Rabiul Awal tahun 682 Hijriah, Mahyuddin Maghribi, seorang ahli matematika dan atronomi asal Andalusia, meninggal dunia. Mahyduddin Maghribi awalnya menuntut ilmu fiqih di tanah kelahirannya, namun kemudian lebih tertarik mendalami ilmu matematika dan astronomi. Ia kemudian selama beberapa waktu menjadi asisten Nashiruddin Thusi di observatorium Maragheh, Iran. Selama periode itu, Mahyuddin Maghribi banyak menimba ilmu-ilmu di bidang astronomi. Mahyuddin Maghribi menulis berbagai buku, di antaranya berjudul “Prinsip-Prinsip Euclides di Bidang Bentuk dan Bangunan.”

18 Mei

Hari Museum Internasional

18 Mei tahun 1978, untuk pertama kalinya, diperingati Hari Museum Internasional. Penetapan hari ini merupakan isi resolusi yang dikeluarkan International Council of Museums atau Dewan Museum Internasional dalam sidangnya ke-12 di Moskow, tanggal 28 Mei 1977. Menurut resolusi tersebut, penetapan Hari Museum Internasional bertujuan untuk lebih menarik perhatian masyarakat terhadap aktivitas museum sebagai alat pertukaran dan pengayaan budaya serta untuk membangun pemahaman dan perdamaian di antara masyarakat dunia.
Napoleon Diangkat Sebagai Kaisar

18 Mei tahun 1804, atas pengesahan senat Perancis, Napoleon Bonaparte resmi diangkat sebagai kaisar negara itu. Dengan demikian, 15 tahun setelah kemenangan revolusi Perancis, Perancis kembali dikuasai oleh sistem kerajaan. Selama masa kekuasaannya, Napoleon amat berambisi untuk memperluas wilayah kekuasaan dan untuk itu dia mengobarkan perang terhadap berbagai negara di Eropa. Sepuluh tahun kemudian, menyusul kekalahan demi kekalahan yang dialami Napoleon dalam berbagai peperangan, dia pun digulingkan dari kekuasaannya dan akhirnya meninggal di pengasingan.

Perancis Mulai Menginvasi Aljazair

18 Mei tahun 1830, tentara Perancis memulai invasinya ke Aljazair atas perintah Raja Charol Kesepuluh. Alasan yang diungkapkan oleh raja Perancis atas invasinya ini adalah karena dalam usahanya menagih piutang dari Perancis yang jumlahnya mencapai 7 juta Frank, pemerintah Aljazair telah memberikan ancaman terhadap Perancis. Berlawanan dengan perkiraan pemerintah Perancis, rakyat Aljazair melakukan perlawanan gigih terhadap invasi tersebut. Namun akhirnya Perancis berhasil menduduki negeri itu dan menjajahnya hingga tahun 1962.
Bertrand Russel Lahir

18 Mei tahun 1872, Bertrand Arthur William Russell seorang filsuf, matematikawan, dan sosiolog Inggris, terlahir ke dunia. Russel banyak memberikan kontribusi dalam bidang logika matematika dan filsafat analitik. Sepanjang hidupnya, Bertrand Russel banyak menyumbangkan pemikiran di berbagai bidang, termasuk pendidikan, sejarah, teori politik, dan ilmu agama. Russell juga dikenal sebagai pejuang anti senjata nuklir dan anti keterlibatan Barat dalam perang Vietnam. Pada tahun 1916, dia dihukum denda karena melakukan protes anti perang selama Perang Dunia I dan dicopot dari jabatannya di Trinity College, Cambridge. Dua tahun kemudian, dia dihukum penjara atas kasus serupa. Pada tahun 1955, bersama Albert Einstein, dia mendeklarasikan Manifesto Russell-Einstein yang menyerukan dilucutinya senjata nuklir. Karya Russel antara lain berjudul Prisip-Prinsip Rekonstruksi Sosial dan Pemujaan Seorang Manusia Bebas. Russel meraih hadiah Nobel di bidang sastra pada tahun 1950. Bertrand Russel meninggal dunia tahun 1970.
India Melakukan Uji Coba Nuklir Pertama

18 Mei tahun 1974, India melakukan ujicoba nuklir pertamanya di gurun Rajeshtan, di bagian barat India, dekat Pakistan. Dengan demikian, India menjadi negara keenam di dunia yang melakukan uji coba nuklir, setelah AS, Soviet, Perancis, Inggris, dan Cina. Pada bulan Mei 1998, India melakukan lima uji coba nuklir lagi dan secara praktis telah berhasil memproduksi senjata nuklir.
Sayyid Ali Thabathabai Lahir

28 Rabiul Awal tahun 1160 Hijriah, Sayyid Ali Thabathabai, seorang ulama besar muslim, terlahir ke dunia di kota Kadzimain, Irak. Awalnya beliau menuntut ilmu pada ayahnya yang bernama Abul Ma’ali. Setelah mencapai derajat keilmuan yang tinggi, Sayyid Ali Thabathabai mengabdikan hidupnya untuk mengajar dan menulis buku. Karya Sayyid Ali Thabathabai yang terkenal berjudul Riyadhul Masail sehingga ia dikenal dengan nama Shaahibur-Riyadh.

19 Mei

Beograd Diduduki Ottoman

19 Mei tahun 1521, setelah melalui peperangan sengit, tentara imperium Ottoman berhasil menduduki kota Beograd di semenanjung Balkan. Imperium Ottoman sejak akhir abad ke-14 memulai perluasan kekuasaannya di Balkan sampir akhirnya berhasil menguasai hampir seluruh wilayah Balkan. Pada tahun 1541, Ottoman juga berhasil menguasai sebagian wilayah Hongaria. Namun, seiring dengan semakin besarnya infiltrasi negara-negara kuat Eropa, seperti Inggris dan Perancis, kekuatan Ottoman pun semakin melemah. Secara bertahap, hingga awal abad ke-20, wilayah-wilayah yang semula berada di bawah kekuasaan Ottoman satu persatu berhasil melepaskan diri dan menjadi negara merdeka.
Johann Gotlieb Fichte Lahir

19 Mei tahun 1762, Johann Gotlieb Fichte seorang filsuf terkenal asal Jerman, terlahir ke dunia. Pada tahun 1780, Fichte masuk ke Universitas Jena untuk belajar teologi dan filsafat. Sekitar tahun 1792, Fichte bertemu dengan Kant dan ia memberikan karyanya berjudul A Tentative Critique of all Revelation kepada Kant dan memujinya. Setahun kemudian, naskah itu diterbitkan dan sejak saat itu, ia menjadi terkenal sebagai filsuf. Pada tahun 1794, Fichte diangkat sebagai filsuf di Jena dimana ia mulai mengungkapkan ide-ide transendentalnya. Pada tahun 1798, menerbitkan artikel berjudul The Basis of Our Belief in a Divine Government of the World yang membuatnya dituduh sebagai atheis karena telah mengkarakterisasikan Tuhan sebagai aturan moral di dunia. Akibatnya. Fichte dicopot dari kedudukannya sebagai filsuf di Jena. Tahun 1810, Fichte diangkat sebagai profesor di University of Berlin yang baru berdiri dan empat tahun kemudian ia meninggal karena sakit.

Lawrence Of Arabia Meninggal

19 Mei tahun 1935, Thomas Edward Lawrence, seorang arkeolog yang berperan besar dalam infiltrasi Inggris di negara-negara Arab, meninggal dunia. Lawrence sejak muda amat meminati bidang arkeologi dan pada tahun 1910 hingga 1914 ia bekerja sebagai asisten dalam proyek arkelogi yang dilakukan museum Inggris di sungai Eufrat. Dalam proyek itu ia bertanggung jawab dalam mnegkoordinasi para pekerja lokal. Lawrence kemudian bekerja di badan intelijen militer Inggris di Kairo saat perang Dunia I meletus dan menjadi ahli di bidang gerakan nasionalis Arab di wilayah kekuasaan Turki Ottoman, yang meliputi Syria, Lebanon, Israel, Jordan, and the Hedjaz region of Saudi Arabia. Ia bertugas sebagai juru bicara tentara Inggris dengan para pemimpin gerakan kebebasan Arab yang ingin memisahkan diri dari Turki. Lawrence sangat berperan besar dalam memprovokasi bangsa Arab untuk melawan Turki yang meguntungkan Inggris dengan lemahnya Ottoman. Lawrence juga memiliki peran besar dalam pengangkatan Raja Faisal di Syria, Raja Abdullah di Yordan, dan Raja Abdul Aziz di Arab. Pengalamannya malang-melintang di dunia Arab dituangkan Lawrence dalam buku berjudul “Tujuh Pillar Kebijaksanaan” dan ia pun dijuluki Lawrence of Arabia.
Radar Ditemukan

19 Mei tahun 1936, Watson Watt, seorang keturunan langsung dari James Watt, penemu mesin uap, berhasil menemukan radar. Setelah PD I, ketika melihat kapal-kapal perang, ia mulai memikirkan cara untuk mendeteksi adanya pesawat melalui perubahan sinyal gelombang radio. Saat itu, prinsip gelombang radio dan elektromagnetik telah ditemukan oleh ilmuwan lainnya, James Maxwell.

Stasiun radio yang didirikan Watson-Watt akhirnya pada 1936 berhasil mendeteksi adanya pesawat hingga 70 mil. Ia kemudian menyarankan kepada pemerintah untuk mendirikan jaringan stasiun radar, yang merupakan singkatan dari radio detecting and ranging untuk mendeteksi adanya serangan pesawat udara. Keberhasilan sistem ini dirasakan Inggris ketika melawan Jerman dalam Perang Inggris yang berlangsung sejak Agustus hingga Oktober 1940. Atas jasanya itu, Watson Watt diberi hadiah uang dan medali penghargaan oleh pemerintah Inggris. Ia meninggal dunia tahun 1973.

20 Mei

Honore de Balzac Lahir

20 Mei tahun 1799, Honoré de Balzac, seorang penulis Perancis terkenal, terlahir ke dunia. Awalnya Balzac menuntut ilmu di bidang hukum di Universitas Sorbonne Perancis dan selama beberapa waktu bekerja di biro hukum, sampai akhirnya memutuskan untuk menjadi penulis. Hingga tahun 1822, Balzac menulis beberapa novel dengan menggunakan nama samaran, namun tidak mendapatkan sambutan dari masyarakat. Balzac juga mendirikan perusahaan percetakan dan penerbitan, namun gagal dan diapun terlilit hutang besar. Sejak tahun 1829, Balzac menulis dengan nama aslinya dan akhirnya secara bertahap dia menjadi terkenal dan bahkan dianggap sebagai salah satu pencipta aliran realisme dalm sastra. Novel dan cerpen karya Balzac dalam jumlah yang sangat banyak dikumpulkan menjadi satu di bawah judul The Human Comedy. Honore de Balzac meninggal dunia tahun 1850.

John Stuart Mill Lahir

20 Mei tahun 1806, John Stuart Mill, seorang filsuf Inggris, terlahir ke dunia. John Stuart Mill adalah anak dari seorang filsuf terkenal, James Mill. Atas didikan ayahnya pula, pada usia 12 tahun John Mill telah mempelajari karya-karya Aristoteles, Hobbes, Plato, dan Adam Smith. John Mill kemudian menjadi penganut paham utilitarian, yaitu sebuah paham yang menyatakan bahwa adanya manfaat merupakan asas dari kebenaran. Pada usia 17 tahun, Mill telah mendirikan kelompok diskusi bernama Utilitarian Society. Mill kemudian aktif menulis di bidang filsafat dan ekonomi di berbagai jurnal dan koran. Ia juga menulis banyak buku di bidang filsafat dan ekonomi, di antaranya berjudul Principles of Political Economy. John Stuart Mill meninggal dunia tahun 1873.

Jepang Menduduki Korea

20 Mei tahun 1910, Jepang secara resmi menjadikan Korea sebagai wilayah jajahannya. Penjajahan yang berlangsung selama 35 tahun itu memberikan pengaruh yang ambivalen bagi rakyat Korea. Di satu sisi, Jepang melakukan represi militer yang keras sehingga menimbulkan korban jiwa di pihak Korea. Tentara Jepang menjadikan rakyat Korea sebagai pekerja paksa atau tentara untuk bertempur membela Jepang serta melakukan pelecehan terhadap puluhan ribu perempuan Korea. Di sisi lain, 35 tahun masa penjajahan Jepang adalah periode munculnya modernisasi di Korea, termasuk pertumbuhan kota, perdagangan, industri, serta media massa, seperti radio dan bioskop. Tidak sebagaimana sebagian besar penjajah Eropa yang hanya ingin menguras habis-habisan kekayaan koloninya, Jepang malah mendorong pembangunan industri di Korea. Ketika Jepang menyerah kepada Sekutu pada tahun 1945, Korea menjadi negara paling modern kedua di Asia setelah Jepang.
Kamerun Merdeka

20 Mei tahun 1960, Kamerun memproklamasikan kemerdekaannya. Negara ini sejak abad ke-15 dijajah oleh Portugis. Pada abad ke-19, Kamerun menjadi koloni Jerman. Kemudian, pada era Perang Dunia I, Kamerun diduduki oleh Perancis dan Inggris. Pada tahun 1946, PBB memberikan mandat kepada kedua negara itu untuk menjalankan pemerintahan di Kamerun, namun tahun 1959, mandat ini dicabut dan pada tahun 1960 diproklamasikanlah berdirinya Republik Kamerun. Segera setelah proklamasi, rakyat Kamerun mengikuti referendum untuk mengesahkan undang-undang dasar negara tersebut. Kamerun terletak di bagian barat Afrika dan di tepi samudera Atlantik dan berbatasan dengan Nigeria, Chad, Afrika Tengah, Kongo, Gabon, dan Guinea

21 Mei

Henry Poincaré Lahir

21 Mei 1854, Henry Poincaré seorang matematikawan terkenal Perancis, terlahir ke dunia. Awalnya Poincaré menuntut ilmu di politeknik dengan cita-cita menjadi insinyur. Namun di sela-sela waktunya, ia selalu mempelajari matematika dan akhirnya mengajukan tesis doktoral di bidang matematika. Pada tahun 1879, Poincaré diangkat sebagai profesor matematika di Caen University dan dua tahun kemudian dipromosikan ke Sorbonne tempat dia mengajar sampai akhir hayatnya. Poincaré berjasa dalam membangun konsep fungsi automorfi yang digunakannya untuk menyelesaikan masalah diferensial. Poincaré juga mempelajari dan mengembangkan bidang topologi, probabilitas, teori cahaya, dan gelombang elektromagnetik. Pemikiran Poincaré mengenai ruang angkasa dan waktu yang diterbitkan tahun 1895 telah memainkan peran kunci dalam penemuan teori relativitas Albert Einstein and Hendrik Lorentz. Sepanjang hidupnya, Poincaré menulis lebih dari 30 buku dan 500 makalah teknik. Ia meninggal dunia tahun 1912.

Benito Musolini Lahir

21 Mei 1883, Benito Mussolini, pemimpin gerakan fasisme Italia, terlahir ke dunia di kota Predappio, Italia. Pada tahun 1914, Musolini menerbitkan suratkabar yang beraliran fasis dan mendirikan organisasi fasis. Seusai Perang Dunia I, gerakan fasisme ini berkembang menjadi gerakan politik dan pada tahun 1921, Mussolini terpilih sebagai anggota parlemen Italia. Tahun berikutnya, ketika pemerintahan Luigi Facta gagal, Mussolini diperintah oleh Raja untuk membentuk pemerintahan. Selama memerintah, Mussolini menerapkan dikatorisme dan sistem sensor yang sangat ketat. Mussolini juga membentuk aliansi militer dengan Nazi Jerman pada tahun 1939 dan tak lama kemudian meletuslah Perang Dunia Kedua. Karena lemahnya tentara Italia, negara ini dengan segera kalah perang. Para pendukung Mussolini berbalik menentangnya dan Musolini kemudian dipecat dan ditahan atas perintah Raja. Musolini sempat melarikan diri atas bantuan Jerman namun pada tahun 1945, ia kembali tertangkap dan dijatuhi hukuman mati.
Andrei Sakharov Lahir

21 Mei 1921, Andrei Sakharov, seorang fisikawan terkemuka Rusia, terlahir ke dunia. Sakharov pertama kali dikenal sebagai ilmuwan yang brilian ketika diterima Akademi Sains pada usia 32 tahun dan menjadi anggota termuda. Tahun 1948, dia bergabung dengan Igor Tamm dalam membangun bom hidrogen dan selama dua puluh tahun mereka mengerjakan proyek itu secara rahasia. Sakharov kemudian mengkhawatirkan sisi moral dalam pembuatan senjata pembunuh massal itu dan akhirnya pada tahun 1961, dia secara terang-terangan menuntut Perdana Menteri Soviet saat itu, Nikita Khrushchev untuk menghentikan proyek senjata nuklir. Sakharov kemudian mendirikan Komite Hak Asasi Manusia pada tahun 1970 dan pada tahun 1975 ia dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian. Akibat aktivitasnya yang bertentangan dengan kebijakan Kremlin, Sakharov dibuang ke Grozny yang terletak 200 mil dari Moskow. Pada tahun 1986, Sakharov dibebaskan dari pengasingan oleh Presiden Gorbachev yang tengah menerapkan politik restrukturisasi dan keterbukaan. Tahun berikutnya, Sakharov terpilih sebagai anggota parlemen dan ia masih terus menyuarakan penentangannya terhadap komunisme. Sakharov meninggal dunia pada tanggal 14 Desember 1989.

Suharto Mundur

21 Mei 1998, Jenderal Suharto, presiden Republik Indonesia yang telah berkuasa di negara itu selama 33 tahun, akhirnya terpaksa mengundurkan diri. Suharto meraih kekuasaan pada tahun 1965 menggantikan presiden pertama Indonesia, Ahmad Sukarno. Selama periode kekuasaan Suharto, kebebasan berpendapat dan berpolitik amat dikekang, namun di bidang ekonomi, Indonesia sempat mencapai kemajuan pesat khususnya pada dekade 80 dan 90-an. Krisis moneter yang melanda Asia pada tahun 1998 juga berimbas besar kepada struktur perekonomian Indoanesia yang rapuh karena banyaknya korupsi dan kolusi. Krisis ini memberikan momentum kepada gerakan reformasi yang dipimpin oleh mahasiswa Indonesia. Demonstrasi anti Suharto yang meluas di seluruh negeri serta krisis ekonomi yang semakin memburuk membuat Suharto akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dan menyerahkan kursi kepresidenan kepada wakil presiden saat itu, BJ Habibie.

22 Mei

Victor Hugo Meninggal

22 Mei 1885, Victor Hugo, seorang sastrawan besar Perancis, meninggal dunia. Hugo merupakan penyair, penulis novel, dan drama aliran romantik Perancis terpenting abad ke-19. Pada usia 25 tahun, Hugo telah diterima dalam Akademi Perancis dan diangkat sebagai anggota parlemen. Namun, karena penentangannya atas despotisme pemerintahan Napoleon III, Hugo diasingkan selama 20 tahun. Selama periode itulah Hugo melahirkan karya-karyanya yang kemudian menjadi sangat terkenal. Karya Hugo yang paling terkenal berjudul The Hunchback of Notredame dan Les Miserables. Karya puisi dan novel Hugo menggabungkan pertanyaan politis dan filosofis dengan kisah-kisah pada zaman itu. Karya-karya Hugo sangat disukai oleh masyarakat Perancis, sehingga ketika ia meninggal dunia, upacara pemakamannya dilaksanakan oleh pemerintah dan diikuti oleh tiga juta orang.

Vladimir Mayakovsky lahir

22 Mei 1893, Vladimir Mayakovsky, seorang penyair Rusia terkenal, terlahir ke dunia. Sejak usia 14 tahun Mayakovsky telah terjun dalam dunia politik dengan bergabung dalam Partai Bolshevik dan berjuang untuk menumbangkan kekaisaran Rusia yang despotik. Akibat aktivitasnya itu, Mayakovsky berkali-kali dipenjarakan dan di dalam penjara itulah ia menulis puisi pertamanya. Mayakovsky lalu menghentikan aktivitas politiknya dan masuk ke Institut Senirupa dan Arsitektur Moskow. Pada tahun 1912, untuk pertama kalinya Mayakovsky menerbitkan karya puisinya berjudul Noch dan Utro. Selain menulis puisi, Mayakovsky juga menulis naskah-naskah teater dan sekaligus menjadi pemainnya. Karya-karya Mayakovsky umumnya sarat dengan paham revolusioner komunis. Ia berpendapat bahwa sastra haruslah menggunakan bahasa masyarakat awam dan menjelaskan kehidupan masyarakat dan impian-impian mereka. Salah satu karya drama Mayakovsky berjudul Mysteri Bouffe yang mengisahkan kemenangan kaum proletar melawan kaum borjuis.
Embargo AS Terhadap Iran Dimulai

22 Mei 1980, dimulailah embargo ekonomi yang dilancarkan AS terhadap Republik Islam Iran. Kemenangan revolusi Islam yang membuat tergulingnya pemerintahan Shah Pahlevi dukungan AS, membuat AS tidak bisa lagi meneruskan imperialismenya di Iran. Oleh karena itulah AS melancarkan embargo ini sekaligus juga memprovokasi Irak untuk menginvasi Iran. Selama perang Irak-Iran, AS merupakan penyuplai utama senjata dan dana bagi Irak, termasuk memberikan bantuan dalam proyek produksi senjata massal yang digunakan rezim Saddam dalam menyerang Iran. Dalam menanggapi embargo ini, Imam Khomeini menyatakan, “Kita jangan pernah takut atas embargo ini. Jika mereka mengembargo kita, kita akan lebih giat bekerja dan hal ini bermanfaat bagi kita. Orang-orang yang takut terhadap embargo hanyalah orang-orang yang menjadikan ekonomi dan duniawiah sebagai tujuan hidupnya semata.”
Yaman Bersatu

22 Mei 1990, dideklarasikanlah Republik Yaman yang merupakan persatuan dari Republik Arab Yaman dan Republik Rakyat Demokratik Yaman. Mantan presiden Republik Arab Yaman, Ali Abdallah Saleh menjadi presiden di negara baru ini sedangkan mantan presiden Republik Rakyat Demokratik Yaman, Ali Salim Al-Bidh, diangkat sebagai wakil presiden. Yaman adalah salah satu pusat peradaban tertua di Timur Dekat. Pada abad ke-7, Yaman dikuasai oleh kekhalifahan Islam. Pada abad ke-19, Yaman utara dikuasai oleh Imperium Ottoman sedangkan Yaman Selatan dikuasai oleh Inggris. Setelah merdeka dari penjajahan, masing-masing wilayah mendirikan negara terpisah. Yaman utara menjadi Republik Arab Yaman sedangkan Yaman selatan yang dikuasai kaum marxis mendirikan negara Republik Demokratik Rakyat Yaman. Sejak tahun 1972, pemerintah kedua negara itu mulai membicarakan kemungkinan disatukannya kembali negara Yaman, namun baru terwujud 18 tahun kemudian.

Ibnu Mu’taz Tewas

2 Rabiuts-Tsani 296 Hijriah, Ibnu Mu’taz, seorang penyair dan sastrawan Arab zaman Dinasti Abbasiah, dibunuh atas perintah dari penguasa saat itu. Ibnu Mu’taz dilahirkan di Samara. Irak, pada tahun 247 Hijriah, dan merupakan putra dari Mu’taz , khalifah Dinasti Abbasiah ke-13. Ibnu Mu’taz adalah seorang pencinta sastra dan syair sehingga rumahnya menjadi tempat berkumpulnya para ilmuwan dan sastrawan. Setelah kematian khalifah Muktafa, Ibnu Mu’taz diangkat menjadi khalifah, namun mendapatkan penentangan dari sekelompok orang sehingga akhirnya terguling. Setelah itu, Muqtadar Abbasi naik ke kursi kekhalifahan dan atas perintahnya pula, Ibnu Mu’taz dibunuh. Karya Ibnu Mu’taz berjudul, “Asy’aarul Muluk” dan “Kitaabul Badii’”.

23 Mei

Perang 30 Tahun Eropa Dimulai

23 Mei 1618, kaum Protestan Cheko yang mengkhawatirkan dibatasinya kebebasan mereka oleh raja Katolik Roma, Ferdinand II, membunuh dua orang utusan raja tersebut dan meletuslah perang di Eropa yang berlangsung selama 30 tahun. Ada banyak wilayah, dinasti, dan isu agama yang melatarbelakangi perang ini, namun secara keseluruhan “Perang 30 Tahun” ini adalah perang antara pangeran-pangeran Jerman Protestan yang beraliansi dengan kekuatan-kekuatan asing, yaitu Perancis, Swedia, Denmark, dan Inggris, melawan kekuatan Imperium Katolik Romawi. Perang dimulai dengan perlawanan dari bangsawan Protestan di Bohemia melawan Raja Katolik Roma, Ferdinand II. Perang ini meluas ke seluruh Eropa karena lemahnya UU Imperium Romawi, ketidakmampuan negara-negara bagian di Jerman untuk bertindak secara kompak, dan ambisi dari kekuatan-kekuatan lain di Eropa. Perang berakhir dengan ditandatanganinya Perjanjian Westphalia tahun 1648, meskipun tetap terjadi bentrokan-bentrokan hingga tahun 1659. Salah satu dampak dari perang ini adalah berakhirnya secara relatif pertentangan antara kaum Katolik dan Protestan serta berkembangnya paham nasionalisme di Eropa.

Par Lagerkvist Lahir

23 Mei 1891, Par Lagerkvist, seorang penulis besar Swedia, terlahir ke dunia. Ia menuntut ilmu di Universitas Uppsala untuk menuntut ilmu di bidang seni dan sastra selama dua tahun dan kemudian ditinggalkannya tanpa berhasil meraih gelar. Ketika belajar di universitas itulah Lagerkvist mulai menulis puisi dan fiksi dengan tema filosofis. Debut Lagerkvist sebagai penulis dimulai dengan menerbitkan karya berjudul Manniskor pada tahun 1912. Par Lagerkvist adalah seorang moralis yang menggunakan motif agama dan tokoh-tokoh tradisional Kristen dalam karya-karyanya, meskipun tidak ketat mengikuti doktrin gereja. Dia kemudian diangkat sebagai anggota Akademi Swedia dan pada tahun 1951 meraih hadiah Nobel di bidang sastra. Karya Lagerkvist yang paling terkenal berjudul Barabbas yang dalam waktu singkat diterjemahkan ke dalam 9 bahasa dan pada tahun 1951 diangkat menjadi sebuah film. Novel ini mengisahkan tokoh bernama Barabbas yang kebingungan dalam memahami makna kehidupan. Par Lagerkvist meninggal dunia tahun 1974 di Stockholm.
Shah Mahmud Ghaznawi Meninggal

3 Rabiuts-Tsani tahun 421 Hijriah, Mahmud Ghaznawi, raja ketiga dari dinasti Ghaznawi di Iran, meninggal dunia. Mahmud Ghaznawi pada tahun 387 merebut kekuasaan dari saudaranya, Ismail. Raja Ghaznawi kemudian mengalahkan raja-raja Shafari, Samani, Ali Buyeh,dan Ali Ziyar sehingga menguasasi wilayah utara dan timur Iran. Secara bertahap, wilayah kekuasaan Ghaznawi semakin meluas. Selama masa pemerintahannya, dia 12 kali mengadakan perang di India. Akhirnya, setelah 34 tahun berkuasa, Shah Ghaznawi meninggal dunia akibat sakit.
Ayatullah Kalantari Meninggal

3 Rabiuts-Tsani tahun 1292 Hijriah, Ayatullah Mirza Abul Qasem Kalantari, seorang ulama Islam terkemuka di Iran, meninggal dunia di kota Teheran. Beliau menuntut ilmu-ilmu Islam di hauzah ilmiah kota Najaf, Irak dan belajar kepada ulama-ulama terkemuka saat itu, antara lain Syaikh Murthadha Ansari, sampai akhirnya mencapai derajat ijtihad. Selain sebagai ulama yang menjadi tempat kaum muslimin Iran, khususnya kota Teheran, meminta bimbingan dan nasehat, Ayatullah Mirza Abul Qasem Kalantari juga merupakan seorang penulis yang meninggalkan berbagai buku berkenaan dengan hukum Islam

24 Mei

Khuramshar Dibebaskan

24 Mei 1982, para pejuang Iran berhasil membebaskan kota Khuramshahr dari pendudukan agresor Irak. Khuramshar yang merupakan kota pelabuhan strategis di barat laut teluk Persia ini dikepung pasukan Irak sejak 25 Oktober 1980. Meskipun rakyat kota Khuramshahr telah berjuang gigih mengusir tentara Irak, namun akhirnya gagal mencegah tentara Irak untuk menduduki kota mereka. Pendudukan atas kota ini merupakan langkah awal bagi Irak dalam usaha mereka menggulingkan pemerintahan Republik Islam Iran. Namun, dua puluh bulan kemudian, atas perjuangan gigih tentara Iran, kota ini berhasil dibebaskan. Peristiwa bersejarah ini hingga kini diperingati rakyat Iran sebagai “Hari Perjuangan dan Kemenangan.”

Zionis Melaksanakan Operasi Solomon

24 Mei tahun 1991, dalam sebuah operasi bernama Operasi Solomon, rezim Zionis melakukan pemindahan terhadap 14.400 kaum Yahudi dari Ethiopia ke Palestina pendudukan. Selama beberapa dekade, telah terjadi imigrasi puluhan ribu kaum Yahudi Ethiopia ke Palestina pendudukan di bawah undang-undang Israel bernama “Israeli Law of Return” yang menjamin hak seluruh kaum Yahudi untuk berimigrasi ke Isarel. Namun demikian, akhir-akhir ini, karena semakin memburuknya perekonomian di Israel dan tertekan oleh sistem diskriminatif yang diterapkan pemerintah Zionis, orang-orang Yahudi asal Ethiopia berkali-kali mengadakan demostrasi menuntut dipulangkannya mereka ke Ethiopia.

Eritrea Merdeka dari Ethiopia

24 Mei 1993, Eritrea meraih kemerdekaannya dari Ethiopia. Sejak tahun 1880 hingga 1941, Eritrea dijajah oleh Italia. Setelah kekalahan Italia dalam Perang Dunia II pada tahun 1941, negara-negara Sekutu menyerahkan kekuasaan atas Eritrea kepada Inggris. Namun di akhir PD II, Inggris mulai kesulitan dalam mengontrol Eritrea. Sementara itu, Ethiopia mengadakan berbagai usaha diplomasi agar dapat menguasai Eritrea. Akhirnya pada tahun 1950, PBB mengeluarkan resolusi penggabungan Eritrea kepada Ethiopia. Pada September 1952, resolusi ini dilaksanakan dan Ethiopia menjadi pengganti Inggris dalam memerintah di Eritrea. Mayoritas Rakyat Eritrea tidak menyetujui penggabungan ini dan sejak tahun 1961, mereka memulai perjuangan bersenjata yang teroganisasi dalam gerakan Eritrean Liberation Front (ELF). Perjuangan rakyat Eritrea akhirnya mencapai hasilnya empat puluh tahun kemudian, yaitu di tahun 1993.

Zionis Mundur Dari Libanon Selatan

4 Mei tahun 2000, setelah 22 tahun menduduki Libanon selatan, tentara Zionis akhirnya angkat kaki dari wilayah tersebut. Pada tahun 1978, tentara Zionis untuk keempat kalinya menyerang Libanon. Zionis kemudian mendirikan jalur pengaman di wilayah Libanon selatan dan membentuk sebuah kelompok semi militer yang terdiri dari orang Libanon bayaran. Rezim Zionis pada tahun 1982, mengadakan serangan meluas lainnya terhadap Libanon sehingga menduduki ibu kota Libanon, Beirut. Pada masa yang hampir bersamaan, di Iran revolusi Islam mengalami kemenangan sehingga membangkitkan semangat keislaman rakyat muslim Libanon dalam melawan Zionis. Perlawanan ini mengakibatkan tentara Zionis terpaksa mundur hingga ke jalur pengaman di Libanon selatan pada tahun 1985. Tentara Hizbullah Libanon meneruskan perjuangan dengan gigih sampai akhirnya tentara Zionis secara menyeluruh keluar dari wilayah Libanon.

Sayyid Abdul Adzhim Lahir

4 Rabiuts-Tsani tahun 173 Hijriah, Sayyid Abdul Adzhim, salah seorang keturunan Imam Hasan a.s., cucu Rasulullah SAWW, terlahir ke dunia di kota Madinah. Sayyid Abdul Adzhim hidup sezaman dengan Imam Hadi a.s., dan menjadi seorang pembela dan sahabat utama beliau. Atas perintah Imam Hadi a.s., Sayyid Abdul Adzhim mengadakan perjalanan ke Iran untuk menyebarkan ajaran Islam yang murni. Di Iran, beliau tinggal di kota Rey, di dekat Teheran dan hidup di sana hingga gugur syahid tahun 250 Hijriah. Makam beliau kini menjadi salah satu pusat peziarahan di Iran dan dikunjungi para peziarah dari berbagai penjuru dunia.

25 Mei

Pelaut Perancis Tiba di Teluk Guinea

25 Mei tahun 1360, sekelompok pelaut Perancis tiba di Teluk Guinea Afrika. Sebelumnya, perairan Guinea di Afrika sejak tahun 1460 telah didatangi oleh pedagang Portugis. Sejak tahun 1849, penguasa Perancis mendelarasikan kawasan di tepi Teluk Guinea yang saat itu diberi nama oleh Perancis dengan nama Rivieres Du Sud, menjadi kawasan koloninya yang disatukan dengan Senegal. Penduduk pribumi Guinea berusaha melawan kolonialisme ini, namun akhirnya kalah. Pada tahun 1891, Rivieres Du Sud dipisahkan dari Senegal dan menjadi koloni terpisah yang diberi nama Guinea. Guinea akhirnya merdeka dari penjajahan Perancis pada tahun 1958.

Heinrich Himmler Bunuh Diri

25 Mei tahun 1945, Heinrich Himmler, tangan kanan Hitler dalam melaksanakan ambisinya untuk menguasai Eropa, tewas akibat bunuh diri. Heinrich Himmler lahir pada tahun 1900 di Munich. Awalnya ia bercita-cita untuk menajdi petani dan meraih gelar kesarjanaan di bidang agronomi. Namun, Himmler kemudian ikut bertempur dalam Perang Dunia I dan terlibat dalam berbagai organisasi tentara. Ia kemudian bertemu dengan Hitler lalu ikut ambil bagian dalam usaha Hitler menggulingkan pemerintah Jerman pada tahun 1923. Sejak tahun 1936, Himler berhasil mengontrol semua kekuatan polisi Jerman, termasuk Gestapo atau polisi rahasia negara dan melakukan pembunuhan terhadap ribuan tahanan perang atau politik. Setelah kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II, Himmler ditangkap lalu diadili di pengadilan penjahat perang Nurenberg dan dijatuhi hukuman mati. Beberapa jam kemudian dia menelan kapsul sianiada untuk bunuh diri.

Organization of Africa Unity Berdiri

25 Mei 1963, 32 kepala negara-negara Afrika menandatangani pendirian Organization of Africa Unity di kota Addis Ababa, Ethiopia. Penggagas Organisasi Persatuan Afrika ini adalah Gamal Abdul Naser dari Mesir, Kwame Nkrumah dari Ghana, dan Ahmad Sekouture dari Guinea. Organisasi ini bertujuan untuk mempersatukan negara-negara Afrika, menyelesaikan perselisihan di antara anggota, dan memperjuangkan kemerdekaan ngara-negara Afrika yang masih terjajah. Pada tahun 2002, dalam konferensi kepala-kepala negara Afrika di Afrika Selatan, organisasi itu berubah nama menjadi Africa Union yang bertujuan untuk memperluas kerjasama ekonomi di Afrika. Saat ini Africa Union dianggotai oleh 53 negara dan bermarkas di Ethiopia.

Igor Sikorsky Lahir

25 Mei 1889, Igor Sikorsky, pencipta helikopter pertama, terlahir ke dunia. Sikorsky dilahirkan di Kiev, Rusia dan sejak kecil telah mengenal sains kontemporer dari ibunya, seorang dokter dan ayahnya, seorang profesor di bidang psikologi. Setelah Revolusi Rusia, Sikorsky hijrah ke AS dan merintis karir sebagai desainer pesawat udara. Sejak tahun 1925 hingga 1940, Sikorsky berhasil mendesain berbagai jenis pesawat yang mencatat rekor di bidang kecepatan dan jarak tempuh. Di samping mendesain pesawat, Sikorsky terus mempelajari pembuatan helikopter sampai akhirnya ia berhasil membuat helikopter yang sukses terbang pertama kali pada tanggal 14 September 1939.

Koran Berbahasa Persia Pertama Terbit

5 Rabiuts-Tsani tahun 1267 Hijriah, terbitlah koran berbahasa Persia pertama dengan nama Waqayeq-e Ittifaqiye atau Realitas Peristiwa. Koran ini terbit di kota Teheran di masa pemerintahan Shah Nashiruddin dan terbit atas perintah Mirza Amir Kabir, perdana menteri Iran kala itu yang sangat reformis. Koran Waqayeq-e Ittifaqiye terbit sebanyak 472 edisi dan kemudian diterbitkan dengan nama lain.

26 Mei

Pierre Laplace Lahir

26 Mei tahun 1749, Pierre Simon Laplace, seorang matematikawan, ahli fisika, dan astronom asal Perancis terlahir ke dunia. Selama hidupnya, ia banyak melakukan penelitian di terhadap gerakan bulan, planet-planet, dan komet. Di dunia ilmu pengetahuan, Laplace dikenal karena hipotesisnya mengenai keberadaan tata surya. Di dunia fisika, nama Laplace juga cukup terkenal karena ialah yang menemukan prototype teori magnetisme. Kemudian, bersama dengan sejumlah ilmuwan lainnya, Laplace juga berhail menemukan potensi panas yang tersembunyi pada materi yang dihasilkan oleh energi kinetik. Laplace juga menghasilkan sejumlah karya tulis, yang di antaranya berjudul “Pertunjukan Tatasurya Dunia”, “Risalah Mekanik Langit”, “Hipotesis Analitis atas Kemungkinan-Kemungkinan”, dan “Risalah Filosofis tentang Probabilitas”

Tunisia Resmi Dijajah Perancis

26 Mei tahun 1881, Perancis secara resmi menyatakan Tunisia sebagai daerah jajahannya. Sebelum secara resmi menjajah, Perancis telah memiliki intervensi atas kawasan Tunisia di bidang ekonomi dan perdagangan. Tahun 1930-an, Habib Bourguiba, seorang pemimpin perjuangan rakyat melancarkan aksi pemberontakan hingga akhirnya negara itu memperoleh kemerdekaannya tahun 1957. Bourguiba menjadi presiden pertama negara itu dan memerintah secara diktator sampai tahun 1978. Negara Tunisia terletak di utara Afrika dan berbatasan dengan Libia, Al-Jazair, dan Lautan Mediterania.

Guyana Memerdekakan Diri

26 Mei tahun 1966, negara Guyana yang terletak di utara Kawasan Amerika Latin, memerdekakan diri. Guyana ditemukan oleh para pelaut Spanyol sekitar lima abad yang lalu. Negara inilah yang kemudian menjadi penjajah Guyana. Awal abad-18, terjadi perang dahsyat di antara negara-negara Eropa yang terjadi di kawasan-kawasan Guyana, Suriname, Venezuela, dan sejumlah kawasan Brazil. Tahun 1815 , ditandatangani perjanjian Wina oleh negara-negara yang terlibat perang. Dalam perjanjian itu, ditentukan batas-batas yang kawasan yang dipertentangkan untuk kemudian dibagi-bagi di antara negara-negara penjajah. Dalam pembagian itu, Guyana menjadi kawasan koloni Inggris hingga akhirnya merdeka pada tahun 1966. Akan tetapi, saat itu status Guyana masih sebagai anggota negara persemakmuran. Barulah pada tahun 1970, Guyana betul-betul melepaskan segala hubungan dengan negara penjajahnya, yaitu Inggris. Kawasan Guyana memiliki luas wilayah 215.000 kilometer². Negara ini terletak di sisi Samudera Atlantik dan berbatasan dengan Venezuela, Suriname, dan Brazil.

Dewan Kerjasama Teluk (GCC) Didirikan

26 Mei tahun 1981, negara-negara Arab Saudi, Kuwait, Emirat, Bahrain, Qatar, dan Oman menandatangani perjanjian pendirian Dewan Kerjasama Teluk (GCC). Tujuan utama didirikannya organisasi ini adalah untuk meningkatkan kerjasama di bidang politik, ekonomi, dan keamanan serta pencegahan atas kemungkinan ancaman keamanan dari pihak luar terhadap para anggotanya. Namun hingga kini, tujuan yang diharapkan oleh pembentukan GCC tampaknya belum mencapai sasaran karena sejumlah faktor, seperti ketergantungan kuat sebagian anggota kepada pihak-pihak luar serta tidak bergabungnya negara-negara di kawasan Teluk Persia lainnya ke dalam organisasi ini.

Syah Qajar Menerima Pembatasan atas Kekuasaannya

6 Rab’uts-Tsani tahun 1327, Muhamad Ali Syah Qajar, salah seorang raja Dinasti Qajar Iran, menyatakan diri menyerah terhadap tuntutan kelompok-kelompok yang menginginkan kebebasan sekaligus menginginkan pembatasan atas kekuasaan monarki Dinasti Qajar. Langkah itu diambil Syah Qajar setelah tangannya berlumuran darah dengan tindakan represif terhadap para pejuang kebebasan. Ia pada saat itu menginstruksikan penyelenggaraan pemilihan umum dan menjanjikan pembentukan kembali Dewan Nasional. Menyusul pengumuman Syah Qajar tersebut, ratusan orang yang selama ini melakukan aksi mogok massal di Haram Syah Abdul Azhim, Rey, mengakhiri aksi mereka itu.

27 Mei

Perjanjian Tafna Ditandatangani

27 Mei tahun 1837, ditandatanganilah Perjanjian Tafna, yaitu perjanjian damai antara pemerintah Perancis dengan Amir Abdul Qadir Aljazairi, pemimpin perjuangan kemerdekaan bangsa Aljazair. Amir Abdul Qadir memulai perjuangannya melawan penjajahan Perancis sejak tahun 1832. Perjanjian Tafna berisi penyerahan wilayah barat Aljazair kepada Amir Abdul Qadir. Tujuan Perancis melalui perjanjian ini adalah agar Perancis dapat mengkonsolidasikan kekuatannya dan berkonsentrasi dalam menghadapi perlawanan rakyat di Aljazair timur. Pada tahun 1840, Abdul Qadir melanggar perjanjian Tafna dan kembali melakukan perlawanan terhadap Perancis. Namun karena kekuatan Perancis yang semakin besar, perjuangan Abdul Qadir terpaksa menelan kekalahan di tahun 1847 dan dengan kekalahan tersebut, Perancis pun berkuasa penuh atas Aljazair.
Robert Koch Meninggal

27 Mei tahun 1910, Robert Koch, seorang dokter dan ahli bakteriologi Jerman, meninggal dunia pada usia 67 tahun. Koch dikenal atas penemuannya terhadap bakteri penyebab TBC, sebuah penyakit yang rata-rata setiap tahun membunuh 2 juta manusia di seluruh dunia. Pada tahun 1862, Koch mulai menuntut ilmu di fakultas kedokteran Universitas Gottingen. Setelah lulus, Koch memulai penelitian atas penyebab berbagai penyakit seperti antrax dan TBC di laboratorium di rumahnya sendiri. Pada tahun 1882, Koch berhasil menemukan bahwa penyebab penyakit TBC adalah mycobacterium tubercolosis. Koch juga melakukan perjalanan ke Afrika Selatan, India, dan Mesir untuk meneliti berbagai penyakit, seperti malaria dan kolera. Pada tahun 1891, Robert Koch diangkat sebagai ketua Institute of Infectious Disease Berlin dan pada tahun 1905, ia meraih hadiah Nobel di bidang kedokteran.

Revolusi Rakyat Maroko Kalah

27 Mei 1926, revolusi rakyat muslim Maroko wilayah Rif dalam melawan penjajah Spanyol dan Perancis, mengalami kekalahan. Pemimpin revolusi ini adalah Abdul Karim Rifi. Sebelumnya, selama bertahun-tahun Abdul Karim Rifi telah berjuang melawan Spanyol dan berhasil meraih kemenangan. Kemenangan Abdul Karim Rifi melawan Spanyol ini menimbulkan ketakutan di kalangan Perancis sehingga pada tahun 1924, tentara Perancis turun tangan untuk menolong Spanyol. Tujuannya adalah untuk mencegah meluasnya kemenangan Abdul Karim Rifi ke wilayah yang diduduki oleh Perancis. Akhirnya, perjuangan Abdul Karim Rifi dan pasukannya mengalami kekalahan setelah terbunuhnya para pemimpin pasukan dan ribuan rakyat muslim kawasan Rif.
Mula Quthb Lahir

7 Rabiuts-Tsani tahun 634 Hijriah, Qathbuddin Mahmud bin Dhiyaauddin Mas’ud Kazruni, yang terkenal dengan nama Mula Quthb, seorang astronom muslim terkemuka, terlahir ke dunia. Mula Quthb sepanjang hidupnya melakukan perjalanan ke berbagai negara. Ketika observatorium Maragheh Iran didirikan, Mula Quthb pun bergabung dengan Nashiruddin Thusi dan para astronom lainnya untuk mengembangkan observatorium ini. Mula Quthb menulis beberapa buku ilmiah, antara lain berjudul Nihayatul Idrak dan Syarh-e Qanun-e Ibn-e Sina.
Pemberontakan Kedua Serbia Melawan Ottoman

7 Rabiuts-Tsani tahun 1230 Hijriah, rakyat Serbia melakukan pemberontakan untuk kedua kalinya melawan imperium Ottoman. Pemberontakan yang mendapat dukungan dari Rusia ini dipimpin oleh Milos Ubrenovic. Setelah terjadi beberapa kali pertempuran antara Serbia dan Otoman, akhirnya kedua puhak mengadakan perjanjian damai. Berdasarkan perjanjian ini, Serbia diakui secara resmi sebagai sebuah pemerintahan otonomi di bawah imperium Ottoman dan diizinkan untuk membentuk parlemen sendiri. Namun demikian, imperium Rusia masih terus memprovokasi pemberontakan bangsa-bangsa Balkan terhadap Imperum Ottoman dengan tujuan untuk memperlemah kekuasaan imperium ini.

28 Mei

Joseph Ernest Renan Meninggal

28 Mei tahun 1892, Joseph Ernest Renan, seorang filsuf dan sastrawan Perancis, meninggal dunia. Renan dilahirkan pada tahun 1823 dan kemudian menuntut ilmu di beberapa seminari. Pada tahun 1852, Renan menulis disertasi tentang filsuf muslim abad pertengahan, Ibnu Rusyd atau Averroes, sehingga dia berhasil meraih gelar doktor. Renan banyak melakukan penelitian, di antaranya tentang kehidupan Isa Al-Masih. Renan berusaha menemukan biografi kehidupan Isa Al-Masih yang sesungguhnya dan membersihkan berbagai kisah mitos yang ditambah-tambahkan oleh para pengikut Al-Masih. Hasil penelitian itu dituangkan Renan dalam bukunya yang paling terkenal berjudul Life Of Jesus yang terbit tahun 1863.

Belgia Diinvasi Nazi Jerman

28 Mei 1940, pada awal Perang Dunia Kedua, Belgia yang sebelumnya telah memproklamirkan diri sebagai pihak yang netral, diinvasi oleh tentara Nazi Jerman. Setelah tentara Belgia dengan dukungan Inggris berjuang melawan Jerman selama 18 hari, Raja Leopold III memutuskan untuk menghentikan perang. Keputusan ini ditentang oleh rakyat Belgia dan menimbulkan ketidaksukaan rakyat terhadap Raja Leopold III. Pada tahun 1951, Raja Leopold III secara resmi diberhentikan dari jabatannya sebagai raja.

Pakistan Melakukan Ujicoba Nuklir Pertama

28 Mei 1998, Pakistan untuk pertama kalinya melakukan uji coba nuklir yang dilakukan lima tahap. Ujicoba nuklir Paksitan ini dilakukan hanya dua minggu setelah ujicoba nuklir yang dilakukan oleh India, negara tetangga sekaligus saingan Pakistan. Dengan demikian, dimulailah persaingan senjata nuklir antara kedua musuh bebuyutan itu. Ujicoba nuklir Pakistan ini menimbulkan kemarahan negara-negara Barat sehingga kemudian Amerika dan Eropa memberlakukan embargo ekonomi terahdap Pakistan. Namun demikian, Pakistan tetap tidak bersedia memenuhi tuntutan negara-negara Barat itu untuk bergabung dalam konvensi pelarangan produksi dan perbanyakan senjata nuklir.

Imam Askari a.s. Lahir

8 Rabiuts-Tsani tahun 232 Hijriah, Imam Hasan Askari a.s., cucu Rasulullah SAWW generasi ke-10, dan merupakan imam kesebelas kaum muslimin, terlahir ke dunia di kota Madinah. Pada masa kanak-kanak, Hasan Askari a.s. bersama ayah beliau, Imam Hadi a.s terpaksa hijrah ke Samara, Irak, karena tekanan penguasa saat itu, yaitu Bani Abbasiah dan tinggal di sana selama 13 tahun. Setelah Imam Hadi a.s. gugur syahid akibat dibunuh penguasa, Hasan Askari a.s, pun diangkat menjadi imam kaum muslimin. Imam Hasan Askari kemudian menjalani kehidupan yang berat, karena selalu diawasai, diasingkan, dan dipenjara oleh penguasa Bani Abbasiah. Namun demikian, beliau tetap berjuang menyebarkan ajaran Islam yang murni kepada kaum muslimin saat itu. Imam Hasan Askari gugur syahid pada usia 27 tahun. Dalam rangka mengenang hari kelahiran Imam Hasan Askari a.s. marilah kita mengingat kembali salah satu pesan beliau, yaitu, “Orang yang menghormati hak-hak masyarakat, lebih daripada semua orang, kedudukannya di sisi Allah juga lebih tinggi daripada semua orang.”
Abu Firas Hamdani Meninggal

8 Rabiuts-Tsani tahun 357 Hijriah, Abu Firas Hamdani, seorang penyair dan penulis Arab, meninggal dunia. Selain sebagai penyair, Abu Firas Hamdani juga merupakan seorang ahli perang dan menjadi salah satu komandan pasukan penguasa kawasan Halb, Saifud-Daulah. Pada zaman itu, para penyair umumnya menulis syair-syair pujian terhadap Khalifah Islam saat itu, yaitu Bani Abbasiah, namun Abu Firas Hamdani justru menulis syair yang mengkritik kezaliman yang dilakukan oleh Bani Abbasiah. Abu Firas Hamdani meninggal dunia akibat luka-luka yang dideritanya dalam sebuah peperangan.

29 Mei

Parlemen Islam Iran Pertama Dibentuk

29 Mei tahun 1980, parlemen pertama dalam Republik Islam Iran berhasil dibentuk. Parlemen Islam Iran periode pertama ini memiliki anggota 290 orang dan dipilih langsung oleh rakyat. Parlemen ini memiliki nilai penting karena untuk pertama kalinya di dunia, sebuah negara dijalankan dengan menjadikan Islam sebagai asas negara dan sekaligus menjalankan sistem demokrasi. Meskipun Iran menyatakan diri sebagai negara Islam, namun para penganut agama-agama minoritas, seperti Kristen, Yahudi, dan Zoroaster, tetap berhak untuk mengirimkan wakil-wakilnya di parlemen.

Konstantinopel Ditaklukkan Ottoman

29 Mei tahun 1453, kota pelabuhan Konstantinopel yang merupakan ibu kota imperium Romawi Timur, ditaklukkan oleh Sulthan Muhammad Fatih, Raja Imperium Ottoman. Kota Konstantinopel dibangun pada tahun 330 Masehi oleh Raja Romawi, Constantin Pertama, di atas tujuh bukit di tepi selat Bosporus dan memiliki bangunan-bangunan kuat yang memiliki nilai sejarah dan seni yang sangat tinggi. Perintah pertama yang dikeluarkan oleh Sulthan Muhammad Fatih setelah menduduki Konstantinopel adalah menjaga keamanan dan kemerdekaan para penduduk kota itu. Kemudian, dia mengadakan perbaikan atas berbagai kerusakan yang terjadi akibat perang dan membangun sebuah mesjid yang hingga kini masih berdiri, yaitu mesjid Sulthan Muhammad. Kota Konstantinopel pada tahun 1930 beralih nama menjadi Istambul dan menjadi ibu kota negara Turki.

Puncak Everest Berhasil Dicapai

29 Mei 1953, pada pukul 11.30 siang, Edmund Hillary , seorang pendaki gunung asal Selandia Baru dan pemandu jalan asal Nepal, Tenzing Norgay, berhasil menjadi orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest. Gunung yang puncaknya memiliki ketinggian 8848 meter di atas permukaan laut ini merupakan puncak tertinggi di atas bumi. Gunung Everest merupakan salah satu gunung di rangkaian pegunungan Himalaya yang terletak di perbatasan antara Nepal and Tibet. Rakyat Tibet menyebut gunung tersebut dengan nama Chomo-Lungma atau Dewi Bumi, namun kemudian orang-orang Inggris menamakan gunung tersebut sebagai Gunung Everest untuk mengenang Sir George Everest, seorang pejabat Inggris dalam urusan pengukuran tanah untuk kawasan Asia Selatan.

Alfonsina Storni Lahir

29 Mei 1892, Alfonsina Storni, salah satu penyair besar Argentina, terlahir ke dunia di Swiss. Ketika Storni berusia empat tahun, ia dan keluarganya pindah ke Argentina. Sejak usia 19 tahun, Storni telah mengabdikan hidupnya untuk menulis puisi dan mengajar teater. Pada tahun 1916, Storni mulai tampil di depan umum untuk membacakan puisi-puisinya dan bergabung dalam komunitas sastra di Argentina. Karya-karya puisi Storni yang terkenal di antaranya berjudul Ocre, Languides, dan Poemas de Amor. Ia juga merupakan salah satu pendiri Asosiasi Penulis Argentina. Pada tahun 1920, Storni menerima penghargaan di bidang sastra nasional Argentina. Alfonsina Storni meninggal dunia tahun 1938.
Najibuddin Samarqandi Tewas

9 Rabiuts-Tsani tahun 610 Hijriah, Najibuddin Abu Ahmid Ali bin Umar Samarqandi, seorang dokter dan ahli obat-obatan muslim tewas terbunuh dalam serangan yang dilakukan pasukan Mongol terhadap kota Heart, Afganistan. Samarqandi adalah seorang tabib yang terkemuka pada zamannya dan banyak melakukan penelitian di bidang obat-obatan. Samarqandi mencatat semua hasil penelitiannya itu dalam berbagai kitab dan makalah. Salah satu karya terpenting Samarqandi berjudul Al-Asbab wal Alaamaat, yang berisi sebab dan ciri-ciri berbagai penyakit. Karya Samarqandi yang lain berjudul Kitaabul Albaab yang merupakan buku bidang kedokteran.

30 Mei

Boris Pasternak Meninggal

30 Mei 1960, Boris Pasternak, seorang sastrawan besar Rusia, meninggal dunia. Dia dilahirkan di Moskow pada tahun 1890, dari ayah seorang pelukis dan ibu seorang pianis. Setelah menyelesaikan pendidikan di Moskow, Pasternak mempelajari filsafat di Universitas Marburg, Jerman. Sepulang dari Jerman, Pasternak memutuskan untuk mendedikasikan hidupnya bagi dunia sastra. Puisi-puisi karya Pasternak umumnya berisi pengamatan dan perenungannya atas revolusi yang terjadi di Rusia. Selain itu, Pasternak juga menulis cerita pendek dan novel. Karya Pasternak yang paling terkenal adalah novel berjudul “Doktor Zhivago”, yang merupakan satu-satunya novel yang dibuat oleh sastrawan Rusia ini. Para kritikus menilai novel tersebut sukses dalam mengkombinasikan lirik-lirik deskriptif dan gaya drama epik.

Joseph Gay-Lussac Lahir

30 Mei 1778, Joseph Gay-Lussac, seorang fisikawan dan kimiawan Perancis, terlahir ke dunia. Pada usia 14 tahun, Gay-Lussac dikirim ke Paris untuk menuntut ilmu di bidang sains. Setelah lulus, Gay-Lussac menjadi asisten dari kimiawan Perancis terkemuka, Berthollet, yang saat itu bekerja sama dengan Lavoisier. Pekerjaan ini memberi Gay-Lussac kesempatan untuk melakukan penelitian bersama para fisikawan dan kimiawan besar Perancis saat itu. Pada usia 24 tahun, Gay-Lussac memulai penelitian besar pertamanya, yaitu mengamati perilaku gas. Dia pun akhirnya menemukan hukum perbandingan tekanan gas, yang disebut sebagai Hukum Gay-Lussac, yang menyatakan, tekanan gas di dalam ruangan tertutup akan meningkat sebanding dengan kenaikan suhu dalam ruang itu. Gay-Lussac meninggal dunia tahun 1850.

Perang Marne Berakhir

30 Mei 1918, berakhirlah perang besar Marne yang meletus antara tentara Jerman dan pasukan Sekutu, yang terdiri dari AS, Inggris, dan Perancis. Perang yang terjadi dalam era Perang Dunia Pertama ini berlangsung di dekat sungai Marne, di timur laut Perancis dan berhasil dimenangkan oleh Jerman. Akibatnya, sebanyak 55 ribu tentara Sekutu ditawan oleh tentara Jerman. Namun demikian, Jerman tidak berhasil mematahkan garis pertahanan pasukan Sekutu sehingga kemudian pasukan Sekutu melakukan serangan balasan yang membuat Jerman terpaksa mundur dari wilayah Perancis.

Fatimah Ma’shumah s.a. Meninggal

10 Rabiuts-Tsani tahun 201 Hijriah, Fatimah Ma’shumah (salamullah alaiha), putri Imam Musa bin Ja’far a.s., imam ketujuh kaum muslimin, meninggal dunia di kota Qom, Iran. Beliau dilahirkan di Madinah tahun 173 Hijriah. Fatimah Ma’shumah s.a. dikenal sebagai seorang perempuan yang suci, berilmu tinggi, dan hidup zuhud. Sekitar tahun 200 Hijriah, kakak beliau, Imam Ridha a.s. dipaksa untuk datang ke Khurasan, Irah, oleh penguasa kaum muslimin saat itu, Khalifah Ma’mun. Setahun kemudian, Fatimah Ma’shumah memutuskan untuk pergi ke Khurasan demi menjenguk kakak beliau. Dalam perjalanan, Fatimah Ma’shumah singgah di kota Qom, dan setelah 17 hari berada di kota itu, beliau meninggal dunia karena sakit. Kompleks pemakaman Fatimah Ma’shumah s.a. di kota Qom hingga kini ramai dikunjungi para peziarah dari berbagai penjuru dunia. Kota tersebut juga menjadi pusat pengajaran ilmu-ilmu Islam dan pusat gerakan revolusi Isalm Iran yang akhirnya menang pada tahun 1979.

Makam Imam Ridha Diserang Rusia

10 Rabiuts-Tsani tahun 1330 Hijriah, tentara Rusia menyerang kompleks makam Imam Ridha a.s., imam kedelapan kaum muslimin yang berada di kota Masyhad, Provinsi Khurasan. Tindakan ini dilakukan oleh Rusia menyusul dibentuknya kepolisian militer yang khusus mengelola keuangan di seluruh Iran, oleh seorang berkebangsaan AS, Morgan Shuster. Rusia yang melihat bahwa lembaga ini menghalangi imperialismenya di Iran, mengeluarkan ultimatum kepada pemerintah Iran untuk mengusir Morgan Shuster dan menyatakan bahwa setiap warga asing yang akan dipekerjakan oleh Iran harus mendapat izin dari pemerintah Inggris dan Rusia. Segera setelah mengeluarkan ultimatum itu, tentara Rusia yang sebelumnya telah berpangkalan di kota Mashad, menggempur makam Imam Ridha, menembaki massa, serta merampok barang-barang berharga di kota tersebut.

31 Mei

Joseph Hayden Meninggal

31 Mei 1809, Joseph Hayden, seorang komposer besar asal Austria, meninggal dunia. Hayden dilahirkan pada tahun 1732 di sebuah desa bernama Rohrau. Keluarga Hayden sangat mencintai musik, namun hanya Joseph Hayden-lah yang memperlihatkan bakat untuk menjadi pemusik. Pada usia enam tahun, dia mulai mempelajari musik secara serius di kota kecil Hainburg. Pada usia delapan tahun, Hayden ditarik menjadi anggota paduan suara gereja di Wina dan di sanalah ia hidup hingga akhir hayatnya. Beberepa tahun kemudian, Hayden dikeluarkan dari paduan suara itu sehingga ia terpaksa mencari uang dengan bermain biola di pesta-pesta sebelumnya akhirnya bekerja di Akademi Musik milik Nicola Porpora. Pada tahun 1759, ia menciptakan Simpony Pertama. Kemampuan musiknya yang besar menyebabkan ia diundang untuk bergabung dengan orkestra pribadi milik seorang pangeran dan di sanalah ia banyak menciptakan berbagai komposisi musik yang membuatnya terkenal.

Uni Afrika Selatan Dibentuk

31 Mei 1910, berdirilah Union of South Africa atau Uni Afrika Selatan yang merupakan negara semi merdeka di bawah dominasi Inggris. Pembentukan Uni Afrika Selatan ini terjadi delapan tahun setelah berakhirnya perang Anglo-Boer, yang meletus antara para imigran Belanda dan tentara Inggris. Kawasan Afrika Selatan pertama kali ditemukan oleh pelaut asal Portugis pada tahun 1488. Karena kekayaan alam yang dikandung oleh tanah Afsel, orang-orang Eropa, terutama Belanda, berdatangan dan menetap di sana sejak pertengahan abad ke-17. Dua abad kemudian, tentara Inggris datang pula ke Afsel dan menjadikannya sebagai wilayah jajahan. Hal inilah yang memicu perang antara orang-orang Inggris dan Belanda yang bermukim di Afsel. Melalui pembentukan Uni Afrika Selatan ini, para imigran Barat mendapat hak otonomi untuk mengatur pemerintahan sendiri di bawah pengawasan Inggris. Pada tahun 1961, barulah Afsel merdeka penuh sebagai negara republik. Namun, kaum kulit putih yang menguasai pemerintahan menerapkan kebijakan diskriminatif terhadap pemilik asli tanah Afsel, bangsa kulit hitam. Setelah melalui perjuangan panjang, pada tahun 1991, barulah kaum kulit hitam Afsel berhasil meraih hak yang sejajar dengan kaum kulit putih dengan berakhirnya pemerintahan apartheid.

Netanyahu Diangkat Sebagai PM Israel

31 Mei 1996, Benyamin Netanyahu menang dalam pemilu dan diangkat sebagai perdana menteri Israel, menggantikan Shimon Peres dari Partai Buruh. Netanyahu yang saat itu baru berusia 47 tahun menjadi perdana menteri termuda sepanjang sejarah negara Zionis. Karirnya diawali dengan bergabung dalam angkatan bersenjata Israel. Dalam kampanyenya, Netanyahau yang berasal dari Partai Likud ini berjanji untuk bersikap keras terhadap bangsa Palestina. Janji ini ditepati Netanyahu dengan terus melanjutkan berbagai aksi pembunuhan, pengusiran, dan perobohan rumah-rumah bangsa Palestina. Namun demikian, karir Netanyahu tidak bertahan panjang karena tiga tahun kemudian, akibat berbagai konfik politik internal, Netanyahu terjungkal dan digantikan oleh Ehud Barak dari Partai Buruh.

Abu Ali Khayat Meninggal

11 Rabiuts-Tsani tahun 220 Hijriah, Abu Ali Khayat, seorang astronom dan matematikawan muslim, meninggal dunia. Ilmuwan besar muslim ini meninggalkan berbagai karya penting, di antaranya berjudul Al-Mawalid dan Siirul A’mal. Sebagian dari karya-karyanya diterjemahkan ke dalam bahasa Latin.

Ibnu Khalkan Lahir

11 Rabiuts-Tsani tahun 608 Hijriah, Ibnu Khalkan, seorang hakim, sejarawan, dan sastrawan muslim terkenal, terlahir ke dunia di kota Mosul, Irak. Ibnu Khalkan banyak mengadakan perjalanan ke berbagai negara muslim untuk menuntut ilmu. Selama beberapa waktu, Ibnu Khalkan diangkat sebagai hakim di kota Damaskus, Syria. Selain menguasai bidang hukum dan agama, Ibnu Khalkan juga dikenal berilmu tinggi di bidang sastra Arab, terutama syair. Karya terpenting Ibnu Khalkan berjudul Wafayatul A’yaan, yang berisi penjelasan tentang kehidupan para pembesar dan ilmuwan pada zamannya.

Akhir Kata, Thanks untuk falahluqmanulhakiem, atas izinnya untuk sharing Peristiwa Yang Terjadi Mei ini. Semoga Tulisan ini Bermanfaat.

post signature

2 komentar:

busana muslim mengatakan...

waoh Thanks Y Info nya Lengkap bgt salam kenal gan Good luck always

Bungzhu Zyraith mengatakan...

Yuph sama2.

salam kenal kembali.
sering2 berkunjung yah.. saya blogwalking juga. thanks

Poskan Komentar